9.944 Warga Tangerang yang Belum Dapat Bantuan, Bansos Akhirnya Cair!

Dari awal pandemik, orang miskin ini baru dapat bansos kini

Tangerang, IDN Times - Sebanyak 9.944 warga Kota Tangerang yang belum pernah mendapatkan bantuan sosial (bansos) akhirnya menerima bantuan dalam bentuk uang tunai sebesar Rp300 ribu.

Bantuan itu didistribusikan bekerjasama dengan bank BJB kepada warga di 13 Kecamatan dengan total anggaran kurang lebih Rp2,9 miliar.

1. Wali Kota harap bantuan ini dapat membantu

9.944 Warga Tangerang yang Belum Dapat Bantuan, Bansos Akhirnya Cair!Ilustrasi ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah menjelaskan, bantuan yang menggunakan anggaran pemerintah daerah itu diharapkan dapat meringankan beban kebutuhan hidup warga terutama yang terdampak kondisi sekarang ini.

“Bantuan tunai langsung ini kepada masyarakat yang jumlahnya 9.944. Jumlah ini adalah yang tidak kebagian bantuan dari kemensos, mudah-mudahan bisa membantu masyarakat kita yang terdampak untuk meringankan kebutuhan hidupnya,” ujar Arief, Rabu (25/8/2021).

2. Mengacu pada data DTKS

9.944 Warga Tangerang yang Belum Dapat Bantuan, Bansos Akhirnya Cair!Wilayah Dadap, Kabupaten Tangerang (IDN Times/Candra Irawan)

Sementara, Kepala Dinas Sosial Kota Tangerang, Suli Rosadi menambahkan, penerima program ini mengacu pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang tidak terakomodir bantuan lainnya. Nilai bantuannya hanya sebesar Rp300 ribu.

“Dananya berdasarkan kemampuan pemerintah daerah, yaitu Rp300 ribu yang diperuntukkan bagi 9.944 orang. Tahun lalu hanya 2.800 orang,” ungkap Suli.

3. Penyaluran bansos kali ini menggandeng perbankan

9.944 Warga Tangerang yang Belum Dapat Bantuan, Bansos Akhirnya Cair!Ilustrasi ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani

Suli menyebut, pihaknya melibatkan perbankan dalam upaya bentuk pengawasan kepada proses penyaluran bantuan sehingga penyimpangan bisa dihindari.

“Ini salah satu cara dengan melibatkan bank dan tidak melibatkan unsur lain, karena jika melibatkan unsur lain kita khawatir dengan bank kita bisa mengontrol,” kata dia.

Baca Juga: Dinsos Kota Tangerang Ungkap Cara Culas Petugas Sunat Bansos

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya