Comscore Tracker

"Salam Corona" ala Petinggi Negeri Ini

Cara ini bisa mengurangi penyebaran virus COVID-19

Jakarta, IDN Times - Dunia makin siaga setelah World Health Organization (WHO) menetapkan wabah virus corona tipe baru (COVID-19) sebagai pandemik. WHO meminta negara- negara melaksanakan cara agresif untuk melawan wabah ini. 

Salah satu cara yang paling ampuh mencegah penularan virus, termasuk COVID-19, adalah meminimalisir jabat tangan. Wapres Ma'ruf Amin, mantan Wapres Jusuf Kalla dan Menteri Keuangan Sri Mulyani pun mencoba mempraktikkan 'salam corona' saat bertemu.

Mereka saling menyapa dan bersalaman tanpa menyentuh telapak tangan saat bertemu di Kantor Wapres, Jakarta, Kamis (12/3).

Baca Juga: WHO: Wabah COVID-19 Sudah Jadi Pandemik

1. Salam corona juga bisa dilakukan lewat sentuhan sikut

Salam Corona ala Petinggi Negeri IniAlternatif Salam untuk Menghindari COVID-19 yang dipraktikkan Ma'ruf Amien, Jusuf Kalla dan Sri Mulyani (Dok. Staf Wapres RI)

Dalam dokumen foto Sekretariat Wapres kepada media, tampak Ma'ruf Amin, Sri Mulyani dan Jusuf Kalla yang mengenakan batik biru saling mengatupkan kedua telapak tangan di dada masing-masing sebagai pengganti jabat tangan.

Bahkan Sri Mulyani dan Jusul Kalla mempraktikkan gaya lain, yakni bersentuhan sikut.

Ma'ruf, Sri Mulyani dan Jusuf Kalla bertemu untuk rapat bersama pengurus Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) guna membahas mengenai pengembangan sektor ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

2.Bertemu Raja Belanda, Prabowo juga meminimalisasi jabat tangan

Salam Corona ala Petinggi Negeri IniAlternatif Salamu untuk Menghindari COVID-19 yang dipraktikkan Menhan Prabowo Subianto . IDN Times/Uni Lubis

Baca Juga: [BREAKING] WHO Tetapkan COVID-19 Sebagai Pandemik

Gaya salam tanpa saling menyentuh telapak tangan juga dipraktikkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat pertemuan pemimpin redaksi pada Selasa malam (10/3) di kediamannya, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan.

Begitu pula Raja Belanda Willem saat berkunjung ke Indonesia awal pekan ini. Ia tidak berjabat tangan, melainkan mengatupkan kedua telapak tangannya di dada.

3. Virus corona ditularkan lewat cara droplets

Salam Corona ala Petinggi Negeri IniIlustrasi namaste untuk menghindari penularan virus corona / IDN Times

Seperti diketahui, penyebaran virus corona terjadi lewat cara droplets (percikan air liur), sehingga cara terbaik pencegahan adalah mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin, dan meminimalkan sentuhan tangan.

Penelitian menunjukkan jabat tangan bisa mentransfer 124 juta bakteri. Sementara high five bisa menularkan 55 juta bakteri, 7 juta bakteri berpindah saat dua orang saling bersentuhan buku-buku jari yang tergenggam (fist bump).

Data CSSE John Hopkins University menunjukkan sebanyak 126.136 orang dari seluruh dunia terinfeksi virus corona dengan angka kematian menyentuh 4.630 orang. Adapun angka yang sembuh tercatat 68.216 orang. Peningkatan pesat jumlah orang yang terinfeksi tercatat di Italia dan Iran.

Baca Juga: [BREAKING] Tom Hanks Akui Positif Terjangkit Corona

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya