2.400 Calon Haji Tangerang Berangkat ke Tanah Suci Mulai 10 Juli 

Mereka terbagi dalam dua kloter

Tangerang, IDN Times - Sebanyak 2.400 jemaah calon haji (calhaj) asal Kabupaten Tangerang, Banten, direncanakan berangkat pada Rabu (10/7). Sebelum berangkat, mereka akan berkumpul di Masjid Agung al-Amjad Pusat Pemerintahan Kabupaten (Puspemkab) Tangerang.

Jelang keberangkatan itu, para jemaah diimbau untuk menjaga kesehatan selama di Tanah Suci nanti, karena menurut Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tangerang, suhu di Tanah Suci mencapai 50 derajat celcius.

Baca Juga: Pacitan KLB Hepatitis A, Calon Jemaah Hajinya Dapat Perlakuan Khusus

1. Kemenag minta jemaah jaga kesehatan

2.400 Calon Haji Tangerang Berangkat ke Tanah Suci Mulai 10 Juli ANTARA FOTO/Rahmad

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tangerang, Badri Hasun mengatakan, jemaah calon haji perlu menjaga kesehatan tubuh selama di Tanah Suci karena cuaca pada tahun ini mencapai 50 derajat celcius.

“Kita imbau agar para jemaah rajin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat untuk mengatur kadar air di dalam tubuh, untuk menjaga kesehatan mereka selama di Tanah Suci,” jelas Badri, Minggu (7/6).

2. Jumlah jemaah haji asal Tangerang tahun ini 2.400 orang

2.400 Calon Haji Tangerang Berangkat ke Tanah Suci Mulai 10 Juli IDN Times/Aan Pranata

Badri menjelaskan, jumlah jemaah calon haji tahun ini mencapai 2.400 orang yang rencananya akan diberangkatkan dalam waktu dekat, dan berpusat di Masjid Agung Al-Amjad Puspemkab Tangerang. Jumlah tersebut merupakan terbanyak se-Provinsi Banten.

“Dengan jumlah jemaah terbanyak ini, kita lakukan terus pelatihan pada tim dokter dan kesehatan untuk menangani para jemaah saat di Tanah Suci dengan cuaca yang cukup ekstrem. Untuk tim dokter atau kesehatan kurang lebih terdapat 251 orang,” ujarnya.

3. Terbagi 2 kloter, jemaah calon haji Tangerang mulai diberangkatkan 10 Juli

2.400 Calon Haji Tangerang Berangkat ke Tanah Suci Mulai 10 Juli IDN Times/Fitria Madia

Sementara itu, Kasi Pelayanan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kabupaten Tangerang, Anas Suandi menambahkan, sebanyak 2.400 jemaah calon haji dibagi menjadi delapan kelompok terbang (kloter), yang dimulai pada 10 Juli hingga 6 Agustus 2019.

“Para jemaah nantinya akan dilepas menuju Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, sebelum diberangkatkan menuju Tanah Suci melalui Bandara Soekarno-Hatta. Ada juga jemaah calhaj asal Kabupaten Tangerang yang pindah keberangkatannya ke Kota Tangerang, ikut keluarganya atau pindah domisili dan jumlahnya sekitar ratusan,” pungkas Anas.

Baca Juga: Kloter Pertama Diberangkatkan, Jemaah Haji Termuda Berusia 18 Tahun

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya