Comscore Tracker

Formula E di Jakarta Resmi Ditunda!

Jakarta jadi kota kedua yang menunda pelaksanaan Formula E

Jakarta, IDN Times - Penyelenggaraan Formula E Jakarta 2020 resmi ditunda setelah merebaknya virus corona. Keputusan penundaan itu tertuang dalam surat yang diteken Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

Keputusan penundaan itu diberikan melalui surat Nomor 117/-1.857.73. "Mencermati perkembangan COVID-19 di berbagai belahan dunia, khususnya di Jakarta, maka penyelenggaraan Formula E yang semula diselenggarakan Juni 2020 agar ditunda pelaksanaannya," tulis Anies dalam surat tersebut. 

1. Seharusnya digelar 6 Juni, begini rute Formula E Jakarta 2020

Formula E di Jakarta Resmi Ditunda!(IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Ajang balap mobil listrik Formula E di Jakarta seharusnya digelar pada 6 Juni 2020. Rencananya, lintasan balap itu akan berada di kawasan Monumen Nasional sepanjang 2,6 kilometer.

Rutenya mulai dari Gambir menuju Patung Arjuna Wiwaha, belok kanan ke Jalan Silang Monas Barat Daya, masuk ke kawasan Monas, belok kiri ke sisi barat, lalu putar balik, belok kiri ke sisi selatan, keluar kawasan Monas melalui Jalan Silang Monas Tenggara, lalu kembali ke Jalan Medan Merdeka Selatan.

Baca Juga: Alasan Formula E Tetap di Monas, Biar Terkenal Dunia Akhirat

2. Untuk penyelenggaraan Formula E Jakarta 2020, Pemprov DKI menggelontorkan duit yang tak sedikit

Formula E di Jakarta Resmi Ditunda!Ilustrasi rupiah (ANTARA FOTO)

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta menggelontorkan dana hingga Rp1,6 triliun untuk ajang balapan internasional itu. Uang tersebut digunakan untuk membayar berbagai hal, yakni:

1. commitment fee Rp360 miliar

2. Biaya penyelenggaraan Rp378 miliar

3. Asuransi Rp556 miliar

4. Sosialiasi Rp600 juta.

Sebagai penyelenggara, PT Jakarta Propertindo (JakPro) sendiri mengajukan angka Rp305,2 miliar. Untuk menjadi tuan rumah Formula E, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membutuhkan dana sebesar 20,79 juta pounds atau Rp360 miliar untuk dijadikan commitment fee.

3. Jakarta tak sendiri, Kota Roma di Italia juga menunda pelaksanaan Formula E setelah masifnya penyebaran virus corona di sana

Formula E di Jakarta Resmi Ditunda!twitter.com/fiaformulae

Jakarta bukan kota pertama yang menunda penyelenggaraan Formula E. Sebelumnya, Kota Roma, Italia, juga memutuskan menunda Formula E usai merebaknya virus corona. Seharusnya ajang balap Formula E berlangsung di sana pada berlangsung pada 4 April 2020

"Sebagai konsekuensi dari darurat kesehatan di Italia, tidak mungkin lagi menggelar E-Prix Roma pada 4 April," tulis Formula E dalam situs resminya.

Baca Juga: Virus Corona Hantui Indonesia, Persiapan Formula E Jalan Terus 

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya