Puncak Mudik Terminal di Banten Diprediksi Terjadi pada H-4 dan H-3

Stay safe yah. Keluarga di kampung halaman menanti kamu

Serang, IDN Times - Puncak arus mudik Lebaran dari berbagai lokasi keberangkatan di Provinsi Banten, diperkirakan akan berllangsung pada H-4 hingga H-3 Idul Fitri.

Seperti diketahui, perayaan Idul Fitri ditetapkan pemerintah melalui Kementerian Agama jatuh pada Rabu, 10 April 2024.

Berikut informasi puncak arus mudik di sejumlah titik keberangkatan pemudik di Banten, seperti yang dihimpun IDN Times.

Baca Juga: Mulai 3 April, Kereta Api Merak Hanya Sampai Stasiun Cilegon

1. Sebanyak 5,78 juta penumpang akan lalui Pelabuhan Merak. Puncaknya 6 April

Puncak Mudik Terminal di Banten Diprediksi Terjadi pada H-4 dan H-3Sejumlah kendaraan berada di dalam kapal feri saat melintas di perairan Selat Sunda, Senin (25/3/2024). PT ASDP Indonesia memprediksi puncak arus mudik Lebaran dari Pulau Jawa menuju Sumatra akan terjadi pada 6-7 April 2024 (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) memprediksi puncak arus mudik Lebaran 2024 dari Pelabuhan Merak, terjadi pada H-4 atau Sabtu, 6 April.

"Dari data reservasi, diperkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada 6 April 2024 (H-4) dengan jumlah pengguna jasa yang telah reservasi untuk di Pelabuhan Merak sebanyak 1.922 tiket (9,5 persen dari kuota reservasi yang dibuka)," kata Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin.

Secara total, pada periode angkutan Lebaran 2024, ASDP memproyeksikan peningkatan sebesar 15 persen untuk penumpang dan 14 persen untuk kendaraan dengan total di delapan lintas pantauan nasional sejumlah 5,78 juta penumpang dan 1,37 juta kendaraan.

2. Puncak Mudik di Bandara Soetta H-4 hingga H-3 lebaran

Puncak Mudik Terminal di Banten Diprediksi Terjadi pada H-4 dan H-3Ilustrasi penumpang pesawat (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Sementara di Bandar Udara (Bandara) Soekarno-Hatta, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi juga mengungkap, puncak arus mudik di Bandara Soekarno-Hatta diprediksi terjadi pada H-4 hingga H-3 Lebaran.

Sebab, dua hari tersebut menjadi hari dengan pemesanan tiket pesawat tertinggi saat arus mudik Lebaran 2024.

"Tadi sudah dibahas dengan teman-teman operator, untuk melakukan penerbangan dari H-10 sampai ke H-5, bisa dapat diskon atau sebagainya karena pada saat H-4 itu bisa sangat ramai sekali," kata Budi.

Baca Juga: Menhub Budi Cek Kondisi Pesawat di Bandara Soetta

3. Ini puncak arus mudik dari Serang dan Lebak

Puncak Mudik Terminal di Banten Diprediksi Terjadi pada H-4 dan H-3IDN Times/Debbie Sutrisno

Puncak arus mudik di Terminal Pakupatan, Kota Serang diprediksi akan terjadi pada H-3 Lebaran. Kepala Terminal Pakupatan Kota Serang, Waluyo Dianto mengatakan, saat ini aktivitas di terminal relatif normal dan belum ada peningkatan penumpang yang signifikan.

Sementara di Terminal Bus Mandala Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, puncak arus mudik Lebaran diprediksi terjadi pada H-4 mencapai dengan perkiraan penumpang sebanyak 1.700 orang.

Kepala Terminal Mandala Kabupaten Lebak, Muksin mengatakan, pihaknya menyiapkan angkutan Lebaran sebanyak 50 unit bus Angkutan Kendaraan Antar Provinsi (AKAP) dengan enam trayek dari delapan perusahaan otobus.

Untuk bus AKAP melayani trayek Rangkasbitung-Bogor - Kalideres - Tanjung Priok - Bekasi- Bandung-Garut

Untuk kendaraan AKDP melayani jurusan wilayah Provinsi Banten dengan trayek Rangkasbitung- Tangerang - Serang-Merak-Bayah- Wanasalam-Labuan.

Baca Juga: Akses ke Pelabuhan Ciwandan Macet Hingga Rabu Pagi

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya