Musim Mudik 2022, Polres Kota Tangerang Buka 2 Check Point

Cek poin itu akan jadi lokasi sentra vaksinasi

Tangerang, IDN Times - Polres Metro Tangerang Kota menyiapkan dua lokasi posko atau check point untuk memantau kondisi lalu lintas selama arus mudik dan balik di musim lebaran 2022. Untuk itu, polisi bersinergi dengan pemda dan TNI. 

Polisi, kata dia, akan menyiapkan lokasi check point yang lebih luas di wilayah Jatiuwung karena diprediksi jadi titik lelah bagi pemudik, khususnya yang menggunakan kendaraan roda dua.

"Di lokasi check point Jatiuwung akan kita siapkan rest area kendaraan roda dua dan tempat istirahat," kata Kasatlantas Polres Metro Tangerang Kota, Kompol Joko Sembodo, Selasa (12/4/2022).

Baca Juga: Operasi Check Point di Tangerang, 32 Pelanggar Prokes Diamankan

1. Posko hanya untuk mengawasi

Musim Mudik 2022, Polres Kota Tangerang Buka 2 Check PointIlustrasi mudik di jalan tol Semarang-Solo. (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Joko mengatakan, selama arus mudik dan balik Lebaran 2022 tidak ada ada penyekatan lalu lintas. Selama periode itu, kata dia, polisi hanya akan mengawasi arus pemudik. 

"Apakah nanti check point itu akan kita jadikan lokasi pemeriksaan persyaratan perjalanan, misalnya, apakah pemudik sudah menjalankan vaksinasi booster atau belum, sejauh ini kita belum dapat perintah dari pihak Polri maupun Polda Metro Jaya," ungkapnya.

Baca Juga: Pertengahan Ramadan, Pemkab Tangerang Bakal Buka PTM 100 Persen

2. Check point akan jadi lokasi vaksinasi booster

Musim Mudik 2022, Polres Kota Tangerang Buka 2 Check PointMasyarakat Kota Semarang mendapatkan vaksinasi booster di sentra vaksinasi Tentrem Mal Semarang, Senin (17/1/2022). (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Joko menegaskan, di lokasi check point tersebut rencananya juga akan didirikan sentra vaksinasi booster bagi pemudik.

"Namun kita masih tunggu arahannya dari Polda Metro Jaya," kata dia.

3. Lebaran 2022, Pemprov Banten antisipasi lonjakan pemudik

Musim Mudik 2022, Polres Kota Tangerang Buka 2 Check PointMenjelang Lebaran 2021 antrean panjang kendaraan bermotor roda empat atau lebih terjadi di pos pemeriksaan larangan mudik Lebaran tersebut (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Banten Tri Nurtopo menyebut, pihaknya mengantisipasi peningkatan penumpang pada arus mudik Lebaran tahun ini. Hal itu menyusul pelonggaran aktivitas warga di tengah pandemik COVID-19.

"Kan dua tahun tidak ada arus mudik. Nah tahun ini kembali dibolehkan dengan syarat vaksin booster, tentunya ini akan melonjak dan perlu dipersiapkan segalanya," kata Tri Nurtopo, seperti dikutip dari Antara, Rabu (6/4/2022). 

Baca Juga: Gubernur Banten Bolehkan Warganya Mudik

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya