Rumah Warga di Maja Lebak Rusak Diterpa Hujan dan Angin Kencang

Tak ada korban jiwa atau terluka dalam kejadian ini

Lebak, IDN Times - Beberapa unit rumah di perumahan Permata Mutiara Maja, Desa Curug Badak, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, rusak diterpa angin kencang, Sabtu (31/12/2022) sekitar pukul 14.00 WIB.

Warga setempat bernama Anwar mengatakan, angin disertai hujan membuat beberapa bagian rumah rusak seperti kanopi depan, dan genting pecah berhamburan.

"Ada empat yang rusak, rata-rata kanopinya terangkat dan tiga rumah tidak ada penghuninya," kata Anwar kepada IDN Times di lokasi.

Baca Juga: Antisipasi Cuaca Ekstrem, Pemkot Tangerang Tebangi Pohon

1. Warga saling membantu

Rumah Warga di Maja Lebak Rusak Diterpa Hujan dan Angin KencangIDN Times/Muhamad Iqbal

Selain rumah rusak, ada juga rumah yang mengalami rusak ringan. Seperti hanya bagian kecil rumahnya yang terhembus angin hingga terpental. Dari pantauan di lokasi usai hujan disertai angin kencangg, para warga keluar mengecek rumah miliknya atau tetangga.

Para warga juga nampak saling bahu-membahu membetulkan rumah warga yang rusak. Dipastikan tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian ini.

2. Pj Gubernur minta warga tak berpergian

Rumah Warga di Maja Lebak Rusak Diterpa Hujan dan Angin KencangPj Gubernur Banten Al Muktabar (ketiga kiri) menyerahkan Surat Keputusan (SK) pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Serang, Kamis (2/6/2022). (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar, meminta warganya tidak melakukan perjalanan ke luar kota saat libur Tahun Baru. Cuaca ekstrem yang diprediksi akan terjadi di sejumlah daerah hingga awal 2023, dikhawatirkan bisa membahayakan warga.

"Kita perlu arif dan bijaksana kalau akan berpergian atau perjalanan dalam beberapa hari ini. Kalau tidak terpaksa dan sangat penting, mohon dipertimbangkan lagi," kata Al Muktabar kepada wartawan, Rabu (28/12/2022).

3. Mengunjungi tempat hiburan dalam kota yang tak berisiko

Rumah Warga di Maja Lebak Rusak Diterpa Hujan dan Angin KencangIlustrasi Hujan. IDN Times/Sukma Shakti

Pria yang akrab disapa Al tersebut menyarankan masyarakat menghabiskan libur akhir tahun di daerah masing-masing, dengan mendatangi tempat wisata dan hiburan yang ada. Seperti mendatangi pameran produk UMKM di alun-alun Kota Serang.

"Selain aman, aktivitas itu mendukung tata kelola ekonomi dalam pemulihan pasca pandemik COVID-19," katanya.

Baca Juga: Pj Gubernur Banten Minta Warganya Tak Keluar Kota karena Cuaca Ekstrem

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya