Comscore Tracker

Persita Tangerang Putuskan Pakai Pemain Lokal di Piala Menpora

Ada dua tim lainnya yang juga memutuskan hal sama

Jakarta, IDN Times - Piala Menpora 2021 tinggal menghitung hari. Salah satu tim asal Banten yang ikut bertarung di Piala Menpora 2021 adalah Persita Tangerang. 

Ajang sepak bola ini akan dimulai pada 21 Maret mendatang di Stadion Manahan, Solo, yang juga jadi salah satu venue fase grup Piala Menpora.

Beberapa tim sudah mempersiapkan diri jelang turnamen pramusim ini, mulai dari menggelar latihan hingga merekrut pemain. Apiknya, ada beberapa tim yang menerapkan terobosan unik di ajang Piala Menpora ini: tidak menggunakan pemain asing.

Jadi, ada beberapa tim yang memutuskan untuk menggunakan pemain lokal secara menyeluruh di tim.

1. Persita Tangerang

Persita Tangerang Putuskan Pakai Pemain Lokal di Piala MenporaPesepak bola Persita Tangerang Edo Febriansyah (kanan) dibayangi pesepak bola PSM Makasar Asnawi Mangkualam (kiri) menggiring bola pada pertandingan putaran pertama Shopee Liga 1 2020 di Stadion Sport Centre Kelapa Dua, Tangerang, Banten, Jumat (6/3/2020). (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Ya, Persita Tangerang memutuskan untuk total menggunakan talenta lokal, termasuk pemain-pemain dari tim U-20 Persita.

"Ya betul kita untuk Piala Menpora ini kita pakai pemain lokal yang bertahan di Persita, dan ada beberapa pemain binaan kami di usia 20 yang kami bawa untuk Piala Menpora, semua lokal," ujar Manajer Persita, I Nyoman Suryanthara saat dihubungi IDN Times, akhir pekan lalu. 

Nyoman menyebut, Persita urung memakai jas apemain asing karena kondisi pandemik COVID-19 di Indonesia. Rumitnya administrasi bagi pemain asing untuk datang ke Indonesia ini membuat mereka memutuskan untuk menggunakan jasa pemain lokal.

"Jadi, pemain asing buat Liga 1 saja, nanti kalau sudah berjalan, baru kita pakai asing. Untuk turnamen ini kita fokuslah untuk pemain lokal ya, sembari memberikan kesempatan buat para pemain muda juga untuk berkompetisi di level atas," ungkap Nyoman.

2. Persebaya Surabaya

Persita Tangerang Putuskan Pakai Pemain Lokal di Piala MenporaUston Nawawi dan Bejo Sugiantoro mendampingi Aji Santoso (tengah) dalam sesi Persebaya di Stadion Gelora Delta Sidoarjo pada Senin (4/11) sore. Dok. Istimewa (Persebaya.id)

Tim kedua adalah Persebaya Surabaya. Tim ini bakal mengandalkan kemampuan dari para pemain lokal, termasuk para penggawa Timnas U-22 .

Menurut pelatih Persebaya, Aji Santoso, ia ingin memberikan kesempatan lebih banyak kepada para pemain muda lokal di ajang Piala Menpora ini. Dengan begitu, para pemain muda ini nantinya akan siap ketika harus tampil di kompetisi.

"Paling tidak dengan pemain muda bisa berbuat banyak. Dan yang lebih penting lagi saya akan memberi kesempatan jam terbang kepada pemain muda agar siap untuk kompetisi nanti," ujar Aji.

Beberapa pemain muda macam Koko Ari, Zulfikar Akhmad, Kemaludin, Hambali Tholib, dan Rachmat Irianto masih akan berseragam Persebaya di Piala Menpora 2021 nanti, Belum lagi muncul nama baru macam Akbar Firmansah dan Diky Kurniawan.

"Para pemain muda potensial. Menejemen melakukan hal bagus memberi kontrak lebih lama ke mereka. Tentu ada pride atau kebanggaan sebagai pemain asli Surabaya. Ini bagus," ungkap Aji.

Baca Juga: Satria Tama, Si Anak Hilang Pulang ke Persebaya

3. Persik Kediri

Persita Tangerang Putuskan Pakai Pemain Lokal di Piala MenporaPemain Persik Kediri, IDN Times/ istimewa

Terakhir, ada nama Persik Kediri yang juga memutuskan untuk tidak menggunakan jasa pemain asing. Mereka, sama seperti Persebaya dan Persita, lebih memilih untuk menggunakan jasa pemain lokal di ajang Piala Menpora 2021 ini.

Manajemen Persik beralasan, pada kompetisi Liga 1 2021 nanti, tim akan bertumpu pada pemain lokal. Alhasil, Piala Menpora 2021 jadi momen yang pas untuk menggembleng mental dari para pemain lokal ini.

Tidak cuma itu, merujuk pada waktu, menggunakan pemain lokal saat ini lebih efektif dibandingkan mendatangkan pemain asing, Apalagi, mayoritas pemain berdomisili di Kediri serta tinggal tidak jauh dari Kediri.

Baca Juga: Kemenpora: Atlet Terima Vaksin COVID-19 Pekan Ini 

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya