Comscore Tracker

Ekstrem, 8 Praktik Tradisi Ubah Bentuk Tubuh di Dunia

Praktik ini kebanyakan dilakukan perempuan

Demi tradisi, sejumlah suku di penjuru dunia memilih cara-cara ekstrem dalam mengubah bentuk tubuh  mereka. Kebanyakan, praktik-praktik ini dilakukan oleh warga mereka yang perempuan.

Praktik itu mulai dari memperpanjang leher, membuat bibir lebar, hingga yang paling ekstrem: mengubah bentuk tengkorak. Praktik ini mungkin asing di negara-negara lainnya, namun dinilai wajar bagi penganutnya. 

Simak nih.

1. Memanjangkan leher

Ekstrem, 8 Praktik Tradisi Ubah Bentuk Tubuh di Dunialavacanza.in

Praktik ekstrem ini bisa kamu jumpai di Myanmar. Para perempuan di Suku Kayan Lahwi di Myanmar memiliki budaya praktik memperpanjang leher.

Caranya dengan memberikan kalung pir di sekitar lehernya. Membuka kalung itu bisa membunuh si perempuan mengingat tulang lehernya menjadi rapuh akibat kalung itu.

2. Pelat bibir

Ekstrem, 8 Praktik Tradisi Ubah Bentuk Tubuh di DuniaWikimedia.org/Bernard Gagnon

Praktik budaya ini sering dilakukan di Afrika, khususnya di Etopia. Para perempuan di Etopia, seperti Suku Mursi, memasang semacam cakram di bibir bagian bawah.

Ukurannya lubangnya bisa mencapai diameter 20 cm. Sebagian warga di sana menanggap hal ini menambah "kecantikan" seorang perempuan.

3. Menghitamkan gigi

Ekstrem, 8 Praktik Tradisi Ubah Bentuk Tubuh di Duniaatlasofhumanity.com

Jepang pernah melakukan praktik sebagai suatu standar kecantikan, namun sekarang tidak lagi. Suku Bagobo dari Filipina-lah yang masih menerapkannya. Tak hanya menghitamkan, mereka juga menajamkan gigi mereka.

4. Sunat

Ekstrem, 8 Praktik Tradisi Ubah Bentuk Tubuh di Duniacafemom.com

Sunat lazim ditemui di Indonesia. Praktik ini dilandasi atas perhatian kepada kesehatan.

Namun bagi beberapa negara lain, sunat masih menjadi sesuatu yang aneh.

Baca Juga: Mengerikan, Inilah 6 Teori Konspirasi Terkenal dalam Budaya Populer

5. Skarifikasi

Ekstrem, 8 Praktik Tradisi Ubah Bentuk Tubuh di Duniaid.pinterest.com

Skarifikasi serupa dengan menato, yaitu memberikan lambang pada tubuh. Perbedaannya terletak pada praktiknya.

Skarifikasi memberikan lambang di badan lewat sayatan serta berbagai luka yang memberikan bekas, bukan lewat tinta. Skarifikasi masih cukup umum ditemui di Afrika.

6. Amputasi jari

Ekstrem, 8 Praktik Tradisi Ubah Bentuk Tubuh di DuniaSuku Dani (Wikimedia.org/RaiyaniM)

Praktik budaya tubuh ini paling terkenal di Indonesia, tepatnya oleh suku yang ada di Papua, yaitu suku Dani. Mengamputasi jari dilakukan oleh perempuan suku tersebut yang mana tiap anggota keluarga yang dicintainya meninggal, maka dia harus memotong satu jarinya.

7. Mengecilkan kaki

Ekstrem, 8 Praktik Tradisi Ubah Bentuk Tubuh di Duniathoughtco.com

Ini adalah tradisi yang terkenal pernah dilakukan orang Tiongkok di masa lalu. Pada dasarnya, mengikat kaki bertujuan agar kaki para perempuan dapat masuk ke suatu sepatu kecil yang populer kala itu bernama sepatu teratai sebagai standar kecantikan yang harus dipenuhi.

8. Membentuk tengkorak

Ekstrem, 8 Praktik Tradisi Ubah Bentuk Tubuh di Duniabritannica.com

Praktik mengubah bentuk tengkorak pernah dilakukan orang-orang Prancis di abad 19 dengan cara mengikat erat kepala bayi dan membiarkannya selama dua hingga empat bulan. Lebih dari itu, membentuk tengkorak juga sudah dilakukan bahkan sebelum masehi.

Baca Juga: Sayang Banget! 6 Situs Budaya Dunia yang Hancur Akibat Perang

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya