6 Fakta Banten International Stadium, Punya Rumput Standar FIFA

Telan dana hampir Rp1 triliun, stadion belum bisa digunakan

Tak hanya Jakarta yang memiliki stadion andalan, yakni Gelora Bung Karno (GBK), Banten juga memiliki stadion berstandar internasional, yakni Banten International Stadium (BIS).

Stadion yang berada di Kawasan Sport Center Kecamatan Curug, Kota Serang, Banten ini menjadi salah satu stadion sepakbola yang memiliki sejumlah fasilitas bertaraf internasional, bahkan digadang-gadang berstandar FIFA.

Meski demikian, stadion ini belum bisa digunakan untuk event berkelas, seperti Piala Dunia, sebab akses menuju lokasi masih belum memungkinkan dan dikawatirkan menyebabkan kemacetan.

Terlepas dari hal itu, masyarakat bisa memanfaatkan pusat olahraga ini untuk berolahraga setiap hari loh. Penasaran dengan kemewahan stadion di Banten? Yuk, kita simak ulasan lengkapnya di artikel ini!

1. Peresmian Mewah

6 Fakta Banten International Stadium, Punya Rumput Standar FIFA6 Fakta Banten International Stadium, Punya Rumput Standar FIFA (biroumum.bantenprov.go.id/)

Stadion mewah ini baru saja diresmikan pada Senin, 9 Mei 2022 malam oleh Gubernur Banten kala itu, Wahidin Halim. Peresmian stadion komplit pertama di Banten ini dihelat dengan sangat meriah hingga menelan anggaran peresmian mencapai Rp 2 miliar loh.

Ada banyak sekali rangkaian acara peresmian yang menarik dan meriah, mulai dari Fun Bike, pameran produk UMKM, sholawat santri hingga pertandingan persahabatan antara Banten All Star dengan Selebriti FC.

2. Anggaran Fantastis

6 Fakta Banten International Stadium, Punya Rumput Standar FIFA6 Fakta Banten International Stadium, Punya Rumput Standar FIFA (instagram.com/nusantaraunitedfc)

Pembangunan Banten International Stadium menelan anggaran yang fantastis, hampir Rp 1 triliun atau lebih tepatnya sebesar Rp 874 miliar, loh! Seluruh proses pembangunan dilakmukan oleh kontraktor PT Pembangunan Perumahan (PP).

3. Fasilitas Komplit

6 Fakta Banten International Stadium, Punya Rumput Standar FIFA6 Fakta Banten International Stadium, Punya Rumput Standar FIFA (instagram.com/stadion.banten)

Dengan anggaran super gemuk, fasilitas yang ditawarkan Banten International Stadium sangat lengkap. Punya luas 78.116 meter persegi, stadion yang terdiri dari enam lantai dan 18 gate pintu masuk ini dapat menampung 30.038 penonton. Stadion ini juga dilengkapi dengan tujuh lintasan atletik dan lima lintasan lari dengan standar IAF klas 2.

4. Stadion ini dilengkapi rumput impor, standar FIFA

6 Fakta Banten International Stadium, Punya Rumput Standar FIFA6 Fakta Banten International Stadium, Punya Rumput Standar FIFA (instagram.com/stadion.banten)

Banten International Stadium juga telah dilengkapi dengan rumput khusus yang didatangkan langsung dari Italia, yakni jenis Zoysia matrella. Sebagai informasi, rumput jenis Zoysia matrella ini merupakan jenis rumput standa r FIFA yang digunakan untuk lapangan sepakbola di luar negeri. Keren banget, ya!

5. Stadion penuh ornamen khas Banten

6 Fakta Banten International Stadium, Punya Rumput Standar FIFA6 Fakta Banten International Stadium, Punya Rumput Standar FIFA (instagram.com/stadion.banten)

Selain mewah, Banten International Stadium juga tak melepaskan unsur lokal. Hal ini terbukti dengan berbagai ornamen khas Banten yang tersebar di penjuru stadion. Ornamen khas yang digunakan berupa batik khas Banten dan hiasan berbentuk bambu yang mencerminkan budaya khas Suku Baduy.

Keren banget ya stadionnya! Mengingat dana yang dihabiskan untuk pembangunan stadion ini cukup banyak, kita doakan semoga stadion ini bisa dimanfaatkan dengan baik ya!

6. Sayangnya belum pernah digunakan

6 Fakta Banten International Stadium, Punya Rumput Standar FIFA6 Fakta Banten International Stadium, Punya Rumput Standar FIFA (instagram.com/stadionbanten)

Diketahui hingga kini, meskipun telah diresmikan dalam sebuah acara meriah, Banten International Stadium belum dapat dimanfaatkan sebagaimana seharusnya. Kendala utamanya adalah kurangnya akses jalan yang menuju ke stadion dan kekurangan pengelola berpengalaman.

Stadion tersebut masih belum dapat digunakan karena berpotensi menyebabkan kemacetan dan memiliki masalah dalam hal pemeliharaan. Ironisnya, Stadion Banten saat ini dianggap sebagai proyek pembangunan yang kurang berhasil dalam perencanaannya.

Penilaian ini muncul sebagai akibat dari tuntutan untuk mengevaluasi proyek pembangunan stadion berstandar internasional tersebut. Dengan adanya tuntutan ini, diharapkan Pemerintah Provinsi Banten dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Banten dapat lebih aktif dalam mendukung penggunaan stadion ini.

Baca Juga: Ada Cagar Alam yang Ditetapkan UNESCO, Ini 5 Fakta Unik Banten!

Anggun Tifani Photo Community Writer Anggun Tifani

Seorang ibu.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya