Persiapan Warga Lebak yang Mudik ke Yogya & Jawa Barat

Jalur selatan gak direkomendasikan setelah Lebaran

Lebak, IDN Times - Jalur selatan Banten menuju wilayah Jawa Barat memiliki panorama pemandangan pantai yang membuat mata segar jika dilalui, namun tidak disarankan jika anda berniat mudik pasca Idul Fitri melalui rute tersebut.

Musababnya, jalur tersebut akan ramai dan macet jika mulai di hari Lebaran dan seterusnya, karena pergerakan orang untuk bersilaturahmi atau berwisata ke pantai, membuat jalur tersebut akan dipenuhi kendaraan.

Hal tersebut, seperti disampaikan Ano, warga Rangkasbitung, Kabupaten Lebak yang akan mudik dengan tujuan Sukabumi, Jawa Barat.

"Mudiknya pasca Lebaran, Idul Fitri di Rangkasbitung dulu lah, kalau lewat jalur selatan itu pas Lebaran itu macet, malah buang waktu," kata Ano, Jumat (29/3/2024).

1. Ada beberapa titik rawan bencana dari Rangkasbitung menuju Bayah

Persiapan Warga Lebak yang Mudik ke Yogya & Jawa BaratIlustrasi tanah longsor (IDN Times/Sukma Shakti)

Ano mengatakan, jalur selatan sangat enak dilewati jika bukan momen Lebaran. "(Kalau Lebaran) yang harusnya dari rumah dari Rangkasbitung ke Pelabuhan Ratu dua jam, tapi kalau beres Lebaran bisa seharian," kata Ano.

Berdasarkan laporan prediksi titik jalur rawan longsor di Kabupaten Lebak, terdapat tujuh titik rawan bencana longsor. Titik tersebut yakni; Kaduagung, Cibadak. Gagambiran, Cikulur. Pasir Peuteuy, Cikulur. Leuwi Jaksi, Cikulur. Cikareo, Cileles. Curahem, Gunungkencana. Desa Cihara, Cihara.

"Ano, biasanya mudik ke Sukabumi, tahun ini tidak melalui jalur selatan, tapi lewat Jasingan, Leuwiliang, terus ke Bogor, baru ke Sukabumi," kata dia.

2. Ano lewat Bogor, tapi tetap melewati jalur rawan

Persiapan Warga Lebak yang Mudik ke Yogya & Jawa BaratIDN Times/Muhamad Iqbal

Meski tak melewati jalur bencana, ada juga jalur yang rawan kecelakaan lantaran kondisi jalan yang berbahaya.

"Tidak melewati jalur rentan bencana, tapi melewati jalur rawan karena licin akibat aktivitas galian tanah," kata dia.

3. Warga Maja siapkan kendaraan dan fisik keluarga mudik ke Yogya

Persiapan Warga Lebak yang Mudik ke Yogya & Jawa BaratDok. IDN Times/Aris

Sementara itu, Aris warga Maja, memastikan akan berangkat mudik tahun ini ke daerah asalnya di Wonosari, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Beberapa persiapan khusus ia lakukan, seperti memastikan kondisi kendaraan Toyota Kijang produksi 1990-an hingga persiapan kondisi fisik empat orang keluarga termasuk dirinya.

"Persiapan khusus, naro barang di atas mobil biar aman paling sama persiapan fisik istri dan anak," ungkapnya.

Ia mengaku, akan full melalui jalan tol dari pintul tol Balaraja hingga pintu tol terdekat dengan lokasi daerah mudiknya dengan estimasi durasi perjalanan 12 jam.

"Full tol itu tarif tolnya Rp513.500. Bensin Rp800.000," kata dia.

Baca Juga: 5 Aplikasi Cek Kemacetan dan Arus Lalu Lintas Mudik Lebaran

Topik:

  • Yogie Fadila
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya