Menhub Minta Pemudik Balik ke Jakarta Gak Mepet di Akhir Cuti Bersama

Hal itu untuk menghindari kemacetan parah saat arus balik

Tangerang, IDN Times - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi meminta para pemudik untuk kembali ke wilayah Jabodetabek tak mendekati berakhirnya masa cuti bersama. Hal tersebut untuk menghindari adanya kemacetan parah saat arus balik.

"Paling bagus (balik) itu hari ini atau besok. Kalau lusa atau Senin enggak janji ini traffic-nya padat banget, terutama yang di darat dan juga yang di Bakauheuni," kata Menhub Budi di Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (12/4/2024).

Baca Juga: Antisipasi Macet Arus Balik, ASDP: Tiket Kedaluwarsa Ditiadakan

1. Menhub Budi berjanji bakal menyiapkan arus balik dengan baik

Menhub Minta Pemudik Balik ke Jakarta Gak Mepet di Akhir Cuti BersamaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Menhub Budi pun memastikan bakal menyediakan segala infrastruktur dan kelengkapan untuk arus balik dengan baik. Dia juga mempersiapkan kemungkinan terburuk seperti padatnya arus balik. 

"Saya rapat 2 jam di KM 70 dengan Menko, Kakorlantas Kapolri. Kami bahas secara detail. Kalau kereta api laut udara itu praktis bisa dikendalikan karena ada tiketnya," kata dia.

Hal berbeda jika membahas jalur darat, termasuk via tol yang bisa diakses semua pemudik yang membayar.

"Nanti di Cipali, makanya besok saya akan ke Solo lihat perkembangannya lalu ke Semarang Jalan Barat lah ke Cirebon akan melihat dan memberikan insight pada Kapolres apa yang dilakukan saat ada penumpukan," jelas Menhub Budi.

2. Menhub Budi juga memantau titik kritis kemacetan arus balik

Menhub Minta Pemudik Balik ke Jakarta Gak Mepet di Akhir Cuti BersamaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Menhub Budi pun berkoordinasi untuk memantau titik-titik simpul kritis yang diprediksi bakal menyebabkan kemacetan. Menurut dia, ada dua titik yang harus dikendalikan yakni Kalingkung sampai Salatiga dan KM 66 dari Bandung ke Jakarta.

"Apalagi saat ini kemungkinan tidak akan ada kebijakan work from home atau WFH karena liburnya jadi terlalu lama," ungkapnya.

Baca Juga: Autogate Imigrasi Bandara Soetta Makin Canggih, Ini Fitur Terbarunya

3. Kebijakan WFH tunggu arahan Presiden Jokowi

Menhub Minta Pemudik Balik ke Jakarta Gak Mepet di Akhir Cuti BersamaIDN Times/Maya Aulia Aprilianto

Meski begitu, pihaknya pun tetap mempersiapkan kemungkinan-kemungkinan terburuk akan adanya macet parah di arus balik. Pasalnya, hingga saat ini belum ada tanda-tanda adanya kebijakan WFH lantaran banyak stakeholder yang tak setuju.

"Ini prerogratif Pak Presiden yang memutuskan dan rekomendasi yang lain," tuturnya.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya