[BREAKING] Sah! Jokowi Resmi Lantik 5 Wakil Menteri Kabinet

Sempat beredar 6 nama wakil menteri, namun hanya 5 dilantik

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo melantik lima wakil menteri baru di Kabinet Indonesia Maju. Pelantikan wakil menteri tersebut dilangsungkan bersamaan dengan pelantikan enam menteri baru Jokowi, yang digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (23/12/2020).

Pelantikan wakil menteri hari ini berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 76/M/2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

Memimpin langsung pelantikan, Jokowi meminta kelima wakil menteri untuk mengikuti ucapannya saat melakukan sumpah jabatan. Lalu, Jokowi mulai membacakan sumpah jabatan dan diikuti oleh kelima wakil menterinya.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," kata mereka.

Adapun kelima nama wakil menteri yang dilantik Jokowi hari ini yaitu:

  1. Letjen TNI Muhammad Herindra sebagai Wakil Menteri Pertahanan
  2. Edward Komar Syarif Hiariez sebagai Wakil Menteri Hukum dan HAM
  3. Dante Saksono Harbuwono sebagai Wakil Menteri Kesehatan
  4. Harvick Hasnul Qolbi sebagai Wakil Menteri Pertanian
  5. Pahala Nugraha Mansyuri sebagai Wakil Menteri BUMN

Baca Juga: Pahala Mansury dan Letjen Herindra Dilantik jadi Wamen Hari Ini

Topik:

  • Anata Siregar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya