Comscore Tracker

Bantu UKM Kota Tangerang, BJB dan BRI Buka Gerai KUR di Tiap Kelurahan

Ada layanan pinjaman hingga Rp500 juta

Kota Tangerang, IDN Times - Jelang HUT Kota Tangerang ke-29, yang jatuh pada 28 Februari mendatang, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang meluncurkan Program Tangerang Berwirausaha. Ini merupakan hasil kerja sama dengan Bank BRI dan BJB dalam Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) berupa pinjaman bantuan modal usaha hingga Rp500 juta.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan Program Tangerang Berwirausaha dengan suku bunga enam persen per tahun dan pesertanya bisa pelaku usaha baru hingga ibu rumah tangga.

"Ini adalah upaya Pemkot Tangerang dalam membantu masyarakat dan pelaku usaha yang terdampak pandemi. Sehingga dengan bantuan modal usaha ini bisa dapat berkembang lagi dan juga bagian dari pemulihan ekonomi," kata Arief, Kamis (17/2/2022).

Baca Juga: Sudah 3 Bulan Ratusan Warga di Kabupaten Tangerang Terendam Banjir

1. Gerai KUR berada di setiap kelurahan

Bantu UKM Kota Tangerang, BJB dan BRI Buka Gerai KUR di Tiap KelurahanIlustrasi UMKM. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Arief menyebut, masyarakat yang ingin mendapatkan program ini, kata dia, bisa menghubungi langsung gerai KUR BRI dan BJB yang berada di setiap Kantor Kelurahan.

"Manfaatkan program ini karena KUR jadi bagian solusi saat ini," katanya.

2. Ada 3 model dana pinjaman yang disediakan

Bantu UKM Kota Tangerang, BJB dan BRI Buka Gerai KUR di Tiap KelurahanANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Ada tiga jenis Program KUR yang ditawarkan dalam pinjaman bantuan modal usaha ini yakni KUR Super Mikro dengan plafon pinjaman mencapai Rp10 juta dan masa pinjaman maksimal tiga hingga lima tahun. Dokumen yang harus dilengkapi seperti NIB dan menyertakan lama usaha dan jenisnya.

Program kedua adalah KUR Mikro BRI dengan plafon pinjaman mulai dari Rp10 juta hingga Rp100 juta. Pelaku usaha yang bisa mengajukan ini minimal sudah enam bulan berwirausaha. Dokumen yang disertakan pun sama yakni NIB dan jenis usaha. Tetapi jika pinjaman di atas Rp50 juta maka menyertakan NPWP.

3. Ada pinjaman sampai Rp500 juta

Bantu UKM Kota Tangerang, BJB dan BRI Buka Gerai KUR di Tiap KelurahanIlustrasi uang (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Ketiga adalah KUR Kecil BRI dengan plafon pinjaman mulai Rp100 juta hingga Rp500 juta. Dokumen yang perlu disertakan untuk pinjaman program ini adalah SIUP, TDP, NPWP, SITU, IUMK dan surat keterangan usaha.

"Ada tiga pilihan program yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya. Semoga program ini bisa membantu dan bermanfaat bagi warga," ujarnya.

Baca Juga: Potret Pasien COVID-19 Tangerang Menurun, RIT Mulai Sepi

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya