Comscore Tracker

Nih Cara Aktifkan Fitur Dark Mode di Whatsapp Mobile

Cobain kuy~

Pengelola WhatsApp selalu berusaha memanjakan pengguna mereka. Tak heran, Whatsapp masih menjadi salah satu aplikasi mengirim pesan paling populer di dunia.

Nah, kali inipun, Whatsapp merilis fitur anyar, yakni dark mode atau mode gelap. Mode ini sudah diminta sejak dulu oleh para penggunanya berhubung platform media sosial lainnya seperti Youtube hingga Twitter sudah menerapkannya.

Alhasil setelah hampir satu tahun percobaan, akhirnya aplikasi kepunyaan Facebook ini berhasil menghadirkan dark mode.

Dengan hadirnya dark mode, maka layar hp kamu jadi tidak terlalu cerah, mengurangi potensi kerusakan mata. Kendati begitu, tidak sembarang orang bisa langsung menggunakan dark mode-nya WhatsApp ini.

Berikut beberapa tips atau cara mengaktifkan WhatsApp dark mode dan ulasan mengenai hal yang perlu kamu tahu seputar peluncuran fitur dark mode di dalam aplikasi WhatsApp. Simak terus guys~

1. Dark mode ini hanya ada di HP dengan Android 9 dan iOS 12 ke atas

Nih Cara Aktifkan Fitur Dark Mode di Whatsapp Mobileyoutube.com

Business Insider melaporkan kalau fitur dark mode di WhatsApp baru bisa dirasakan oleh para pengguna dengan versi sistem operasi terbaru, yakni iOS 13 dan Android 10. Untungnya, buat kamu yang masih menggunakan iOS 12 dan Android 9, kamu juga tetap bisa merasakan fitur terbaru ini.

Ada banyak antrean yang dikerjakan tim pengembang WhatsApp, jadi kamu harap bersabar kalau mode ini belum aktif di HP kamu ya. Selain itu, kamu juga perlu  update sistem operasi HP untuk bisa menikmati fitur baru ini. 

2. Sejauh ini, dark mode belum bisa aktif nih di WhatsApp Web

Nih Cara Aktifkan Fitur Dark Mode di Whatsapp Mobilegadgets.ndtv.com

Apakah kamu sering menggunakan laptop atau komputer untuk WA-an? Sayangnya, fitur baru Whatsapp ini belum bisa kamu nikmati di WhatsApp Web, demikian dilansir dari News18.

Namun, kabarnya, WhatsApp juga akan meluncurkan fitur dark mode untuk WhatsApp Web. Ya, kamu hanya perlu menunggu lebih lama dari HP dan tablet ya.

3. Ini cara mengaktifkan dark mode di iPhone

Nih Cara Aktifkan Fitur Dark Mode di Whatsapp Mobilegeekdashboard.com

Apakah kamu termasuk ke dalam iPhone user dengan iOS terbaru? Beruntung banget, kamu bisa langsung cobain fitur mode gelap terbaru dari WhatsApp. Ikuti langkah-langkah di bawah ini ya untuk mengaktifkan dark mode di iPhone kamu:

  • Download terlebih dahulu versi terbaru dari aplikasi WhatsApp di AppStore
  • Setelah sudah diunduh, buka 'setting' di iPhone kamu
  • Kemudian pencet 'display & brightness'
  • Di bawah 'appearance', kamu akan menemukan tombol 'dark' yang memungkinkan seluruh tampilan HP kamu menjadi gelap, tidak hanya WhatsApp saja.

Baca Juga: Pertimbangkan, Ini 7 Keunggulan Telegram dibandingkan WhatsApp

4. Ini cara mengaktifkan dark mode di Android

Nih Cara Aktifkan Fitur Dark Mode di Whatsapp Mobiletelecomtalk.info

Mengutip Android Central, berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk mengaktifkan dark mode di HP Android: 

  • Download versi WhatsApp terbaru
  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Pencet tombol menu (gambar titik tiga vertikal)
  • Tekan 'setting'
  • Pilih 'chat'
  • Kemudian, pencet 'themes'
  • Di situ, kamu akan menemukan 'dark'

5. Masih dilakukan secara bertahap

Nih Cara Aktifkan Fitur Dark Mode di Whatsapp Mobileeveryevery.ng

Meski demikian, fitur dark mode yang diluncurkan oleh WhatsApp ini juga masih bertahap. Ini merupakan hal yang wajar mengingat WhatsApp menjadi salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak, lebih dari satu miliar pengguna di seluruh dunia. Bayangkan saja kamu harus menghadirkan fitur dark mode ini ke semua pengguna sekaligus.

Oleh karena itu, jalan terbaik dari peluncuran fitur mode gelap ini harus dilakukan secara bertahap. Jangan kaget ya kalau sekarang kamu belum bisa men-download versi terbaru dari Whatsapp. Nanti ada waktunya kok untuk kamu ikut-ikutan mengaktifkan fitur dark mode.

Baca Juga: Baru Aja Rilis, WhatsApp Dark Mode Sudah Dikritik Duluan!

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya