Jokowi: Idul Adha Datang Saat Kita Sedang Diuji Pandemik COVID-19 

Jokowi berharap pandemik segera berlalu dan RI bisa pulih

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan Idul Adha 1441 Hijriah harus dilakukan dengan cara yang berbeda. Situasinya tidak jauh berbeda ketika umat Muslim merayakan Idul Fitri kemarin yang digelar di tengah pandemik COVID-19. Bahkan, angka penularan virus corona di Tanah Air kali ini sudah menembus lebih dari 100 ribu kasus. 

"Idul Adha 2020 datang ketika kita sedang diuji dengan pandemik global COVID-19," kata Jokowi dalam akun Instagramnya @jokowi pada Jumat (31/7/2020).

Bagaimana Jokowi dan keluarga merayakan Lebaran Haji tahun ini?

1. Jokowi sebut Idul Adha bisa dijadikan momen untuk mendekatkan diri dengan keluarga

Jokowi: Idul Adha Datang Saat Kita Sedang Diuji Pandemik COVID-19 Dok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan

Kendati begitu, Jokowi seolah tidak ingin larut dalam keprihatinan akibat pandemik COVID-19 yang belum mereda. Ia memilih melihat dari sudut pandang positif yakni Idul Adha dijadikan momentum untuk bisa lebih dekat dengan keluarga. Namun, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengingatkan agar protokol kesehatan tetap diperhatikan. 

"Setiap kita harus berkorban dengan mengurangi pertemuan fisik dan perjalanan. Di saat yang sama, kita dituntut untuk lebih peduli kepada sesama dan lebih mendekat kepada keluarga," ujar Jokowi.

Baca Juga: Presiden Jokowi akan Salat Idul Adha di Istana Bogor

2. Jokowi harap pandemik COVID-19 cepat berlalu

Jokowi: Idul Adha Datang Saat Kita Sedang Diuji Pandemik COVID-19 Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Rapat Terbatas yang dilangsungkan secara virtual melalui video conference pada Selasa (28/7/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Walaupun krisis kesehatan masih menyerang Indonesia, Jokowi berharap pandemik bisa cepat berlalu. Sehingga, Indonesia bisa kembali pulih.

"Semoga ujian pandemik ini segera berlalu," katanya lagi. 

3. Jokowi dan keluarga inti salat Idul Adha di Bogor dengan mengenakan masker

Jokowi: Idul Adha Datang Saat Kita Sedang Diuji Pandemik COVID-19 Presiden Jokowi saat melaksanakan salat Idul Adha di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat 31 Juli 2020 (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi melaksanakan salat Idul Adha di halaman kediaman Wisma Bayurini, kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Jumat (31/7/2020) pagi. Ia salat bersama Ibu Negara Iriana Jokowi dan putra bungsunya, Kaesang Pangarep.

Jokowi terlihat mengenakan baju koko berwarna putih, dengan peci hitam, dan sarung berwarna merah. Ia melakukan salat dengan keluarga sambil tetap mempraktikan protokol kesehatan yaitu menjaga jarak dan mengenakan masker. 

Menemani Jokowi, tampak beberapa perangkat melekat turut serta dalam salat Idul Adha hari ini, antara lain Komandan Grup A Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) Kolonel Inf. Achiruddin, Ajudan Presiden Kolonel Inf. Rudy Saladin, serta Asisten Ajudan Presiden AKP Syarif Muhammad Fitriansyah.

Setelah selesai melaksanakan salat sekitar pukul 06.55 WIB, Jokowi, Iriana Jokowi dan Kaesang kembali ke Wisma Bayurini.

Baca Juga: Yuk Intip Harga Sapi Kurban Pemberian Pak Jokowi

Topik:

Berita Terkini Lainnya