8 Fakta Menarik Tentang Diego Maradona

Maradona punya sisi baik dan buruk dalam hidupnya

Jakarta, IDN Times - Diego Maradona adalah legenda sepak bola. Tidak cuma di Argentina, namanya harum hingga seluruh dunia berkat kemampuan olah bolanya yang mumpuni. Alhasil, saat ia meninggal, dunia turut berduka.

Maradona diberitakan meninggal dunia pada Rabu (25/11/2020) malam waktu Indonesia. Dilansir Goal International, Maradona meninggal karena terkena serangan jantung.

Pada awal November, Maradona memang pernah dirawat secara intensif di Rumah Sakit La Plata. Ia didiagnosa terkena pembekuan darah di otak dan harus menjalani operasi. Memang, operasi itu berjalan sukses dan Maradona sempat keluar dari rumah sakit.

Namun, pada Rabu (25/11) pagi waktu Argentina, Maradona dikabarkan terkena serangan jantung mendadak. Kali ini, ia tidak tertolong. Ia meninggal dunia pada usia 60 tahun, dengan status sebagai salah satu legenda sepak bola dunia.

Berikut adalah fakta-fakta menarik tentang Diego Maradona, atlet yang penuh prestasi sekaligus kontroversi.

1. Terkenal dengan julukan 'Tangan Tuhan'

8 Fakta Menarik Tentang Diego MaradonaDiego Maradona saat tampil bersama Argentina di Piala Dunia 1986. (fifa.com).

Maradona lekat dengan julukan "Tangan Tuhan." Julukan ini sendiri berawal dari sebuah peristiwa yang terjadi pada babak perempat final Piala Dunia 1986 di Meksiko.

Ketika itu, Timnas Argentina sedang bertanding menghadapi Timnas Inggris. Dalam sebuah situasi duel udara, Maradona tertangkap oleh kamera menggunakan tangan untuk membobol gawang Inggris yang kala itu dikawal Peter Shilton.

Semua pemain Inggris protes kala itu, namun gol tetap disahkan. Beberapa lama setelah kejadian itu, dalam sebuah wawancara, Maradona menyebut bahwa golnya ke gawang Inggris merupakan buah dari tangan Tuhan. Sejak saat itulah, julukan 'Tangan Tuhan' melekat pada dirinya.

2. Gol dribel indah ke gawang Inggris

8 Fakta Menarik Tentang Diego Maradonafifa.com

Masih dalam laga yang sama, usai mempertontonkan aksi tangan Tuhan, Maradona lalu membobol gawang Inggris dengan cara yang luar biasa. Menerima bola dari area pertahanan sendiri, ia menembus pertahanan Inggris dengan dribelnya yang menawan.

Total, Maradona melewati lima pemain Inggris, plus Peter Shilton selaku kiper, sebelum akhirnya membobol gawang Inggris dengan kaki kirinya. Ada yang menyebut, Maradona melakukan gerakan balet dalam dribelnya itu, namanya grand jete.

https://www.youtube.com/embed/Da_CDPRG2j0

3. Barcelona klub pertama Maradona di Eropa

8 Fakta Menarik Tentang Diego MaradonaDiego Maradona. (IDN Times/Herka Yanis).

Setelah bermain untuk Argentinos Juniors dan Boca Juniors, Maradona akhirnya memutuskan untuk hijrah ke Eropa. Barcelona jadi klub pertama yang dibela saat itu.

Banyak gelar yang dipersembahkan Maradona untuk Barcelona. Gelar-gelar tersebut adalah Copa del Rey, Copa de la Liga, dan Supercopa de Espana.

Namun, pada 1984, manajemen Barcelona memutuskan untuk menjualnya, karena tidak tahan dengan sikapnya yang gampang terpancing emosi. Ia juga bermasalah dengan manajemen.

Selain itu, Maradona juga sulit mengeluarkan kemampuan terbaiknya akibat menerima tekel dari tukang jagal asal Athletic Bilbao, Andoni Goikoetxea, pada September 1983.

4. Maradona berjaya di Napoli

8 Fakta Menarik Tentang Diego Maradonainstagram.com/nostalgia_sscnapoli/

Usai pengalaman buruknya bersama Barcelona, Maradona akhirnya hijrah ke Napoli pada 1984. Bak takdir, pertemuan keduanya menghasilkan sebuah hubungan serasi. Karier Maradona meningkat, performa Napoli melonjak.

Puncaknya, Maradona mengantarkan Napoli kepada gelar Serie A pertama mereka di musim 1986/1987. Gelar ini terasa spesial, mengingat kala itu sulit sekali tim dari Italia Selatan bersaing dengan tim Italia Utara macam Inter dan AC Milan, serta Juventus.

Gelar-gelar lain juga sukses dipersembahkan Maradona buat Napoli, seperti gelar Serie A kedua di musim 1989/1990, Coppa Italia di musim 1986/87, UEFA Cup di musim 1988/1989, serta Supercoppa Italiana di tahun 1990.

Hasilnya, hingga kini, Maradona masih dianggap sosok Tuhan di Naples, kota tempat Napoli bernaung.

5. Membawa Argentina juara dunia di level senior dan junior

8 Fakta Menarik Tentang Diego MaradonaInstagram.com/_marad10s

Lionel Messi pernah membawa Argentina menjadi juara dunia di level junior. Namun, Maradona sanggup melakukan hal yang lebih. Ia mampu membawa Argentina juara dunia di level junior sekaligus senior.

Pada 1970, ia membawa Argentina menjuarai FIFA World Youth (kini Piala Dunia U-20). Kemudian, pada 1986, selepas kejadian kontroversial lawan Inggris, Maradona membawa Argentina keluar sebagai juara Piala Dunia di Meksiko.

Belum lagi, ia juga membawa Timnas Argentina dua kali ke final Piala Dunia, yakni 1986 dan 1990. Alhasil, capaiannya ini membuat Maradona begitu dielu-elukan publik Argentina.

6. Pernah menjadi pelatih Timnas Argentina

8 Fakta Menarik Tentang Diego Maradonawikipedia

Maradona juga pernah menjadi pelatih Timnas Argentina sejak 2008 hingga 2010. Ia memimpin skuat Argentina maju ke Piala Dunia 2010 dengan sebuah pendekatan yang unik: menjadikan Messi seorang gelandang serang.

Ia membawa Argentina melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2010. Sayang, di babak tersebut, mereka harus tumbang di tangan Jerman dengan skor 4-0. Maradona sendiri mundur dari kursi pelatih Timnas tidak lama setelah itu.

Baca Juga: Diego Maradona Meninggal Dunia, Ini yang Jadi Penyebabnya

7. Kecanduan kokain, obat-obatan, dan alkohol

8 Fakta Menarik Tentang Diego MaradonaDiego Maradona. (IDN Times/Herka Yanis).

Maradona punya kebiasaan buruk, terlepas dari kemampuan sepak bolanya yang menawan. Ia kecanduan kokain dan mulai memakai barang haram tersebut sejak membela Barcelona pada 1983. Saat pindah ke Napoli, kecanduannya ini makin menjadi.

Selain kokain, Maradona juga kecanduan obat-obatan dan alkohol. Alhasil, ia sempat mengalami obesitas dan harus menjalani operasi gastris pada 2005. Ia banyak mengalami masalah kesehatan di hari-hari selepas  menjadi pemain.

8. Dituduh menggelapkan pajak oleh pemerintah Italia

8 Fakta Menarik Tentang Diego Maradonausatoday.com

Maradona pernah menjadi buronan pemerintah Italia. Ia dituduh menggelapkan pajak semasa bermain untuk Napoli. Pemerintah sendiri mengaku punya bukti hutang Maradona yang disinyalir mencapai 38 juta euro (sekitar Rp455,2 miliar).

Namun, Maradona membantah itu semua. Ia mengaku selalu membayar pajak selama jadi pemain. Apalagi, Italia dianggap tempat spesial di hati Diego Maradona. Ia bahkan sampai berdonasi saat masa-masa awal Italia diserang pandemik COVID-19.

Baca Juga: [BREAKING] Legenda Sepak Bola Diego Maradona Meninggal Dunia

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya