DPUPR Kota Tangerang Bersiap Hadapi Banjir Saat Cuaca Ekstrem

Ratusan pompa banjir dicek kesiapannya

Kota Tangerang, IDN Times - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Tangerang melakukan berbagai antisipasi menghadapi tingginya curah hujan atau cuaca ekstrem, yang diperkirakan turut melanda Kota Tangerang.

“Sudah terlihat dua tiga hari belakangan ini hujan terus menyelimuti Kota Tangerang. Berbagai langkah antisipasi pun terus dilakukan jajaran DPUPR beserta sejumlah OPD terkait. Langkah pertama, menyiapsiagakan petugas lapangan 24 jam, untuk melakukan pembersihan drainase dan jalur jalan pagi hingga malam, sekitar 780 petugas dikerahkan,” kata Kepala DPUPR Kota Tangerang, Ruta Ireng Wicaksono, Selasa (27/12/2022).

Baca Juga: Waspada Cuaca Ekstrem, BPBD Banten Siagakan Helikopter

1. Pengecekan Pompa diperketat

DPUPR Kota Tangerang Bersiap Hadapi Banjir Saat Cuaca EkstremIlustrasi banjir (IDN Times/Mardya Shakti)

Ruta mengatakan, pihaknya memperketat pengecekan kondisi 233 unit pompa air yang tersebar di Kota Tangerang serta pemantauan seluruh pintu air di Kota Tangerang, baik pintu air lintas pemukiman hingga lintas wilayah, semua dicek secara intens.

“DPUPR juga melakukan pengurasan atua pengeringan 25 embung di Kota Tangerang, untuk lebih siap menampung datangnya air hujan. Sedangkan untuk embung yang dibawah kewenangan Provinsi, DPUPR Kota Tangerang pun telah berkoordinasi untuk dibuka diturunkan muka airnya. Pastinya, embung yang tidak pakai pintu dilakukan penyedotan dengan pompa,” kata Ruta.

2. Banjir Kota Tangerang karena lintas daerah

DPUPR Kota Tangerang Bersiap Hadapi Banjir Saat Cuaca EkstremIDN Times/Muhamad Iqbal

Kata Ruta, banjir di Kota Tangerang merupakan banjir lintas daerah provinsi, dan DPUPR berupaya menguatkan koordinasi kepada seluruh pihak, selalu begitu prediksi dan kondisi hujan di wilayah Bogor, Jakarta, serta Depok yang dimana tiga jam kemudian banjirnya akan mempengaruhi Kota Tangerang.

“Maka koordinasi dan update kondisi dari berbagai wilayah dan pihak harus diperkuat, agar segera memetakan penanganan apa yang tepat dilakukan di Kota Tangerang. l-hal terburuk atau yang tidak diinginkan dapat diminimalisir sebaik mungkin,” tegasnya.

3. Bersiap hadapi tanggul jebol

DPUPR Kota Tangerang Bersiap Hadapi Banjir Saat Cuaca EkstremDok. BPBD Kota Tangerang

DPUPR sedang menyiapkan alat penahan tanggul dengan stok tanah yang ada. Langkah ini diambil untuk mengantisipasi dan kesiapsiagaan kemungkinan terjadinya tanggul jebol.

“Kami pun mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Tangerang agar membersihkan saluran drainase dan aliran air di lingkungan rumah, menjaga kebersihan, dan tidak membuang sampah sembarangan. Pada lingkup RT/RW diimbau untuk menggelar kerja bakti menormalisasi saluran di pemukiman, baik normalisasi saluran dari sampah maupun endapan lumpur,” imbaunnya.

Baca Juga: Waspada Cuaca Ektrem Sepekan ke Depan, Bisa Picu Banjir-Longsor

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya