Comscore Tracker

Resep Kue Gipang Manis dan Renyah, Favorit Semua Orang

Kue tradisional yang bisa kamu temui, termasuk di Banten

Kue gipang adalah salah satu jajanan tradisional anak-anak zaman dulu. Kue gipang atau jipang yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar dari beras dan dicampur gula.

Rasa yang dihasilkan dari kue gipang ini sangat manis dan renyah sehingga menjadi favorit untuk semua kalangan. 

Gipang atau kebanyakan orang menyebutnya dengan jipang ini adalah jajanan pasar yang terbuat dari bahan beras benno, yakni beras yang sudah dipanaskan sampai mengembang berkali lipat dari ukuran sebelumnya.

Cara pengolahannya menggunakan alat pemanas khusus yang mana tidak dijual secara bebas. Namun kamu tidak perlu khawatir jika ingin membuat kue gipang di rumah rasanya pun juga akan lezat seperti yang dijual di pasaran.

Baca Juga: Rabeg dan Perjalanan Sultan Banten ke Tanah Arab

1. Resep pembuatan olahan kue gipang, bahannya nih

Resep Kue Gipang Manis dan Renyah, Favorit Semua Oranginstagram.com/seratussatu.kitchen/

Meskipun alat yang digunakannya tidak dijual di pasaran, namun membuat kue gipang di rumah juga sangat mudah. Kamu bisa mencobanya sendiri dengan bahan sederhana.

Bahan untuk membuat kue gipang:
- Beras ketan sebanyak ½ kilogram atau sesuaikan dengan kebutuhan kamu
- Bahan perasa yang kamu inginkan
- Gula pasir sebanyak ¼ kilogram atau sesuaikan dengan selera tingkat manis
- Air asam secukupnya

- Wadah yang digunakan untuk menjemur ketan
- Minyak goreng secukupnya
- Loyang atau cetakan yang digunakan untuk mencetak gipang
- Wadah yang digunakan untuk merendam beras ketan.

2. Mengolah bahan beras ketan, rendam hingga jemur

Resep Kue Gipang Manis dan Renyah, Favorit Semua Orangtepung ketan (spiceography.com)

Sebelum memulai memasak, kamu harus merendam beras ketan putih terlebih dahulu, semalaman. 

Hingga esok harinya bisa kamu angkat dan cuci bersih di air yang mengalir. Beras ketan yang sudah dicuci bersih itu siap untuk untuk dikukus. Siapkan panci pengukus yang berisikan air dan nyalakan api dengan ukuran sedang. 

Jika air sudah mendidih masukkan beras ketan ke panci pengukus, tunggu hingga ketan matang. Saat sudah matang maka angkat beras ketan tersebut kemudian tiriskan sampai dingin.

Setelah beras ketan sudah dingin maka tata ke dalam wadah yang mana kondisinya bersih. Pastikan tidak ada ketan yang menggumpal untuk dikeringkan di bawah terik matahari.

Proses penjemuran beras ketan akan memakan waktu 2 hingga 3 hari. Hal itu tergantung dari cuaca yang terjadi pada saat itu untuk mendapatkan hasil beras ketan yang kering.

3. Goreng gipang dan beri karamel

Resep Kue Gipang Manis dan Renyah, Favorit Semua Orangmembuat karamel (youtube.com/FEATR)

Beras ketan yang dijemur sudah kering siap untuk digoreng agar ketannya lebih mengembang seperti berondong. Setelah ketan mengembang dengan sempurna maka angkat dan taruhlah di wadah yang sudah dilapisi dengan tisu ataupun kertas untuk menyerap minyak.

Masukkan gula pasir ke dalam wajan, ratakan agar tidak menggumpal, kemudin masak di atas api kecil. Kemudian, masukkan air asam perlahan-lahan dan biarkan hingga mengental. 

Jika karamel sudah siap maka masukkan beras ketan, aduk hingga merata
Masukkan beras ketan ke cetakan dan ratakan.  Jika kamu menggunakan cetakan berukuran besar maka potong dulu sebelum disajikan.

Baca Juga: Resep Kue Jojorong yang Unik dengan Takir Daun Pisang

Demikianlah resep yang dapat kamu ikuti untuk membuat olahan kue gipang. Salah satu makanan tradisional namun menjadi favorit kebanyakan orang karena rasanya cukup manis.

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya