Transjakarta Mulai Beroperasi di Bandara Soetta, Tarifnya Rp0

Tarif gratis sampai uji coba selesai selama 2 minggu

Tangerang, IDN Times - Angkutan transportasi umum Transjakarta mulai melakukan uji coba operasional dengan rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (5/7/2023). Angkutan milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tersebut bakal melayani karyawan dan pengguna jasa Bandara.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II M Awaluddin mengatakan, realisasi uji coba ini dilaksanakan sejak rapat dengan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi pada 28 Mei lalu. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada sejumlah pihak, termasuk Pemprov DKI, Transjakarta, dan Dishub. 

"Ini saat action sangat gerak cepat, kita bergerak cepat 5 Juli kita lakukan uji cob, satu bulan.  Kemudian bisa dinikmati seluruh masyarakat dan pengguna jasa bandara dari dan ke Bandara Soetta, terima kasih atas dukungan mewakili penumpang pengguna jasa," kata Awaluddin.

Baca Juga: Jemaah Haji Meninggal Dunia Saat Tiba di Bandara Soetta

1. Transjakarta bakal melayani karyawan, pengguna jasa Bandara, dan masyarakat umum

Transjakarta Mulai Beroperasi di Bandara Soetta, Tarifnya Rp0IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, Transjakarta rute baru tersebut bakal melayani seluruh masyarakat yang membutuhkan di jalur tersebut, bukan hanya untuk karyawan Bandara Soetta saja.

"Kami berkomitmen melayani masyarakat Jakarta yang bekerja di sekitar bandara, melayani masyarakat yang memang pulang-pergi di wilayah bandara dan kembali ke rumah mereka di jakarta," ujar Heru.

2. Rute bakal melewati area strategis. Cek rutenya!

Transjakarta Mulai Beroperasi di Bandara Soetta, Tarifnya Rp0IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Heru mengungkapkan, untuk rute uji coba Transjakarta tersebut, bakal melewati area strategis di sepanjang jalan dari Bandara Soetta ke Kalideres. Di mana, akan terdapat 20 pemberhentian yang bisa digunakan masyarakat untuk naik turun.

"Kalau saya lihat titik awal Kalideres sampai Bandara memang bangkitan manusia transportasi cukup tinggi, kita dengar tempat strategis banyak masyarakat membutuhkan pelayanan transportasi kita analisa," ungkap Heru.

Adapun rute untuk Kalideres-Bandara yakni Pospol Daan Mogot Baru - RSUD Kalideres - SMA 84 - Simpang Jalan Peta Selatan - Sekolah Kairos Gracia - Jalan Citra Garden VII - Jalan Alam Raya - Jalan Rawa Lele - Jalan Rawa Lele 1 - SMPN 186 - Seberang Jalan Peta Barat 1 - Jalan Husein Sastranegara 2 - Jalan Husein Sastranegara 1 - Gerbang SHIA - Seberang Sowan Wisata Belanja - Jalan Cengkareng Gold Club 1 - Soewarna Foodhall 1 - Jalan Cengkareng Gold Club 1 - Terminal Kargo 1 - Terminal Kargo 2.

Untuk rute Bandara Soetta - Kalideres, yakni Stasiun KA Bandara - Imigrasi SHIA - Bundaran Kargo - Simpang Rawa Kompeni Raya Prancis - Jalan Peta Barat 1 - seberang SMPN 186 - Seberang Jalan Rawa Lele 1 - Jalan Peta Barat - Masjid Jami' Almarhumah - Seberang Jalan Alam Raya - Seberang Jalan Citra Garden VII - Jalan Peta Utara - Simpang Jalan Peta Selatan - SMK Jakarta 1 - Pasar Hari Hari Kalideres - Seberang RS Mitra Keluarga Kalideres - Seberang Heinz ABC Kalideres - Seberang Gang Bali III Kalideres - Komplek Polri Kalideres.

"Jalan yang dilalui, 80 persen adalah satu arah, 20 persen persimpangan, sehingga menurut kami tidak begitu banyak masalah pada hari sibuk," tuturnya.

3. Transjakarta bakal beroperasi pada waktu tertentu

Transjakarta Mulai Beroperasi di Bandara Soetta, Tarifnya Rp0IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Adapun, Transjakarta rute ini tak beroperasi pada sepanjang waktu melainkan di waktu-waktu pergi dan pulang kerja, yakni pada pukul 06.00 - 09.00 WIB dan 18.00 - 21.00 WIB.

"Target waktunya itu maksimal 45 menit dari Kalideres ke Bandara Soetta dengan kecepatan 50-60 kilometer per jam," kata Heru.

4. Targetkan kurangi kemacetan di rute yang dilewati

Transjakarta Mulai Beroperasi di Bandara Soetta, Tarifnya Rp0IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Heru pun berharap, dengan adanya rute baru Transjakarta ini, bisa mengurai kemacetan dilewati oleh rute Kalideres-Bandara Soetta ini. Pasalnya, dalam satu hari bisa mengangkut 2.500 orang sehingga diharapkan juga mengurangi jumlah kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.

"Kami Transjakarta akan berbenah diri untuk terus bisa melayani, kami mengajak rekan masyarakat langsung, nanti masyarakat bisa memberi masukan dengan mengisi kuesioner yang ada di dalam armada," jelasnya.

5. Tarif masih Rp0 selama uji coba berlangsung

Transjakarta Mulai Beroperasi di Bandara Soetta, Tarifnya Rp0IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Mengenai Tarif, Heru memastikan selama uji coba berlangsung selama 2 minggu, tarif masih diberlakukan Rp0 alias gratis. Nantinya, tarif akan diumumkan setelah mendapatkan analisa dari rekan independen.

"Tarif dihitung sesuai dengan hasil survei, selama 2 minggu ke depan tarif masih 0 rupiah," ungkapnya.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya