Bangun Wisata Religi, Gubernur Banten Siapkan Anggaran Rp30 Miliar

Peradaban Islam akan jadi ikon Banten

Serang, IDN Times - Gubernur Banten Wahidin Halim menyatakan, pada 2020 nanti pihaknya akan melanjutkan penataan dan revitalisasi Situs Kawasan Kesultanan Banten.

Menurut Wahidin, penataan kawasan bernilai sejarah di Banten itu sebagai upaya menjadikan Banten sebagai pusat peradaban Islam dunia.

Baca Juga: PUPR Gelontorkan Rp1,38 Triliun Agar Banten Lepas dari Ketertinggalan

1. Dua kawasan selain Banten lama, siap dibangun dengan anggaran Rp30 miliar

Bangun Wisata Religi, Gubernur Banten Siapkan Anggaran Rp30 MiliarIDN Times/Muhamad Iqbal

Wahidin menjelaskan, selain kawasan Banten lama, pihaknya juga akan menata kawasan wisata religi lainnya seperti Caringin dan Cikadueun Pandeglang, dengan anggaran Rp30 miliar.

“Sekarang saya sudah membangun Banten Lama untuk pembangunan tahap pertama dan akan kita lanjutkan. Tahun ini kita membangun Gedung Islamic Center empat lantai dan di bawahnya dibangun aula. Nanti ke depan tidak perlu sewa lagi. Gratis nanti di gedung yang akan saya bangun,” ujar Wahidin saat di Cilegon, Sabtu (14/12).

2. Gubernur ingin Banten punya ikon peradaban Islam

Bangun Wisata Religi, Gubernur Banten Siapkan Anggaran Rp30 MiliarDok. Istimewa

Wahidin menjelaskan, pembangunan tersebut sebagai upaya agar Provinsi Banten punya ikon yang bisa dibanggakan.

“Saya ingin mengatakan kepada masyarakat Indonesia bahwa Banten punya ikon. Banten sebagai pusat peradaban Islam,” tegas Wahidin.

3. Wahidin sebut pembangunan wisata Islami satu garis lurus dengan capaian pencegahan korupsi

Bangun Wisata Religi, Gubernur Banten Siapkan Anggaran Rp30 MiliarDok. Istimewa

Wahidin menilai, saat ini pihaknya terus membangun pemerintahan yang bersih dengan semangat anti korupsi. Upaya tersebut, kata dia, selalu dihargai oleh Pemerintah Pusat dengan berbagai penghargaan yang diberikan.

Wahidin mengaku, di akhir tahun ini sudah empat kali dihubungi Istana yang ternyata mendapat penghargaan dari Pemerintah Pusat.

“Penghargaan terakhir, Banten dapat penghargaan tiga besar sebagai provinsi keluar dari zona merah korupsi. Jadi dari urutan terburuk sekarang sudah menjadi urutan terbaik,” ucapnya.

Baca Juga: Gubernur Banten: Tahun 2020 Jalan Provinsi Banten Mantap

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya