Pilkada Tangsel: Muhamad Mengundurkan Diri, Benyamin Cuti

Dua pejabat tinggi Tangsel jadi pesaing di pilkada

Tangerang Selatan, IDN Times - Bakal calon (Bacalon) Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Muhamad telah mengajukan surat pengunduran dirinya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Sekretaris Daerah Tangsel ini mengaku ingin fokus memenangkan dirinya bersama Rahayu Saraswati dalam kontestasi Pilkada tahun 2020 ini. 

"Sedang proses, saya tentunya akan mundur, agar seluruh pikiran tenaga saya full di Pilkada ini," ucap sekda Kota Tangsel, Muhamad dikonfirmasi Senin (27/7/2020).

Baca Juga: Pesan Prabowo Subianto untuk Muhamad-Rahayu Saraswati

1. Sementara Benyamin hanya mengaku cuti

Pilkada Tangsel: Muhamad Mengundurkan Diri, Benyamin CutiBenyamin Davnie saat dipanggil Bawaslu Tangsel (ISTIMEWA)

Sementara itu pesaingnya, Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin davnie yang juga mengaku akan mengajukan cuti kerja sebagai pejabat Wakil wali kota selama menjalani masa kampanye nanti. 

"Sedang diajukan, masih proses administrasinya sampai ke Kemendagri. Jadi, nanti saya cuti selama masa kampanye 70 hari," terang Benyamin Davnie.

2. Benyamin ngaku akan mematuhi aturan dan ketentuan

Pilkada Tangsel: Muhamad Mengundurkan Diri, Benyamin CutiIDN Times/Muhamad Iqbal

Menurut Benyamin, dirinya sebagai pejabat negara akan mematuhi segala aturan dan ketentuan dalam pelaksanaan Pilkada. 

"Pokonya begitu penetapan, langsung cuti," jelas dia.

3. Pilkada Tangsel, Airin diminta netral

Pilkada Tangsel: Muhamad Mengundurkan Diri, Benyamin CutiIDN Times/khaerul anwar

Sebelumnya diberitakan, analis politik dan kebijakan publik dari Universitas Islam Syech Yusuf (Unis) Tangerang Adib Miftahul menilai, peran Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany akan sangat menentukan dalam gelaran pilkada di kota itu. Apalagi, dua "pembantu" Airin memutuskan maju. 

Mereka adalah Wakil Wali Kota Benyamin Davnie dan Sekretaris Daerah Muhamad maju dalam pilkada sebagai pesaing. Adib menyebut, Airin dilematis tapi tak mungkin menjadi wasit yang netral.

"Ada rivalitas tapi Airin dituntut harus menjadi wasit yg netral. Dilematis karena yang pasti Airin ingin mengakhiri lengser kekuasaan dengan 'landing smoth'," kata Adib kepada IDN Times, Kamis (23/7/2020).

Baca Juga: Dua Pembantunya Maju Pilkada Tangsel, Pengamat: Airin Harus Netral 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya