Sampah di Tangsel Overload, Airin Akan Buat PLTSA Pertama di Indonesia

Masyarakat Tangsel hasilkan 900 ton sampah setiap hari

Tangerang Selatan, IDN Times - Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tengah bersiap untuk merealisasikan rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSA), yang diklaim akan menghasilkan listrik sebesar 15 mega watt.

Pembangunan PLTSA tersebut merupakan upaya Pemkot Tangsel untuk menanggulangi meningkatnya volume sampah. Untuk diketahui, setiap harinya Tangsel yang populasi penduduknya kurang lebih 1,5 juta jiwa, menghasilkan 900 ton sampah.

Baca Juga: Pemberantasan Sampah Sungai, Ecoton: Khofifah Cuma Seremonial

1. PLTSA Cipeucang akan masuk tahap lelang di akhir 2019

Sampah di Tangsel Overload, Airin Akan Buat PLTSA Pertama di IndonesiaIDN Times/Muhamad Iqbal

Sekertaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota Tangsel, Yepi Suherman menjelaskan, proses pembangunan PLTSA pertama di Indonesia itu akan masuk tahap lelang investasinya pada akhir 2019 ini.

"Akhir tahun direncanakan untuk masuk dalam proses lelang. Nilai investasinya 1,7 triliun," kata Yepi kepada IDN Times, Kamis (1/8).

2. PLTSA jadi solusi TPA Cipeucang yang sudah kelebihan kapasitas

Sampah di Tangsel Overload, Airin Akan Buat PLTSA Pertama di IndonesiaIDN Times/Muhamad Iqbal

Menurutnya, saat ini kondisi TPA Cipeucang sudah overload maka diperlukan alternatif teknologi pengolahan sampah. Untuk upaya tersebut, Kota Tangsel akan melakukan langkah seperti yang termaktub dalam Perpres No.35 Tahun 2018 tentang Percepatan Pembangunan Instalasi Pengolah Sampah Menjadi Energi Listrik Berbasis Teknologi Ramah Lingkungan (PLTSA).

"Langkah ini yang menurut analisa kami langkah yang paling tepat, dan Tangsel sendiri mendapat prioritas dari beberapa daerah yang termaktub dalam perpres itu," ungkap Yepi.

3. Lima hektar lahan disiapkan untuk PLTSA

Sampah di Tangsel Overload, Airin Akan Buat PLTSA Pertama di IndonesiaIDN Times/Feny Maulia Agustin

Yepi menjelaskan, untuk pembangunan PLTSA, sudah disiapkan lahan 5 hektar yang letaknya di kawasan Tempat Pembuangan Sampah (TPA) Cipeucang.

"Lahan sudah disiapkan, 5 hektar sudah siap di Cipeucang. Lahan itu akan jadi tempat PLTSA," kata Yepi.

4. Airin minta PLTSA dibangun sebelum masa jabatannya berakhir

Sampah di Tangsel Overload, Airin Akan Buat PLTSA Pertama di IndonesiaIDN Times/Muhamad Iqbal

Jika sesuai rencana, ground breaking pembangunan PLTSA Cipeucang akan dimulai sebelum berakhirnya masa jabatan Wali Kota Airin Rachmi Diany.

"Ya kalau sesuai rencana 2020 sudah mulai pembangunan, karena ini permintaan Ibu Airin juga yang ingin PLTSA dibangun sebelum masa jabatannya habis," kata Yepi.

Baca Juga: Anies Tolak Bantuan Risma Kelola Sampah Jakarta

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya