Comscore Tracker

Tahun Ini Mending Beli HP Mid-Range daripada Flagship, Ini 7 Alasannya

Alasan paling utama, ramah di kantong dong~

Handphone kelas mid-range boleh dibilang menguasai pasar gadget karena harganya yang relatif ramah di kantong. Namun, ternyata untuk tahun ini, ada alasan lain kenapa kamu sebaiknya membeli HP kelas ini saja dibandingkan flagship.

Selain itu, handphone mid-range menawarkan spesifikasi dan fitur mendekati flagship, namun harga yang jauh lebih murah. Nah, berikut 7 alasan kenapa kamu lebih memilih HP mid-range ketimbang flagship di 2020. 

1. Dapatkan banyak fitur premium

Tahun Ini Mending Beli HP Mid-Range daripada Flagship, Ini 7 Alasannyaandroidauthority.com

Selama ini, ada anggapan bahwa HP mid-range belum bisa menandingi fitur HP kelas atas. Namun,  beberapa produk HP mid-range tampaknya ingin mematahkan anggapan ini.

OnePlus Nord, misalnya. Gadget yang dibanderol di harga mid-range ini, dapat memberikan pengalaman keseluruhan yang sangat mirip dengan HP mid-range.

Selain itu, HP lain seperti Galaxy M31s juga telah dibekali dengan fitur seperti Single Take, yang notabene jadi fitur andalan di HP sekelas Galaxy S20. Di sisi hardware, juga ada sejumlah fitur seperti sensor fingerprint dalam layar dan layar edge-to-edge dengan refresh rate tinggi, yang kini jadi standar baru di banyak HP mid-range.

2. Kami bisa dapatkan fitur ekstra yang justru HP flagship gak punya loh

Tahun Ini Mending Beli HP Mid-Range daripada Flagship, Ini 7 Alasannya9to5google.com

Bukan hal yang mengejutkan apabila saat ini, HP mid-range nampak lebih menarik ketimbang HP flagship. OnePlus Nord, yang harganya bisa setengah Galaxy S20 Ultra, telah mendukung 5G, sementara HP flagship andalan Samsung itu, belum.

Lalu, Galaxy M31s telah hadir dengan baterai jumbo berkapasitas 6,000mAh, sementara kebanyakan HP flagship hanya dibekali dengan baterai yang sulit untuk bisa bertahan seharian. Salah satu yang paling krusial juga headphone jack 3.5mm yang kini mulai ditinggalkan oleh sebagian besar HP flagship.

3. Performa yang ditawarkan bisa setara HP flagship

Tahun Ini Mending Beli HP Mid-Range daripada Flagship, Ini 7 Alasannyaxda-developers.com

Untuk waktu yang lama, HP mid-range dipercaya belum bisa mengalahkan HP flagship di sisi performa. Well, anggapan itu dipatahkan dengan produsen chipset seperti Qualcomm,yang membuat chipset mid-range dengan CPU dan GPU performa tinggi untuk gaming.

Salah satu yang paling tangguh adalah Snapdragon 765G, yang menjanjikan peningkatan 20 persen untuk kinerja GPU, sehingga berbagai game seperti PUBG Mobile dan Call Of Duty: Mobile bisa berjalan dengan sangat lancar. Selain itu ada pula Snapdragon 720G – chipset pada HP mid-range lebih murah dengan performa yang tidak bisa diremehkan. 

Baca Juga: Kelas Mid Range, Ini 9 HP Terbaik 2020 untuk Budget Rp6 Jutaan

4. Sejumlah tipe HP mid-range memiliki desain yang lebih enak dipandang

Tahun Ini Mending Beli HP Mid-Range daripada Flagship, Ini 7 Alasannyaregardnews.com

Beberapa jenis HP mid-range juga dinilai berhasil menyamai HP flagship dari sisi desain. Beberapa yang paling impresif adalah Redmi K20 dan OnePlus Nord, yang tawarkan build-quality kokoh dan desain menarik.

Di samping itu, ada pula Nokia 7.1 yang mengesankan dengan lapisan kaca di bagian belakang untuk pengalaman premium ala HP flagship. Realme XT juga tidak kalah menarik, dengan finishing body belakang yang ciamik serta layar dengan bezel tipis di sekeliling layar.

5. Kamera yang tidak kalah hebat dari HP flagship

Tahun Ini Mending Beli HP Mid-Range daripada Flagship, Ini 7 Alasannyaandroidpit.com

Kualitas kamera jadi pembeda terbesar di antara HP mid-range dan flagship, yang mana hal itu kini, mulai tidak terlalu berbeda. OnePlus Nord contohnya, punya kamera utama dan ultra-wide yang dapat menghasilkan foto yang sangat bagus.

Konfigurasi quad-camera yang diusungnya bekerja dengan baik dalam berbagai kondisi pencahayaan, meski pada akhirnya tidak sebagus HP kelas atas seperti iPhone 11. Namun, perlu dicatat bahwa HP seperti Nord, punya harga setengah dari iPhone 11 dan untuk kualitasnya, berada di tingkat yang lebih dari yang diharapkan.

6. Komunitas yang selalu aktif dan masif

Tahun Ini Mending Beli HP Mid-Range daripada Flagship, Ini 7 Alasannyayourmembership.com

Dengan HP mid-range yang semakin banyak dan mudah diakses, komunitas yang ada di belakangnya juga semakin masif. Kini, setiap HP dirilis, grup komunitas di sosial media seperti Facebook langsung bermunculan. Biasanya, grup komunitas ini menjadi tempat bertukar keluh kesah dan mencari solusi dari masalah di HP yang sedang mereka gunakan.

Selain itu, tak jarang pula sejumlah pengguna juga membagikan tips seperti mod software untuk Gcam. Komunitas semacam ini sangat membantu terlebih dengan setiap masalah pada HP terkait, tidak selalu dapat ditemukan di situs HP tersebut atau di internet.

7. Harga yang ramah dompet

Tahun Ini Mending Beli HP Mid-Range daripada Flagship, Ini 7 AlasannyaIlustrasi (IDN Times/Ita Malau)

Salah satu alasan terbesar untuk memilih HP mid-range ketimbang flagship tentu saja banderol harga yang tidak mahal. HP mid-range umumnya dibanderol di harga kurang dari Rp10 juta, dengan harga maksimal biasanya di angka Rp7 juta.

Dengan keuntungan bisa menyimpan uang hingga Rp3 juta ini, pengguna bisa mengalokasikannya untuk perangkat lain seperti powerbank atau TWS. Plus, HP flagship juga tidak selalu lebih baik di level yang tinggi dari HP mid-range. Salah satu contohnya adalah OnePlus 7T dan Pixel 3a tahun lalu, yang untuk harganya, mampu berikan pengalaman yang tidak kalah mewah.

 

Baca Juga: Rekomendasi 7 Smartphone Mid-Range di Bawah Rp3 Juta, Wajib Beli nih!

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya