Gubernur: Rans Cilegon FC Jadi Pengelola Banten International Stadium

BIS bakal jadi markas Rans FC saat arungi Liga 1

Serang, IDN Times - Gubernur Banten Wahidin Halim menunjuk Rans Cilegon FC sebagai pengelola Banten International Stadium (BIS). Stadion bertaraf internasional pertama di Banten itu akan menjadi home base Rans Cilegon FC saat mengarungi Liga 1 Indonesia.

"Yang kita pilih Rans. Dia punya fasilitas modal punya macem- macem. Dipastikan, tapi masih nunggu beauty contest," kata Wahidin, Rabu (30/3/2022).

Baca Juga: Potret Megahnya Banten International Stadium 

1. Rans juga akan ditunjuk mengelola mal dan hotel

Gubernur: Rans Cilegon FC Jadi Pengelola Banten International Stadiumpotret Raffi Ahmad (Instagram.com/raffinagita1717)

Selain itu Wahidin menyebut managemen klub sepekbola milik artis Raffi Ahmad itu pun akan ditunjuk menjadi pengelola mall dan hotel yang juga dibangun di area Kawasan Sport Center, Curug, Kota Serang.

"Ditambah dia juga yang nangani mal sama hotel," tutur mantan Wali Kota Tangerang tersebut.

2. BIS akan diresmikan 9 April mendatang

Gubernur: Rans Cilegon FC Jadi Pengelola Banten International StadiumIlustrasi Stadion di Tengah Pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/Fauzan)

Wahidin menuturkan, BIS dibangun dengan standar kelas dunia. Rumput lapangan sepak bolanya sendiri menggunakan jenis Zoysia matrella yang diimpor langsung dari Italia. Ini merupakan jenis rumput lapangan sepak bola yang menjadi standar federasi sepak bola dunia, Fédération Internationale de Football Association (FIFA).

Dia juga menyebut, stadion bertaraf internasional itu segera diresmikan pada bulan Ramadan nanti atau tepatnya pada 9 April 2022. "Tanggal 9 (April 2022) kita resmikan, Insya Allah," katanya.

3. Pembangunan BIS menghabiskan anggaran Rp874 miliar

Gubernur: Rans Cilegon FC Jadi Pengelola Banten International StadiumGubernur Banten Wahidin Halim saat meninjau stadion bertaraf internasional yang terletak di Kawasan Sport Center Provinsi Banten, Kelurahan Kemanisan, Kecamatan Curug, Kota Serang pada Kamis, (8/7/2021). (Dok. Pemprov Banten)

Untuk diketahui, Pembangunan Banten International Stadium sendiri memiliki nilai kontrak Rp874 miliar.

Fasilitas itu berdiri di atas lahan seluas 60 hektare (ha) dan memiliki luas bangunan 78.116 meter persegi (m2) dengan bangunan terdiri dari 5 lantai. Stadion ini memiliki kapasitas untuk bisa menampung penonton hingga 40 ribu orang.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya