[FOTO] 5 Potret Penampakan Gedung Utama Kejagung Sebelum Kebakaran

Gedung utama Kejagung merupakan bangunan heritage

Jakarta, IDN Times - Kebakaran dahsyat di gedung utama Kejaksaan Agung (Kejagung RI) pada Sabtu 22 Agustus 2020, menghanguskan enam lantai. Gedung ini merupakan bangunan heritage atau bangunan cagar budaya yang dilindungi negara.

Wakil Jaksa Agung Setia Untung Arimuladi sebelumnya memastikan berkas-berkas perkara dan arsip aman. Karena kebakaran bukan di gedung penyimpanan arsip, di Gedung Bundar atau kantor penyidik Pidsus Kejaksaan Agung di kompleks Kejagung.

“Kebakaran bukan terjadi di Gedung Penyidikan (Gedung Bundar), tapi di lantai atas ruang gedung utama. Kalau berkas penyidikan itu sangat jauh, beda gedung,” tutur Untung, saat meninjau kebakaran di Kejagung Sabtu malam.

Untung menjelaskan lantai enam dan lima adalah bidang pembinaan, kepegawaian, dan biro umum. Lantai tiga dan empat adalah bidang intelijen. Sementara, lantai satu dan dua adalah ruang pimpinan, Jaksa Agung.

Berikut potret gedung utama Kejagung sebelum hangus terbakar, seperti diabadikan dalam Googles Street View dan Google Map.

1. Meski gedung tua tapi gaya arsitektur modern ya guys...

[FOTO] 5 Potret Penampakan Gedung Utama Kejagung Sebelum KebakaranGedung utama Kejagung tampak dari sisi barat atau kiri. (Google Street View)

Baca Juga: [FOTO] 7 Potret Gedung Kejaksaan Agung Usai Kebakaran Dahsyat 11 Jam

2. Gedung utama Kejagung tampak dari sisi timur. Pilar-pilarnya menjadikan bangunan ini tampak minimalis modern

[FOTO] 5 Potret Penampakan Gedung Utama Kejagung Sebelum KebakaranGedung utama Kejagung tampak dari sisi kanan atau timur. (Google Street View)

3. Desain atap gedung ini gak kalah modern dengan bangunan gedung-gedung baru di ibu kota

[FOTO] 5 Potret Penampakan Gedung Utama Kejagung Sebelum KebakaranGedung utama Kejagung tampak dari sisi barat atau kiri (Google Street View)

4. Gedung utama Kejagung tampak dari pintu gerbang

[FOTO] 5 Potret Penampakan Gedung Utama Kejagung Sebelum KebakaranPintu gerbang gedung utama Kejagung (Google Street View)

5. Gedung utama Kejagung tampak sari atas, seperti bus memanjang ya?

[FOTO] 5 Potret Penampakan Gedung Utama Kejagung Sebelum KebakaranGedung utama Kejagung [sisi utara] tampak dari atas. (Google Map Update 2020)

Semoga kepolisian lekas mengungkap penyebab kebakaran dahsyat di gedung utama Kejaksaan Agung ya. 

Baca Juga: Gulkarmat: Seluruh Gedung Utama Kejagung Hangus Akibat Kebakaran

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya