Rizki Sabet Emas di Olimpiade, Sang Ayah: Tetap Membumi

Rizki tercatat sebagai lifter pertama yang sumbang emas

Serang, IDN Times - Lifter muda asal Kota Serang, Rizki Juniansyah berhasil menyumbang medali emas di Olimpiade Paris 2024. Orangtua pun meminta Rizki tetap membumi.  

Ayah Rizki, Mohamad Yasin mengucapkan syukur atas pencapaian putranya tersebut, terlebih ini merupakan debutan Rizki di ajang Olimpiade cabang olah raga (cabor) angkat besi.

"Rizki jangan sombong harus tetap membumi. Rizki adalah orang pertama yang berhasil mendapatkan mendali emas di angkat besi. Ini sejarah, Ki," kata Yasin, Jumat (9/8/2024).

Baca Juga: Rizki Juniansyah Raih Emas, Angkat Besi Pecah Telur di Olimpiade

Baca Juga: Cerita Rizki Juniansyah, Lifter Banten yang Cetak Rekor Dunia

1. Ini menjadi medali emas pertama cabang angkat besi bagi Indonesia di perhelatan Olimpiade

Rizki Sabet Emas di Olimpiade, Sang Ayah: Tetap MembumiAtlet angkat besi Indonesia, Rizki Juniansyah meraih medali emas dari Olimpiade 2024 Paris (dok.NOC Indonesia/Naif Muhammad Al’as/Canon Indonesia)

Turun di nomor 73 kg, lifter berusia 21 tahun ini mampu menggondol medali emas usai tampil perkasa di South Paris Arena 6, Prancis, Jumat (9/8/2024) dini hari WIB.

Rizki berhasil melakukan total angkatan 354kg, dengan rincian 155 kg snatch dan 199 kg clean & jerk. Jumlah tersebut tak bisa dikejar para pesaingnya.

Ini merupakan medali emas pertama di cabang angkat besi setelah sebelumnya selalu pulang dengan membawa medali perak dan perunggu.

Pemegang rekor dunia dengan angkatan 164 kg (snatch) dan 201 (clean and jerk) pada IWF World Cup 2024 tersebut sekaligus mencatatkan rekor baru Olimpiade yang sebelumnya dipegang oleh atlet China Shi Zhiyong dengan angkatan 198 kg di Olimpiade Tokyo 2020.

3. Keluarga ucapkan terima kasih kepada rakyat Indonesia karena sudah mendukung Rizki

Rizki Sabet Emas di Olimpiade, Sang Ayah: Tetap MembumiAtlet angkat besi Indonesia, Rizki Juniansyah meraih medali emas dari Olimpiade 2024 Paris (dok.NOC Indonesia/Naif Muhammad Al’as/Canon Indonesia)

Mohamad Yasin turut menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh masyarakat Indonesia yang telah memberikan dukungan dan doanya kepada sang putra kala bertanding di ajang Olimpiade 2024.

"Ini adalah anugerah, dan ini medali ini juga di persembahkan untuk ulang tahun Indonesia," katanya.

Baca Juga: Sambut HUT Kota Serang, Bapenda Berlakukan Penghapusan Denda Pajak

Khairil Anwar Photo Community Writer Khairil Anwar

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya