Gelar Aksi Teatrikal Bopong Jenazah, Aktivis: Kadinkes Seharusnya Malu

Aksi tersebut datangi semua kantor OPD pemkot Tangerang

Kota Tangerang, IDN Times - Puluhan masyarakat yang merasa prihatin atas kasus penolakan peminjaman ambulans untuk membawa jenazah yang dilakukan Puskesmas Cikokol menggelar aksi teaterikal dengan membawa replika mayat ke dalam pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Senin (26/8).

1. Kordinator aksi: Masyarakat sulit untuk mengakses pelayanan kesehatan di kota Tangerang

Gelar Aksi Teatrikal Bopong Jenazah, Aktivis: Kadinkes Seharusnya MaluDok. Istimewa

Aksi yang mengatasnamakan masyarakat Kota Tangerang Peduli tersebut berkeliling ke setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berkantor di lokasi tersebut.

“Ini adalah aksi sosial dalam rangka pembenahan terkait mengenai dunia kesehatan Kota Tangerang, kita lihat selama ini masyarakat sulit untuk mengakses pelayanan kesehatan di kota Tangerang,” Kata Syaiful Basri koordinator aksi kepada wartawan.

Baca Juga: Tolak Pinjamkan Ambulans Bawa Jenazah, Warga Geruduk Puskemas Cikokol

2. Massa aksi klaim kejadian ini bukan pertama kali terjadi di Tangerang

Gelar Aksi Teatrikal Bopong Jenazah, Aktivis: Kadinkes Seharusnya MaluDok. Istimewa

Ia menilai pemerintah kurang peka atas apa yang terjadi atas pelayanan kesehatan di kota Tangerang yang kurang optimal.

“Ini bukan yang pertama kali terjadi di Kota Tangerang terkait masalah buruknya pelayanan kesehatan pernah juga sebelumnya pernah terjadi di beberapa Puskesmas yang ada di Kota Tangerang,” kata dia.

3. Kadinkes Tangerang harusnya malu

Gelar Aksi Teatrikal Bopong Jenazah, Aktivis: Kadinkes Seharusnya MaluIDN Times/Irma Yudistirani

Ia juga menyinggung alasan Dinas kesehatan (Dinkes) yang menolak korban kurang relevan dengan kondisi yang saat itu tengah terjadi.

“Sekarang andaikan ada pasien kritis yang menggunakan mobil ambulans dan meninggal dunia apakah langsung diturunkan dari mobil itu,” jelasnya.

Ia berharap kepada Wali Kota Kota Tangerang Arief R Wismansyah mencopot kepala dinas kesehatan agar ke depan tidak lagi terjadi hal yang menyakiti hati masyarakat kota Tangerang.

“Dr. Liza seharusnya malu dengan kejadian tersebut, sudah sepatutnya yang bersangkutan bertanggung jawab atas kakunya bawahannya dalam memberikan pelayanan kepada korban,” jelasnya.

4. Warga geruduk Puskesmas Cikokol

Gelar Aksi Teatrikal Bopong Jenazah, Aktivis: Kadinkes Seharusnya MaluDok. Istimewa

Sebelumnya diberitakan, warga Kampung Kelapa, Cikokol, kota Tangerang menggelar aksi pasang spanduk, di depan Kantor Puskesmas Cikokol, Kota Tangerang. Minggu (25/8) Sore.

Aksi tersebut dilakukan sebagai bentuk protes kepada pihak Puskesmas yang enggan meminjamkan mobil ambulans untuk mengantarkan Alamarhum Muhamad Husein (8) jenazah korban tenggelam pada Jumat (25/8) lalu.

Baca Juga: Tolak Pinjamkan Ambulans Bawa Jenazah, Warga Geruduk Puskemas Cikokol

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya