5 Fakta RANS Nusantara FC, Klub Liga 1 Kebanggaan Cilegon

Klub kebanggaan warga Cilegon

Klub RANS Nusantara FC tampil impresif di awal musim Liga 1 2023/2024. Klub yang pernah nyaris bangkrut ini kini menunjukkan taringnya usai dakuisisi oleh artis terkenal Raffi Ahmad.

Mulanya klub Cilegon United berdiri pada 2015 dengan biaya pemerintah daerah setempat. Perlahan tapi pasti, Cilegon United mulai unjuk gigi hingga bisa tampil di Liga 2.

Cilegon United sempat kesulitan finansial hingga banyak sponsor kabur pada 2017. Hal ini terjadi usai kasus korupsi yang menyeret eks Wali Kota Cilegon, Iman Ariadi mengemuka.

Kini, Cilegon United perlahan mulai bangkit dari keterpurukan hingga sukses tampil di Liga 1 usai dibeli oleh Raffi Ahmad.

Simak fakta menarik dari RANS Nusantara FC kebanggaan warga Cilegon, yuk!

Baca Juga: 60 Persen Pemilih di Cilegon Adalah Anak Muda

1. Klub ini dibeli Raffi Ahmad

5 Fakta RANS Nusantara FC, Klub Liga 1 Kebanggaan Cilegon5 Fakta RANS Nusantara FC, Klub Liga 1 Kebanggaan Asal Cilegon (instagram.com/rans.nusantara)

Eks Presiden Cilegon United, Yudi Apriyanto terus memutar otaknya untuk bisa menyelamatkan klub yang ia rintis sejak awal. Akhirnya pada 31 Maret 2021, Yudi resmi menjual klubnya kepada Rans Entertainment dan Prestige Motorcars.

Rans Entertainment merupakan perusahaan milik Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Sementara Prestige Motorcars adalah dealer supercar asal Jakarta Utara. Usai dibeli Raffi, nama klub Cilegon United akhirnya berganti nama menjadi Rans Cilegon FC.

2. Rans Cilegon FC berganti nama

5 Fakta RANS Nusantara FC, Klub Liga 1 Kebanggaan Cilegon5 Fakta RANS Nusantara FC, Klub Liga 1 Kebanggaan Asal Cilegon (ligaindonesiabaru.com)

Setahun setelah dibeli oleh Sultan Andara, Rans Cilegon kembali berganti nama menjadi RANS Nusantara FC. Penggantian nama itu resmi dilakukan dalam Kongres Biasa PSSI 2022 di Bandung, Jawa Barat pada 30 Mei 2022.

Eks Direktur Operasional RANS Nusantara FC, Darius Sinathrya pernah mengatakan, alasan klubnya kembali mengganti nama lantaran ingin menggaet suporter dari Indonesia, tidak hanya lokal Cilegon saja.

3. RANS Nusantara FC tampil memukau di awal musim Liga 1 2023/2024

5 Fakta RANS Nusantara FC, Klub Liga 1 Kebanggaan Cilegon5 Fakta RANS Nusantara FC, Klub Liga 1 Kebanggaan Asal Cilegon (instagram.com/rans.nusantara)

RANS Nusantara FC tampil menjanjikan BRI Liga 1 2023/2024 hingga pekan ke-12. Tim besutan Eduardo Almeida itu masuk ke posisi ke-3 klasemen sementara dengan mengumpulkan 22 poin.

Memasuki akhir musim, performa The Prestige Phoenix justru menurun. RANS Nusantara FC terlempar dari posisi lima besar dan harus puas di posisi ketujuh klasemen sementara dengan raihan 32 poin. Pelatih RANS Nusantara FC, Eduardo Almeida mengklaim klubnya mengalami badai cedera sehingga membuat performa tim anjlok.

4. Para pemain asing di RANS Nusantara FC

5 Fakta RANS Nusantara FC, Klub Liga 1 Kebanggaan Cilegon5 Fakta RANS Nusantara FC, Klub Liga 1 Kebanggaan Asal Cilegon (instagram.com/rans.nusantara)

RANS Nusantara FC tercatat menjadi klub yang memiliki banyak pemain asing. Para pemain asing yang direkrut ini juga menampilkan permainan yang ciamik. Sebut saja Mitsuru Maruoka dan Tavinho Barros yang menjadi pencetak gol terbanyak di klubnya.

Selain itu, ada Angelo Maneses Evandro Brandao, dan Carneiro Kiko yang turut menyumbang gol. Lalu, ada juga Kenshiro Daniels yang baru debut setelah pulih dari cedera.

5. Beberapa kali pindah home base

5 Fakta RANS Nusantara FC, Klub Liga 1 Kebanggaan Cilegon5 Fakta RANS Nusantara FC, Klub Liga 1 'Mematikan' Asal Cilegon (instagram.com/rans.nusantara)

Sebelum dibeli Raffi, home base klub ini berada di Cilegon, Banten. Setelah di bawah bendera Rans Entertainment, markas klub ini sempat pindah ke Bekasi. 

Kini, RANS Nusantara FC berkandang di Stadion Maguwoharjo, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

RANS Nusantara FC pun menjadi salah satu klub yang banyak merombak pemain. Klub Raffi ini tercatat telah merekrut 21 pemain dan melepas sebanyak 22 pemain.

RANS Nusantara FC banyak merekrut pemain dari tim-tim besar di Indonesia hingga pemain asing mancanegara.

Baca Juga: 7 Potret Raffi Ahmad Berpose di Kantor Baru Rans

Nah, itulah beberapa fakta menarik dari RANS Nusantara FC yang kini dimiliki oleh Raffi Ahmad.

Anggun Tifani Photo Community Writer Anggun Tifani

Seorang ibu.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya