Comscore Tracker

Tutup Usia di 60 Tahun, Ini 7 Fakta Diego Maradona si "Tangan Tuhan"

Selain karier gemilang, Maradona punya sisi buruk

Jakarta, IDN Times - Di dunia sepak bola, nama Diego Maradona adalah legenda. Namanya menggaung, gak hanya di Argentina, namun hingga dunia.

Maradona diberitakan meninggal dunia pada Rabu (25/11/2020) malam waktu Indonesia. Dilansir Goal International, Maradona meninggal karena terkena serangan jantung.

Pada awal November, Maradona memang pernah dirawat secara intensif di Rumah Sakit La Plata. Ia didiagnosa terkena pembekuan darah di otak dan harus menjalani operasi. Memang, operasi itu berjalan sukses dan Maradona sempat keluar dari rumah sakit.

Namun, pada Rabu (25/11) pagi waktu Argentina, Maradona dikabarkan terkena serangan jantung mendadak. Kali ini, ia tidak tertolong. Ia meninggal dunia pada usia 60 tahun, dengan status sebagai salah satu legenda sepak bola dunia.

Berikut adalah fakta-fakta menarik tentang Diego Maradona, atlet yang penuh prestasi sekaligus kontroversi.

1. Maradona, si 'Tangan Tuhan'

Tutup Usia di 60 Tahun, Ini 7 Fakta Diego Maradona si Tangan TuhanDiego Maradona saat tampil bersama Argentina di Piala Dunia 1986. (fifa.com).

Kamu pasti tahu dong mengapa dia mendapat julukan "Tangan Tuhan." Jika kamu belum tahu, julukan ini sendiri berawal dari sebuah peristiwa yang terjadi pada babak perempat final Piala Dunia 1986 di Meksiko.

Ketika itu, Timnas Argentina sedang bertanding menghadapi Timnas Inggris. Dalam sebuah situasi duel udara, Maradona tertangkap oleh kamera menggunakan tangan untuk membobol gawang Inggris yang kala itu dikawal Peter Shilton.

Semua pemain Inggris protes kala itu, namun gol tetap disahkan. Beberapa lama setelah kejadian itu, dalam sebuah wawancara, Maradona menyebut bahwa golnya ke gawang Inggris merupakan buah dari tangan Tuhan. Sejak saat itulah, julukan 'Tangan Tuhan' melekat pada dirinya.

2. Maradona mampu lewati lima pemain Inggis dan membobol gawang dengan gol dribel yang menawan

Tutup Usia di 60 Tahun, Ini 7 Fakta Diego Maradona si Tangan Tuhanfifa.com

Momen lain di laga yang sama adalah, Maradona lalu membobol gawang Inggris dengan cara yang luar biasa. Menerima bola dari area pertahanan sendiri, ia menembus pertahanan Inggris dengan dribelnya yang menawan.

Total, Maradona melewati lima pemain Inggris, plus Peter Shilton selaku kiper, sebelum akhirnya membobol gawang Inggris dengan kaki kirinya. Ada yang menyebut, Maradona melakukan gerakan balet dalam dribelnya itu, namanya grand jete.

https://www.youtube.com/embed/Da_CDPRG2j0

3. Maradona dan Barcelona

Tutup Usia di 60 Tahun, Ini 7 Fakta Diego Maradona si Tangan TuhanDiego Maradona. (IDN Times/Herka Yanis).

Setelah bermain untuk Argentinos Juniors dan Boca Juniors, Maradona akhirnya memutuskan untuk hijrah ke Eropa. Barcelona jadi klub pertama yang dibela saat itu.

Banyak gelar yang dipersembahkan Maradona untuk Barcelona. Gelar-gelar tersebut adalah Copa del Rey, Copa de la Liga, dan Supercopa de Espana.

Namun, pada 1984, manajemen Barcelona memutuskan untuk menjualnya, karena tidak tahan dengan sikapnya yang gampang terpancing emosi. Ia juga bermasalah dengan manajemen.

Selain itu, Maradona juga sulit mengeluarkan kemampuan terbaiknya akibat menerima tekel dari tukang jagal asal Athletic Bilbao, Andoni Goikoetxea, pada September 1983.

4. Membawa Argentina juara dunia di level senior dan junior

Tutup Usia di 60 Tahun, Ini 7 Fakta Diego Maradona si Tangan TuhanInstagram.com/_marad10s

Lionel Messi pernah membawa Argentina menjadi juara dunia di level junior. Namun, Maradona sanggup melakukan hal yang lebih. Ia mampu membawa Argentina juara dunia di level junior sekaligus senior.

Pada 1970, ia membawa Argentina menjuarai FIFA World Youth (kini Piala Dunia U-20). Kemudian, pada 1986, selepas kejadian kontroversial lawan Inggris, Maradona membawa Argentina keluar sebagai juara Piala Dunia di Meksiko.

Belum lagi, ia juga membawa Timnas Argentina dua kali ke final Piala Dunia, yakni 1986 dan 1990. Alhasil, capaiannya ini membuat Maradona begitu dielu-elukan publik Argentina.

5. Pernah menjadi pelatih Timnas Argentina

Tutup Usia di 60 Tahun, Ini 7 Fakta Diego Maradona si Tangan Tuhanwikipedia

Maradona juga pernah menjadi pelatih Timnas Argentina sejak 2008 hingga 2010. Ia memimpin skuat Argentina maju ke Piala Dunia 2010 dengan sebuah pendekatan yang unik: menjadikan Messi seorang gelandang serang.

Ia membawa Argentina melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2010. Sayang, di babak tersebut, mereka harus tumbang di tangan Jerman dengan skor 4-0. Maradona sendiri mundur dari kursi pelatih Timnas tidak lama setelah itu.

Baca Juga: Diego Maradona Meninggal Dunia, Ini yang Jadi Penyebabnya

6. Maradona kecanduan kokain, obat-obatan, hingga alkohol

Tutup Usia di 60 Tahun, Ini 7 Fakta Diego Maradona si Tangan TuhanDiego Maradona. (IDN Times/Herka Yanis).

Terlepas dari kemampuan sepak bolanya yang menawan, Maradona punya sisi buruk. Ia kecanduan kokain dan mulai memakai barang haram tersebut sejak membela Barcelona pada 1983. Saat pindah ke Napoli, kecanduannya ini makin menjadi.

Selain kokain, Maradona juga kecanduan obat-obatan dan alkohol. Alhasil, ia sempat mengalami obesitas dan harus menjalani operasi gastris pada 2005. Ia banyak mengalami masalah kesehatan di hari-hari selepas menjadi pemain.

7. Dugaan menggelapkan pajak juga menodai nama Maradona

Tutup Usia di 60 Tahun, Ini 7 Fakta Diego Maradona si Tangan Tuhanusatoday.com

Maradona pernah menjadi buronan pemerintah Italia. Ia dituduh menggelapkan pajak semasa bermain untuk Napoli. Pemerintah sendiri mengaku punya bukti hutang Maradona yang disinyalir mencapai 38 juta euro (sekitar Rp455,2 miliar).

Namun, Maradona membantah itu semua. Ia mengaku selalu membayar pajak selama jadi pemain. Apalagi, Italia dianggap tempat spesial di hati Diego Maradona. Ia bahkan sampai berdonasi saat masa-masa awal Italia diserang pandemik COVID-19.

Baca Juga: [BREAKING] Legenda Sepak Bola Diego Maradona Meninggal Dunia

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya