Kasus DBD di Tangsel Selama 2022 Naik Drastis

Ada dua orang yang meninggal

Tangerang Selatan, IDN Times -Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus semam berdarah dengue (DBD) di tengah cuaca ekstrem.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Tangsel Ady Purnawan mengungkap, sepanjang tahun 2022, jumlah kasus DBD di Tangsel, sebanyak 751 kasus atau melonjak tajam dibanding angka kasus tahun 2021.

“Kasus DBD tahun 2021 sebanyak 437,” kata Ady, Kamis (5/1/2022).

1. Angka kematian naik 100 persen

Kasus DBD di Tangsel Selama 2022 Naik DrastisSeorang ibu mengompres kepala anaknya yang dirawat akibat terserang demam berdarah dengue atau DBD. (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)

Berdasarkan data yang ada, kata Ady, tingkat kematian akibat penyakit yang dibawa nyamuk Aedes aegypti ini juga tidak banyak. Namun, jika dibanding tahun 2021 lalu angka kematian akibat DBD di tahun 2022 naik 100 persen.

“Kasus meninggal akibat DBD tahun 2021 sebanyak satu orang dan tahun 2022 dua orang,” jelas Ady.

2. Pamulang paling banyak kasus

Kasus DBD di Tangsel Selama 2022 Naik DrastisIlustrasi (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)

Dari sebaran kasus DBD setiap tahunnya, wilayah Kecamatan Pamulang merupakan wilayah paling banyak jumlah kasus DBD.

“Di Kecamatan Pamulang, sebanyak 155 kasus. Dan dengan musim saat ini kami mengantisipasi musim hujan dengan 3M plus dan program satu rumah satu Jim antik,” jelasnya.

3. Ribuan kasus DBD terjadi di Kabupaten Tangerang selama 2022

Kasus DBD di Tangsel Selama 2022 Naik DrastisSeorang ibu mengompres kepala anaknya yang dirawat akibat terserang demam berdarah dengue atau DBD. (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)

Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang mencatat, 1.322 kasus demam berdarah dengue (DBD) terjadi sepanjang tahun 2022 di wilayah Kabupaten Tangerang, dari jumlah itu tujuh orang dinyatakan meninggal dunia.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kabupaten Tangerang Sumihar Sihaloho mengungkap, pihaknya kembali mewaspadai penyebaran kasus DBD di tengah musim hujan yang melanda wilayah Kabupaten Tangerang dan sekitarnya.

"Di musim penghujan kali ini, kami mengimbau ke masyarakat untuk rutin melaksanakan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) 3M plus," terang Sumihar, Kamis (5/1/2023).

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya