Festival Cisadane, Destinasi Wisata Tahunan di Kota Tangerang 

Festival ini masuk 100 kalender wisata Kemenpar lho!

Kota Tangerang, IDN Times - Perhelatan akbar Festival Cisadane 2019 resmi dibuka di bantaran Sungai Cisadane, Kota Tangerang, Banten, Jum'at (26/7). 

Acara yang berlangsung di sungai terbesar di Banten hingga 3 Agustus 2019 ini, dibuka dengan kemunculan parade perahu naga yang menyusuri sungai mulai dari Dermaga Peh Cun hingga Jembatan Apung.

Baca Juga: Kemarau Ekstrem, Dua Desa di Tangerang Alami Kekeringan Parah

1. Ragam kesenian berpadu dengan teknologi

Festival Cisadane, Destinasi Wisata Tahunan di Kota Tangerang IDN Times/Muhamad Iqbal

Berbagai pertunjukan menarik disuguhkan dalam pembukaan Festival Cisadane, dari Tari Kolosal Sangego, Kolaborasi Sanggar Pencak Silat, Tari Lenggang Nyai, Atraksi Flying Board, Jetski, penampilan Marching Band di atas Jembatan Berendeng, hingga Video Mapping Water Screen.

Semua pertunjukan tersebut dilakukan di atas sungai Cisadane di wilayah kota Tangerang.

2. Wali Kota Tangerang: Festival Cisadane adalah bentuk akulturasi budaya

Festival Cisadane, Destinasi Wisata Tahunan di Kota Tangerang IDN Times/Muhamad Iqbal

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menjelaskan, Festival Cisadane tahun ini merupakan bentuk akulturasi budaya dan menjadi kegiatan kebanggaan masyarakat Kota Tangerang untuk menjaga keberlangsungan Sungai Cisadane.

"Event ini jadi momen kebersamaan dan melestarikan serta menjaga keberlangsungan Sungai Cisadane dengan keberagaman budayanya," ungkap Arief.

3. Ada pertunjukan water screen seperti di Singapura loh

Festival Cisadane, Destinasi Wisata Tahunan di Kota Tangerang IDN Times/Muhamad

Berbeda dengan tahun lalu, di mana video mapping disuguhkan dengan latar Jembatan Berendang, tahun ini video mapping dibuat dalam konsep water screen atau air menjadi layar dari video yang disuguhkan.

"Yang mau lihat gak usah jauh-jauh ke Singapura Marina Bay Sands, di sini juga ada," ujar Wali Kota Tangerang.

4. Masuk dalam kalender wisata Kementerian Pariwisata, Festival Cisadane jadi kebanggaan

Festival Cisadane, Destinasi Wisata Tahunan di Kota Tangerang IDN Times/Muhamad Iqbal

Arief menambahkan, berhasil masuknya Festival Cisadane dalam 100 Calender of Event Wonderful Indonesia Tahun 2019, menjadi kehormatan tersendiri bagi Pemkot Tangerang dan seluruh masyarakat

"Mudah-mudahan ke depannya kita bisa terus repackaging supaya makin berkesan dan juga mendatangkan wisatawan baik lokal maupun mancanegara," jelasnya.

5. Kemenpar mendukung penuh Festival Cisadane

Festival Cisadane, Destinasi Wisata Tahunan di Kota Tangerang IDN Times/Muhamad Iqbal

Sementara itu, Esthy Reko Astuty selaku Tenaga Ahli Menteri Bidang Management COE Kementerian Pariwisata menegaskan, terpilihnya Festival Cisadane menjadi 100 Calender of Event Wonderful Indonesia berdasarkan kriteria nilai budaya dan kreatifitas.

Kementerian Pariwisata pun mendukung acara ini dengan memberikan dukungan dana dan promosi yang bersifat multimedia, menggunakan media sosial dan Generasi Pesona Indonesia.

"Yang masuk dalam calender of event pasti ada kontra prestasinya, nilai value-nya sekitar Rp1 miliar, kami promosikan juga di media sosial salah satunya twitter, tadi bahkan sudah tranding topic ditambah ada adik-adik GenPi, dan pada saat event berlangsung kita berikan dukungan juga sesuai kebutuhan," ujarnya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya