TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Alasan Mengapa Bersaing Secara Sehat dalam Berbisnis

Dalam berbisnis pun, kamu harus bijak loh

ilustrasi berjabat tangan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Dalam dunia bisnis, persaingan adalah hal yang umum dan bahkan bisa menjadi tolak ukur sukses tidaknya dalam berwirausaha. Selain itu, persaingan dengan sesama pebisnis lainnya, bisa menjadi salah satu penyemangat untuk membuat bisnis menjadi lebih maju lagi.

Namun terkadang, persaingan dalam dunia bisnis dilakukan dengan cara yang tidak sehat atau curang, agar bisa menjatuhkan saingannya dengan mudah. Misalnya seperti memfitnah produk dari pebisnis lain agar tidak laku di pasaran, sehingga produk yang dijualnya lebih diminati.

Padahal bersaing secara tidak sehat tidak selamanya bisa mendatangkan keuntungan bagi bisnis yang dijalankan. Apalagi jika tidak mampu meningkatkan kualitas atau bahkan tidak mampu kepercayaan dari para pelanggan tetapnya. Tentu cepat atau lambat bisnis akan tetap hancur meski sudah berusaha sekuat tenaga untuk menjatuhkan para pesaingnya.

Selain itu, ada beberapa alasan mengapa sebaiknya bersaing secara sehat dalam berbisnis. Yuk, simak ulasannya di bawah ini ya. 

Baca Juga: Hotel Bintang 4 Pertama Dibangun, Jadi Awal Investasi Masuk Lebak

1. Menciptakan citra bisnis yang positif

Alasan pertama mengapa kamu perlu berbisnis secara sehat yaitu agar kamu bisa menciptakan citra bisnis yang positif. Sebab, seseorang yang menjalankan bisnisnya secara tidak sehat, tentu namanya akan dikenal oleh para pebisnis lainnya, dengan citra yang buruk.

Akibatnya, orang akan enggan untuk bekerja sama dengannya, karena takut jika nantinya juga akan dicurangi seperti yang dilakukannya pada rivalnya-rivalnya tersebut. Nah, sedangkan jika memiliki citra bisnis yang baik, maka tentu akan lebih mudah untuk mendapatkan kepercayaan dari pebisnis lainnya, sehingga memudahkan untuk mendapatkan tawaran kerja sama, apalagi jika bisnisnya memiliki potensi yang bagus untuk berkembang dengan pesat. 

2. Lebih fokus untuk meningkatkan kualitas bisnis yang didirikan

Persaingan bisnis itu sangat sengit, oleh karena itu, kamu harus benar-benar fokus untuk mengembangkan bisnis dan sesegera mungkin mengatasi kekurangan yang ada. Nah, jika bersaing secara sehat, maka kamu tentu bisa lebih fokus untuk meningkatkan kualitas bisnis yang didirikan. Sebab, konsentrasi tidak akan terpecah untuk hal yang tidak berkaitan dengan tujuan utama untuk meningkatkan kualitas bisnis.

Tentu berbeda jika bersaing dengan tidak yang sehat, yang biasanya hanya fokus untuk menjatuhkan lawannya dengan cara apa pun, sehingga tidak terlalu fokus untuk meningkatkan kualitas bisnis yang dijalankannya. Padahal, meskipun nantinya mengalahkan saingannya dengan cara yang curang dan bisnis bisa berkembang pesat, belum tentu nantinya bisa bertahan lama. Apalagi jika tidak ada upaya untuk meningkatkan kualitas bisnis dan bahkan hanya mengandalkan menyerang pesaing saja untuk memajukan bisnis, tentu tidak akan bertahan lama, lho.

Verified Writer

Eliza Ustman

Hobi nulis dan travelling

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya