Beragam Kalangan Kumpulkan Donasi untuk Belikan Handphone Rumini

#KamiBersamaRumini

Tangerang Selatan, IDN Times - Kasus Rumini, 44, mantan guru honorer SDN Pondok Pucung 02, kini menjadi perbincangan luas masyarakat. Bahkan, pengakuan dia yang menyebut handphonenya eror dan rusak akibat disadap, banyak pula mengundang reaksi dari berbagai kalangan.

Aksi simpati publik terhadap Rumini itu kini mengalir berupa pengumpulan donasi. Beberapa WAG yang tersebar luas, terang-terangan menggalang dukungan kepada anggota WAG untuk menyisihkan sumbangan.

1. Aktivis hingga pedagang mie ayam kumpulkan donasi untuk membelikan HP Rumini

Beragam Kalangan Kumpulkan Donasi untuk Belikan Handphone RuminiIDN Times/Muhamad Iqbal

Yang menarik, dalam aksi penggalangan donasi turut bergabung pula sejumlah kalangan, dari aktivis, LSM, hingga pedagang mie ayam. Mereka kompak me-listing nama dan nominal donasi yang dikumpulkan oleh salah satu anggota WAG yang dipercayakan.

"Saya mengikuti kasusnya dari awal waktu mencuat itu, kan ramai dishare di grup-grup dan sosmed. Kemarin kebetulan ada yang usul untuk urunan, yaudah saya ikut, ikhlas sih saya, karena tujuannya bagus, membongkar Pungli di sekolah. Anak-anak saya sendiri mengalami (pungli) di sekolahnya," ucap Hendra, 41, pemilik kedai mie ayam yang tergabung dalam WAG "Tangsel Bicara", kepada jurnalis, Jumat (12/7).

2. Handphone akan diberikan Minggu 14 Juli besok

Beragam Kalangan Kumpulkan Donasi untuk Belikan Handphone RuminiIDN Times/Muhamad Iqbal

Hingga sore hari pukul 15.00 WIB, donasi itu masih terus mengalir. Rencananya mereka akan langsung membelikan handphone dan menyerahkannya kepada Rumini pada Minggu 14 Juli 2019. Diharapkan, bantuan handphone dapat mempermudah koordinasi Rumini terkait Pungli yang diungkapnya.

"Dari info rekan-rekan media ketika berkunjung ke kediaman Rumini, dia sulit berkomunikasi karena handphone-nya eror serta sudah tidak dapat digunakan lagi. Teman-teman aktivis tergerak untuk membantu Rumini dengan cara sumbangan sukarela untuk membelikan Rumini handphone," ucap Edi Rusli, aktivis yang ikut menggalang dukungan bagi Rumini.

Baca Juga: Soal Pungli, Wali Kota Airin Kirim Tim untuk "Berdamai" dengan Rumini

3. Mahasiswa turun ke jalan tuntut keadilan

Beragam Kalangan Kumpulkan Donasi untuk Belikan Handphone RuminiIDN Times/Muhamad Iqbal

Sebelumnya, dukungan bagi apa yang disampaikan Rumini terkait Pungli telah direspon kalangan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi. Para mahasiswa menggelar demonstrasi seraya membawa keranda peti mati di depan kantor Wali Kota Airin Rachmi Diany, Kamis 11 Juli 2019, kemarin.

Dalam tuntutannya, mahasiswa mendesak agar Airin bersikap tegas menuntaskan praktik Pungli ataupun penyimpangan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDa). Mereka meyakini, Pungli dalam dunia pendidikan di Tangsel telah berlangsung sejak lama.

Baca Juga: Buntut Kasus Rumini, Mahasiswa Tuntut Airin Copot Kadindik Tangsel

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya