Tim-tim yang Memutuskan Pakai Pemain Lokal di Piala Menpora

Saat ini, pemain lokal lebih realistis

Jakarta, IDN Times - Piala Menpora 2021 tinggal menghitung hari. Pada tanggal 21 Maret, pihak penyelenggara merencanakan akan menggelar sepak mula di Stadion Manahan, Solo, yang juga jadi salah satu venue fase grup Piala Menpora.

Beberapa tim sudah mempersiapkan diri jelang turnamen pramusim ini, mulai dari menggelar latihan hingga merekrut pemain. Apiknya, ada beberapa tim yang menerapkan terobosan unik di ajang Piala Menpora ini: tidak menggunakan pemain asing.

Jadi, ada beberapa tim yang memutuskan untuk menggunakan pemain lokal secara menyeluruh di tim. Siapa sajakah tim-tim tersebut?

1. Persebaya Surabaya

Tim-tim yang Memutuskan Pakai Pemain Lokal di Piala MenporaUston Nawawi dan Bejo Sugiantoro mendampingi Aji Santoso (tengah) dalam sesi Persebaya di Stadion Gelora Delta Sidoarjo pada Senin (4/11) sore. Dok. Istimewa (Persebaya.id)

Persebaya Surabaya jadi salah satu peserta Piala Menpora yang dipastikan tidak akan menggunakan pemain asing. Mereka akan mengandalkan kemampuan dari para pemain lokal, termasuk para penggawa Timnas U-22 .

Menurut pelatih Persebaya, Aji Santoso, ia ingin memberikan kesempatan lebih banyak kepada para pemain muda lokal di ajang Piala Menpora ini. Dengan begitu, para pemain muda ini nantinya akan siap ketika harus tampil di kompetisi.

"Paling tidak dengan pemain muda bisa berbuat banyak. Dan yang lebih penting lagi saya akan memberi kesempatan jam terbang kepada pemain muda agar siap untuk kompetisi nanti," ujar Aji.

Beberapa pemain muda macam Koko Ari, Zulfikar Akhmad, Kemaludin, Hambali Tholib, dan Rachmat Irianto masih akan berseragam Persebaya di Piala Menpora 2021 nanti, Belum lagi muncul nama baru macam Akbar Firmansah dan Diky Kurniawan.

"Para pemain muda potensial. Menejemen melakukan hal bagus memberi kontrak lebih lama ke mereka. Tentu ada pride atau kebanggaan sebagai pemain asli Surabaya. Ini bagus," ungkap Aji.

Baca Juga: Satria Tama, Si Anak Hilang Pulang ke Persebaya

2. Persita Tangerang

Tim-tim yang Memutuskan Pakai Pemain Lokal di Piala MenporaPesepak bola Persita Tangerang Edo Febriansyah (kanan) dibayangi pesepak bola PSM Makasar Asnawi Mangkualam (kiri) menggiring bola pada pertandingan putaran pertama Shopee Liga 1 2020 di Stadion Sport Centre Kelapa Dua, Tangerang, Banten, Jumat (6/3/2020). (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Sama seperti Persebaya, Persita juga memutuskan untuk tidak menggunakan pemain asing di ajang Piala Menpora 2021 ini. Mereka lebih memilih untuk menggunakan talenta lokal, termasuk pemain-pemain dari tim U-20 Persita.

"Ya betul kita untuk Piala Menpora ini kita pakai pemain lokal yang bertahan di Persita, dan ada beberapa pemain binaan kami di usia 20 yang kami bawa untuk Piala Menpora, semua lokal," ujar Manajer Persita, I Nyoman Suryanthara saat dihubungi IDN Times, Jumat (12/3/2021).

Nyoman menyebut, Persita urung memakai jas apemain asing karena kondisi pandemik COVID-19 di Indonesia. Rumitnya administrasi bagi pemain asing untuk datang ke Indonesia ini membuat mereka memutuskan untuk menggunakan jasa pemain lokal.

"Jadi, pemain asing buat Liga 1 saja, nanti kalau sudah berjalan, baru kita pakai asing. Untuk turnamen ini kita fokuslah untuk pemain lokal ya, sembari memberikan kesempatan buat para pemain muda juga untuk berkompetisi di level atas," ungkap Nyoman.

3. Persik Kediri

Tim-tim yang Memutuskan Pakai Pemain Lokal di Piala MenporaPemain Persik Kediri, IDN Times/ istimewa

Terakhir, ada nama Persik Kediri yang juga memutuskan untuk tidak menggunakan jasa pemain asing. Mereka, sama seperti Persebaya dan Persita, lebih memilih untuk menggunakan jasa pemain lokal di ajang Piala Menpora 2021 ini.

Manajemen Persik beralasan, pada kompetisi Liga 1 2021 nanti, tim akan bertumpu pada pemain lokal. Alhasil, Piala Menpora 2021 jadi momen yang pas untuk menggembleng mental dari para pemain lokal ini.

Tidak cuma itu, merujuk pada waktu, menggunakan pemain lokal saat ini lebih efektif dibandingkan mendatangkan pemain asing, Apalagi, mayoritas pemain berdomisili di Kediri serta tinggal tidak jauh dari Kediri.

Berikut adalah tiga tim yang sudah memastikan diri akan memakai pemain lokal di Piala Menpora 2021. Akankah mereka mampu bersaing nantinya?

Baca Juga: Kemenpora: Atlet Terima Vaksin COVID-19 Pekan Ini 

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya