Wagub Banten Perintahkan Agar Tugu Pamulang Dibongkar

Tugu Pamulang kontroversial dan viral

Tangerang Selatan, IDN Times - Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy mengaku sudah memerintahkan bawahannya untuk membongkar Tugu Pamulang. Bangunan ini viral dan menimbulkan kontroversi. 

"Daripada istilahnya jadi permasalahan di masyarakat, bongkar dulu nanti sampai nanti anggaran siap kita bangun," kata Andika, Kamis (15/4/2021).

Baca Juga: Millennials Pamulang Sebut Tugu Pamulang Sudah Lama Jadi Bahan Candaan 

1. Wagub sudah tegur pembangun tugu untuk selesaikan pekerjaan

Wagub Banten Perintahkan Agar Tugu Pamulang DibongkarIDN Times/Muhamad Iqbal

Andika menerangkan, pembangunan tugu tersebut sudah berpolemik sejak 2018 lantaran adanya kesalahan komunikasi antara Dinas PU Provinsi dan Dinas PU Tangsel. Dia juga mengaku, sudah memberikan teguran.

"Saya sudah tegur 2018 untuk diselesaikan. Kalau kerja jangan setengah-setengah, kan gitu. Lalu ramai lagi dan sementara ini diperintahkan untuk dibongkar," terangnya.

2. Gubernur Banten Ungkap makna dan filosofi Tugu Pamulang

Wagub Banten Perintahkan Agar Tugu Pamulang DibongkarIDN Times/khaerul anwar

Sebelumnya, Gubernur Banten Wahidin Halim menegaskan, pembangunan Tugu Pamulang yang terletak di Jalan Siliwangi, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, sudah rampung. Tugu itu dibangun dengan anggaran tahun 2018.

Tugu itu sendiri, menurut Wahidin, dibangun dengan makna filosofi Kota Tangerang Selatan yang memiliki pusat ilmu teknologi dan enam kecamatan saat itu. Kendati demikian, untuk memenuhi keinginan publik, dia membuka peluang untuk sayembara desain Tugu Pamulang.

Baca Juga: Informasi Proyek Tugu Pamulang Dinilai Minim, LSM: Ada Potensi Korupsi

3. Tugu dibangun karena lokasi tugu sebelumnya dinilai kumuh

Wagub Banten Perintahkan Agar Tugu Pamulang DibongkarIDN Times/Muhamad Iqbal

Dalam keterangan tertulis Wahidin mengaku menggali informasi seputar Tugu Pamulang setelah bangunan itu viral di media sosial. Tugu ini juga menimbulkan pro dan kontra serta menuai kritik. 

“Setelah saya menggali persoalan, mempelajari tentang latar belakang dan lain sebagainya, perlu saya tegaskan bahwa pembangunan tugu atau menara itu dibangun tahun 2018 dan sudah dinyatakan selesai final," kata Wahidin, Kamis (15/4/2021).

Tugu itu, kata dia, dibangun dengan latar belakang dan pertimbangan karena sebelumnya lokasi itu kumuh.

Baca Juga: Usai Viral, Tugu Pamulang Ditutup PUPR Banten

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya