Cegah Kanker, Siswi Kelas 5 Dan 6 SD di Kota Tangerang Bakal Divaksin

Pemberian imunisasi akan dilakukan 8 Agustus mendatang

Serang, IDN Times - Guna mencegah kanker serviks, pemerintah pusat akan memberikan vaksinasi human papilloma virus (HPV) bagi anak-anak perempuan di seluruh Indonesia .Pemberian vaksin ini akan dilaksanakan pada Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), pada 8 Agustus 2023. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Dini Anggraeni mengatakan bahwa vaksinasi HPV ini wajib karena sebagai program imunisasi nasional. Vaksinasi akan diberikan kepada siswa perempuan yang duduk di kelas 5 SD dan 6 SD atau berusia 12 tahun.

"Vaksinasi ini diberikan untuk anak perempuan yang duduk di kelas 5 SD dan 6 SD, sebanyak dua kali dengan jarak interval 12 bulan. Kegiatan ini juga serentak dilakukan secara nasional pada 8 Agustus mendatang," ungkapnya, Kamis (27/7/2023).

1. Yuk lakukan imunisasi kanker serviks

Cegah Kanker, Siswi Kelas 5 Dan 6 SD di Kota Tangerang Bakal Divaksinilustrasi dokter sedang bekerja (pexels.com/cottonbro)

Diharapkan, anak-anak perempuan di Kota Tangerang dapat mengikuti kegiatan vaksinasi HPV. Sehingga, seluruh perempuan di Kota Tangerang sehat dan kasus perempuan terkena kanker serviks di Kota Tangerang dapat berkurang.

"Mari kita sukseskan vaksinasi HPV di Kota Tangerang dan kepada masyarakat Kota Tangerang, khususnya para orangtua mari lengkapi vaksinasi dan imunisasi anak secara lengkap. Sehingga, anak-anak Kota Tangerang dapat tumbuh menjadi anak-anak yang sehat," kata Dini.

2. Apa itu kanker serviks

Cegah Kanker, Siswi Kelas 5 Dan 6 SD di Kota Tangerang Bakal Divaksinilustrasi vaksin HPV untuk mencegah kanker serviks (unsplash.com/Ed Us)

Dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan, kanker serviks adalah kondisi dimana terdapat penumbuhan sel-sel ganas pada leher rahim atau serviks yang tidak terkendali. Berdasarkan penyebabnya, sebanyak 90 persen dari pasien yang menderita kanker serviks disebabkan oleh inveksi HPV (Human Papilloma Virus) onkogenik yang presisten.

Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk mencegah kanker serviks adalah dengan mengetahui faktor risiko dari kanker serviks itu sendiri. Dengan demikian, kita dapat menghindari potensi paparan kanker serviks.

3. Ini faktor risiko kanker

Cegah Kanker, Siswi Kelas 5 Dan 6 SD di Kota Tangerang Bakal Divaksinilustrasi pita kanker serviks (augonc.com)

Berikut ini adalah faktor risiko kanker leher rahim atau Kanker serviks yang harus diwaspadai, diantaranya adalah:

1. Melakukan hubungan seksual di usia muda, yaitu di bawah 18 tahun
2. Bergonta-ganti pasangan seksual
3. Melakukan hubungan seksual dengan pria yang sering bergonta-ganti pasangan seksual
4. Merokok ataupun sebagai perokok pasif
5. Infeksi berulang pada jalan kelamin, salah satunya karena kurang menjaga kebersihan alat kelamin
6. Memiliki riwayat keluarga dengan kanker
7. Adanya riwayat tes pap smear  yang abnormal sebelumnya.

Baca Juga: Pemkot Tangerang Perluas Layanan Perawatan Pengobatan HIV

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya