Kasus Kabel Semrawut di Pamulang, PLN: Fiber Optik Bukan Milik Kami

Waduh regulasi tak ada, gimana perizinannya yah?

Tangerang Selatan, IDN Times - Aksi protes mahasiswa dengan menjemur pakaian di kabel di bundaran Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) ternyata kabelnya bukan milik PLN.  Hal ini diketahui setelah petugas PLN melakukan tinjauan ke lokasi. 

Dalam siaran pers yang diterima redaksi, Senior Manager General Affairs PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Tris Yanuarsyah, mengatakan pemberitaan di beberapa media terkait adanya kabel yang dijadikan jemuran oleh beberapa mahasiswa dipastikan bukan milik PLN. Menurutnya, ciri-ciri tiang tegangan rendah PLN antara lain tinggi 9 meter dan berangsur akan diganti menjadi 11 meter, diameter 200-500 cm, serta tiang berwarna abu-abu. 

"Jadi sudah kami cek di lapangan. Dan itu bukan milik PLN," ungkap Tris. Lalu kabel apakah itu?

1. Diskominfo Tangsel tak bisa mengawasi karena regulasinya belum ada

Kasus Kabel Semrawut di Pamulang, PLN: Fiber Optik Bukan Milik KamiDok. Istimewa

Berdasarkan penelusuran rupanya kabel-kabel tersebut adalah kaber fiber optik (FO) yang diduga milik beberapa provider yang belum diketahui apa saja. Menanggapi hal tersebut, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tangerang Selatan (Tangsel) mengatakan tak ada pengawasan pada kabel-kabel FO tersebut. Hal itu terjadi lantaran regulasi terkait itu belum selesai.

"Belum, belum ada pengawasan, karena diskominfo baru ada di tahun 2017, sedang kabel tersebut ada sebelumnya, Perdanya sudah tapi masih di provinsi," kata Fuad, Sekertaris Diskominfo Tangsel, kepada IDN Times, Jumat (19/7).

2. Kabel semrawut di Tangsel bikin terlihat kumuh

Kasus Kabel Semrawut di Pamulang, PLN: Fiber Optik Bukan Milik KamiDok. Istimewa

Pantauan IDN Times di sejumlah lokasi di wilayah Tangsel, kabel-kabel tersebut terlihat semrawut dan menciptakan kesan kumuh. Beberapa di antaranya bahkan menggelayut ke jalan, seperti yang terlihat di sepanjang jalan Puspitek Raya, Pahlawan Seribu dan sekitar wilayah Bintaro, Pondok Aren.

3. Dinilai membahayakan, mahasiswa aksi jemur pakaian di kabel

Kasus Kabel Semrawut di Pamulang, PLN: Fiber Optik Bukan Milik KamiDok. Istimewa

Diberitakan sebelumnya, Kabel semrawut di bundaran Universitas Pamulang (Unpam) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bikin warga jengkel. kesemrawutan tersebut sekelompok mahasiswa melakukan aksi jemur pakaian di juluran kabel itu. Mereka melakukan itu sebagai bentuk protes terhadap penataan kota yang buruk dari pemerintah kota Tangsel dan provinsi Banten.

Baca Juga: Protes ke PLN, Mahasiswa Gelar Aksi Jemur Pakaian Di Kabel Semrawut

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You