Comscore Tracker

Mengenal Black Box, Kotak Kecil Perekam Cerita Lengkap Pesawat

Benda yang penting dicari saat kecelakaan pesawat terjadi

Kecelakaan pesawat kembali terjadi pada Sabtu 9 Januari 2021. Pesawat Sriwijaya Air SJY 182 jatuh di perairan Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Selain korban dan serpihan pesawat, tim gabungan Badan SAR Nasional (Basarnas) juga mencari satu benda penting: black box atau kotak hitam.  

Hingga hari ketiga, Senin malam (11/1/2021), black box Sriwijaya Air itu belum ditemukan. 

Black box memang memiliki peran sangat penting bagi investigator yang mengusut penyebab kecelakaan pesawat. Mengapa? Alat ini diciptakan memang untuk merekam seluruh kegiatan di dalam pesawat yang mana data-datanya merupakan suara-suara yang terjadi di dalam pesawat.

Yuk kita mengenal secara umum, black box dan bagaimana cara kerjanya

Baca Juga: Cerita Warga Dengar Gemuruh Aneh Saat Pesawat Sriwijaya Air Jatuh

1. Ada dua tipe black box di dalam pesawat

Mengenal Black Box, Kotak Kecil Perekam Cerita Lengkap Pesawataviationcv.com

Terdiri dari flight data recorder (FDR) dan cockpit voice recorder (CVR), black box sebetulnya berwarna oranye. Bagian FDR berfungsi merekam berbagai data yang berhubungan operasi penerbangan.

Secara regulasi, FDR harus bisa merekam waktu, ketinggian, kecepatan, arah, dan kondisi pesawat. Status yang terekam mampu memberikan informasi hingga 1.000 karakteristik pesawat yang dapat membantu investigasi.

Sementara CVR merekam suara apapun yang berada di kokpit. Alat ini merekam suara percakapan dua pilot, suara mesin, peringatan, dan berbagai bunyi klik lainnya.

Dari sini, parameter seperti kecepatan pesawat, kegagalan sistem hingga waktu dapat ditentukan.

2. Microphones yang berjumlah empat di kokpit

Mengenal Black Box, Kotak Kecil Perekam Cerita Lengkap Pesawatainonline.com

Microphones ini adalah penyalur data untuk CVR. Ia menyalurkan data suara yang terekam terlebih dahulu ke associated control unit yang menyediakan audio teramplifikasi ke CVR. Empat microphones ini diletakkan di headset pilot, co-pilot, anggota ketiga (jika ada) dan di dekat tengah-tengah kokpit.

Baca Juga: KNKT Buat Triangle Area untuk Cari Sinyal Black Box

3. CVR biasanya merekam suara di 30 menit terakhir

Mengenal Black Box, Kotak Kecil Perekam Cerita Lengkap Pesawathowstuffworks.com

Mereka menggunakan sistem looping di mana tape tersebut akan terus terulang, merekam hal yang baru dan menghapus yang lama setiap 30 menit sekali.

Material baru direkam, material lama dihapus. Untuk yang menggunakan material solid-state, CVR dapat merekam hingga dua jam.

4. FDR yang terikat dengan kabel sensor

Mengenal Black Box, Kotak Kecil Perekam Cerita Lengkap Pesawatmro-network.com

Setelah membahas CVR, sekarang kita ke bagian FDR. Karena didesain khusus untuk permasalahan operasional, FDR langsung tersambung dengan kabel-kabel sensor yang terletak di berbagai area. Dari sini FDR dapat merekam seluruh keadaan pesawat.

Setidaknya 11 hingga 29 parameter harus terekam lewat FDR, tergantung ukuran pesawat itu sendiri. Untuk recorder yang menggunakan magnetic-tape, ia dapat merekam 100 parameter sedangkan yang menggunakan solid-state bisa merekam beratus-ratus hingga beribu-ribu parameter.

Baca Juga: Inilah 5 Kecelakaan Pesawat di Indonesia dalam 5 Tahun Terakhir 

5. Data apa saja yang direkam FDR?

Mengenal Black Box, Kotak Kecil Perekam Cerita Lengkap PesawatANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Berikut adalah parameter yang setidaknya harus terekam oleh FDR:

  • Waktu
  • Tekanan ketinggian
  • Kecepatan udara
  • Akselerasi vertikal
  • Tajuk magnet
  • Posisi roda kemudi
  • Stabilisator horisontal
  • Aliran bahan bakar

6. Black box didesain untuk dapat bertahan dari benturan, suhu ekstrem, hingga tekanan berat

Mengenal Black Box, Kotak Kecil Perekam Cerita Lengkap Pesawatthedailybeast.com

Kecelakaan pesawat sangatlah fatal. Untuk itu, CVR dan FDR (black box) disimpan dalam papan-papan memori di dalam crash-survivable memory unit (CSMU). 

CSMU dibuat agar tahan berbagai macam benturan sehingga didesain memiliki tiga lapisan material. Gak heran, CSMU dapat bertahan panas ekstrem, benturan, serta tekanan yang berat.

7. Dicoba terlebih dahulu

Mengenal Black Box, Kotak Kecil Perekam Cerita Lengkap Pesawatyoutube.com/What's Inside

CSMU tidak serta merta langsung dipasangkan pada pesawat. Ada uji coba terlebih dahulu sebelum dikatakan layak untuk dipasang.

Adapun percobaannya meliputi percobaan benturan tabrakan, ketahanan kejatuhan objek, tes api, ketahanan tekanan air untuk laut dalam dan air asin, serta ketahanan terhadap berbagai jenis cairan.

8. Saat ditemukan, black box perlu ditangani dengan hati-hati agar tidak merusak rekaman di dalamnya

Mengenal Black Box, Kotak Kecil Perekam Cerita Lengkap PesawatANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Dilengkapi underwater locator beacon (ULB), black box dapat dideteksi. ULB akan mengirimkan gelombang ultrasonik yang dapat dikenali sonar sehingga para evakuator dapat langsung mencarinya.

ULB ini nantinya akan ditranspor ke lab untuk diteliti lebih lanjut. Adapun diperlukan penanganan khusus dalam membawa alat ini agar tidak ada kerusakan lebih terhadap alat yang dapat menghilangkan data yang terekam.

9. Pengunduhan data oleh investigator

Mengenal Black Box, Kotak Kecil Perekam Cerita Lengkap Pesawaten.chinagate.cn

Black box yang sudah sampai di lab akan langsung dibuka dan data-datanya akan langsung diunduh. Jika FDR tidak mengalami kerusakan, investigator bisa dengan mudah memutarnya.

Investigator sendiri terdiri dari perwakilan dari pihak pesawat dan juga pihak produsen pesawat, serta spesialis bahasa atau bahkan penerjemah. Proses ini memakan waktu hingga mingguan bahkan bulanan untuk sepenuhnya komplit.

Baca Juga: Ini Penjelasan Ilmiah Mengapa Pesawat Bisa Dikatakan Hilang Kontak

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya