Comscore Tracker

Berbahaya, 10 Ras Anjing Ini Pernah Bunuh Manusia

Mereka butuh pelatihan yang tepat agar tak berbahaya

Siapa yang menyukai anjing sebagai hewan peliharaan? Wah pasti banyak ya.

Ya, anjing merupakan peliharaan favorit manusia, disamping kuncing karena hewan ini terkenal loyal, penyayang, ramah, dan akan melindungi pemiliknya apa pun yang terjadi.

Sebagian ras anjing bahkan sangat pintar hingga bisa membantu pekerjaan manusia.  Namun, ada beberapa jenis anjing yang memiliki sifat agresif. Jika tak dilatih dengan baik dan saksama, mereka bisa membahayakan atau bahkan membunuh manusia.

Berikut ini daftar anjing yang memiliki sfat agresif dan berbahaya jika tidak dipelihara dan ditangani dengan baik dan tepat.

10. Perro de Presa Canario

Berbahaya, 10 Ras Anjing Ini Pernah Bunuh Manusiawikimedia.org

Nama"Perro de Presa Canario" memiliki arti anjing penangkap dari Pulau Canary, Spanyol. Mereka sangat kuat dan lincah sehingga sering digunakan untuk menggembala ternak atau menangkap hewan lain. 

Perro de Presa Canario memiliki insting berburu yang kuat. Apalagi dulunya, anjing yang termasuk jenis Mastiff ini sering dieksploitasi untuk diadu. Itulah kenapa mereka menjadi agresif dan bisa melukai manusia jika tidak dilatih dengan baik. 

9. Wolf Hybrid

Berbahaya, 10 Ras Anjing Ini Pernah Bunuh Manusiathesprucepets.com

Ras yang satu ini dihasilkan dari persilangan antara anjing dan serigala abu-abu. Karena itu, Wolf Hybrid masih memiliki insting yang kuat, sulit diprediksi, protektif terhadap teritorinya, dan cukup agresif. 

Sebelum memeliharanya, kamu harus banyak melakukan riset terlebih dahulu. Sebab merawat Wolf Hybrid cukup menguras tenaga dan biaya. Apalagi, anjing ini dilarang dipelihara di beberapa negara loh.

8. American Bulldog

Berbahaya, 10 Ras Anjing Ini Pernah Bunuh Manusiapetplace.com

American Bulldog adalah salah satu anjing yang terkenal dengan sifatnya yang agresif. Mereka memiliki tubuh yang tak terlalu besar, namun sangat kuat dan bisa menyerang kapan saja. 

Akan tetapi, Bulldog yang dilatih dan dibiasakan bertemu manusia akan menjadi peliharaan yang loyal dan menyenangkan juga kok.

Jika kamu ingin memeliharanya, pastikan mereka telah dijinakkan terlebih dahulu untuk mencegah serangan yang tak diinginkan ya.

7. Boxer

Berbahaya, 10 Ras Anjing Ini Pernah Bunuh Manusiatimeincuk.net

Boxer tuh memiliki beberapa karakter yang membuat mereka menjadi anjing yang cocok untuk dipelihara keluarga, mulai dari suka bermain hingga memiliki sifat periang.

Namun, di sisi lain, Boxer harus menjalani masa pelatihan yang cukup lama untuk menjadi anjing keluarga karena ras anjing ini sebenarnya cukup keras kepala dan agresif.

Apalagi, gigitan Boxer sangatlah kuat dan cukup untuk membuat luka yang dalam. Untuk mengubahnya, kamu harus melatihnya dengan intensif. Jangan lakukan kekerasan agar mereka tidak berubah menjadi anjing yang berbahaya. 

6. Siberian Husky

Berbahaya, 10 Ras Anjing Ini Pernah Bunuh Manusiaa-z-animals.com

Haduh, kamu mungkin berkata," ah yang benar?" Ya, anjing ras ini juga banyak dipelihara keluarga, termasuk di Indonesia. Husky memang memiliki banyak penggemar karena bulu dan matanya yang indah.

Dulunya, Husky merupakan anjing pekerja dan penarik kereta. Bulunya yang tebal dan tampak seperti serigala juga menjadi daya tarik ras anjing yang satu ini. Namun jangan salah, Siberian Husky juga memiliki potensi untuk jadi berbahaya, lho. 

Dilansir World Dog Finder, Siberian Husky masih memiliki insting berburu yang kuat karena biasa tinggal di alam liar. Maka dari itu, jika baru saja dilatih, sebaiknya tetap berhati-hati di sekitar mereka. Jangan pernah tinggalkan hewan lain sendirian dengannya untuk mencegah penyerangan. 

Jika Siberian Husky telah melewati masa pelatihan yang cukup, mereka akan menjadi teman yang baik kok. Sebab anjing ini memiliki sifat penyayang, tenang, ramah, dan loyal pada pemiliknya. 

Baca Juga: 10 Ras Kucing yang Cocok Dipelihara Bersama Anjing, Akur!

5. Bullmastiff

Berbahaya, 10 Ras Anjing Ini Pernah Bunuh Manusiadoggiedesigner.com

Seperti namanya, Bullmastiff merupakan persilangan antara Bulldog dan Mastiff. Mereka kuat, agresif, dan memiliki tubuh yang kekar dengan otot-ototnya. Itulah kenapa Bullmastiff sering dijadikan anjing penjaga. Lagi-lagi, jika tak dilatih dengan baik, ras yang satu ini bisa membahayakan.

Dilansir Pet Comments, setidaknya 5 persen dari kasus serangan anjing di Amerika Serikat disebabkan oleh Bullmastiff. Untungnya, ras ini jarang ditemukan menyerang pemiliknya sendiri. Mereka biasa menjadi agresif ketika ada orang asing yang memasuki teritorinya. 

4. Doberman Pinscher

Berbahaya, 10 Ras Anjing Ini Pernah Bunuh Manusiapawster.com

Doberman Pinscher adalah anjing yang pintar, kuat, dan sangat mengintimidasi. Gak heran, jenis ini kerap dijadikan anjing pelacak.

Mereka juga cukup agresif terhadap orang-orang yang tak dikenalnya. Tubuhnya yang kuat dan sifatnya yang agresif membuat anjing bisa membunuh manusia. 

Walaupun begitu, Doberman Pinscher yang dilatih dengan baik akan menjadi anjing yang sangat loyal. Mereka akan melakukan apa pun untuk melindungi pemiliknya, termasuk untuk menyerang orang lain yang membahayakan. Itulah kenapa walaupun berbahaya, Doberman Pinscher sering menjadi hewan peliharaan. 

3. German Shepherd

Berbahaya, 10 Ras Anjing Ini Pernah Bunuh Manusiazooplus.ie

German Shepherd adalah anjing yang gagah dan bertubuh besar. Mereka sering kali dipelihara oleh polisi dan tentara bahkan sejak masa perang dunia. Terkadang German Shepherd juga dijadikan anjing pemandu untuk orang tuna netra. 

Walaupun cerdas, German Shepherd termasuk anjing yang berbahaya jika tidak dilatih. Mereka bisa menjadi agresif, terutama jika merasa terancam atau bertemu orang asing. Akan tetapi, jika kamu bisa melatihnya dengan baik, German Shepherd akan menjadi anjing yang loyal, jinak, dan bahkan mampu mengasuh anak kecil. 

2. Rottweiler

Berbahaya, 10 Ras Anjing Ini Pernah Bunuh Manusiapdsa.org.uk

Rottweiler biasa dipelihara oleh peternak domba untuk membantu menggiring atau menggembalakan hewan tersebut. Namun jika tidak dilatih dengan benar, anjing yang satu ini bisa menjadi agresif dan berbahaya. 

Alasan kenapa Rottweiler berbahaya adalah mereka secara natural memiliki temperamen yang buruk. Data American Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA) mengatakan bahwa 11 persen serangan anjing disebabkan oleh Rottweiler. Oleh karena itu, mereka harus dilatih, dibiasakan bersosialisasi, dan diperhatikan agar tidak membahayakan. 

1. Pit Bull Terrier

Berbahaya, 10 Ras Anjing Ini Pernah Bunuh Manusiawikimedia.org

Predikat ras anjing paling berbahaya di dunia dipegang oleh Pit Bull Terrier. Mereka sebenarnya tidak terlahir agresif, tetapi mayoritas Pit Bull dibesarkan untuk bertarung sejak zaman dahulu. Dikombinasikan dengan fisiknya yang sangat kuat, hal ini membuatnya menjadi berbahaya. 

Pit Bull adalah anjing yang memiliki rahang dan gigi terkuat di dunia. Sekali menggigit, akan sulit untuk melepaskan cengkeramannya. Selain itu, mereka juga akan mencabik-cabik korbannya dengan cara menggerak-gerakkan kepala ketika menggigit.

Maka dari itu, tidak heran jika Pit Bull adalah anjing yang paling sering melukai dan bahkan tercatat telah membunuh manusia. Data dari ASPCA mengatakan bahwa 64,8 persen serangan anjing disebabkan oleh Pit Bull. Ras ini harus dilatih dan diajarkan bersosialisasi agar agresivitasnya bisa diminimalkan. 

Baca Juga: 7 Ras Anjing Paling Nakal, Sulit Dilatih dan Gak Setia pada Majikan 

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya