5 Tips Menulis Artikel Menarik yang Dibaca Banyak Orang

Artikel menarik bikin pembaca jadi betah

Menulis artikel yang menarik dan dapat menarik banyak pembaca adalah keterampilan penting dalam dunia digital saat ini. Sayangnya, mendapatkan banyak pembaca bukanlah perkara mudah.

Tidak hanya membutuhkan keahlian dalam penyusunan kalimat yang baik, tetapi juga strategi untuk menarik perhatian dan mempertahankan minat pembaca. Bagi kamu yang ingin meningkatkan kemampuan menulis artikel yang diminati banyak orang, berikut adalah lima tips yang dapat kamu terapkan.

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Harus Dihindari Agar Tak Menyesal di Masa Tua

1. Pilihlah topik yang relevan dan menarik

5 Tips Menulis Artikel Menarik yang Dibaca Banyak Orangilustrasi menulis artikel (unsplash.com/Bermix Studio)

Langkah pertama untuk menulis artikel yang diminati banyak orang adalah dengan memilih topik yang relevan dan menarik. Lakukan riset untuk memahami tren terkini atau isu-isu yang sedang hangat dibicarakan dalam bidang yang kamu kuasai. Topik yang relevan akan menarik minat pembaca potensial dan meningkatkan kemungkinan artikelmu dibaca dan dibagikan lebih luas.

Selain relevan, pastikan topik yang kamu pilih juga memiliki nilai tambah atau solusi bagi pembaca. Artikel yang memberikan informasi bermanfaat, tips praktis, atau pandangan unik tentang suatu masalah cenderung lebih diminati. Ketika kamu memilih topik yang tepat, kamu sudah meletakkan dasar yang kuat untuk menarik perhatian pembaca.

2. Gunakan judul yang menarik dan memikat

5 Tips Menulis Artikel Menarik yang Dibaca Banyak Orangilustrasi menulis artikel (unsplash.com/Shane Rounce)

Judul adalah pintu gerbang pertama yang menentukan apakah pembaca akan melanjutkan untuk membaca artikel kamu atau tidak. Oleh karena itu, gunakan judul yang menarik, memikat, dan mampu merangkum inti dari isi artikel secara singkat, namun padat.

Judul yang baik biasanya mengandung unsur kejutan, manfaat yang jelas, atau pertanyaan yang mendorong rasa ingin tahu.

3. Tulislah dengan gaya bahasa yang menyenangkan dan mudah dipahami

5 Tips Menulis Artikel Menarik yang Dibaca Banyak Orangilustrasi menulis artikel (unsplash.com/Resume Genius)

Ketika menulis artikel, pilihlah gaya bahasa yang menyenangkan dan mudah dipahami oleh pembaca. Hindari penggunaan bahasa yang terlalu formal atau teknis, kecuali jika kamu sedang menargetkan pembaca yang memiliki latar belakang atau pengetahuan khusus. Gunakan kalimat-kalimat yang ringkas, tetapi jelas, serta hindari penggunaan kata-kata yang berbelit-belit.

Sebagai penulis, salah satu tugasmu adalah membuat pengalaman membaca artikel menjadi menyenangkan dan informatif. Gunakan teknik storytelling jika memungkinkan untuk mengaitkan informasi atau fakta dengan narasi yang menarik.

Pembaca cenderung lebih tertarik dan terhubung emosional dengan artikel yang mampu menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan menghibur.

4. Kamu bisa sertakan fakta dan data yang mendukung

5 Tips Menulis Artikel Menarik yang Dibaca Banyak Orangilustrasi menulis artikel (unsplash.com/Kiyun Lee)

Untuk meningkatkan kredibilitas artikelmu, sertakan fakta, data, atau kutipan dari sumber terper bukti konkret atau informasi yang dapat dipertanggungjawabkan. Jika memungkinkan, cantumkan juga statistik terbaru atau hasil riset yang relevan dengan topik yang dibahas.

Hal ini tidak hanya akan meningkatkan kepercayaan pembaca, tetapi juga memberikan nilai tambah dalam bentuk informasi yang lebih dalam dan terperinci. Ingatlah untuk selalu memeriksa keabsahan sumber sebelum mengutip atau menggunakan informasi dari mereka.

5. Akhiri tulisanmu dengan ajakan bertindak yang jelas

5 Tips Menulis Artikel Menarik yang Dibaca Banyak Orangilustrasi menulis artikel (unsplash.com/Creatopy)

Setelah memberikan informasi dan ide-ide yang berharga kepada pembaca, pastikan untuk mengakhiri artikel dengan ajakan bertindak (call to action) yang jelas dan mengundang pembaca untuk bertindak lebih lanjut. Ajakan bertindak bisa berupa mengajak pembaca untuk meninggalkan komentar, membagikan artikel kepada teman-teman mereka, mengikuti akun media sosialmu, atau mengunjungi halaman website kamu.

Ajakan bertindak yang jelas dan menarik bisa membantu meningkatkan interaksi pembaca dengan konten kamu. Selain itu, ini juga dapat membantu meningkatkan visibilitas artikel kamu di platform online. Pastikan untuk menyajikan panggilan ke aksi dengan cara yang persuasif, tetapi tidak memaksa, sehingga pembaca merasa tertarik untuk melanjutkan keterlibatan denganmu.

Menulis artikel yang menarik dan diminati banyak orang membutuhkan kombinasi antara kreativitas, pengetahuan, dan strategi yang tepat. Kamu dapat meningkatkan kemungkinan artikel untuk dibaca dan dinikmati oleh banyak pembaca dengan mencoba tips-tips di atas.

Terapkan tips-tips tersebut dalam proses penulisan kamu dan saksikan bagaimana artikel kamu dapat menarik perhatian dan memberikan dampak yang positif bagi pembaca.

Baca Juga: 5 Kesalahan Fatal yang Kerap Dilakukan Sekretaris, Hindari Segera

YOOL Photo Community Writer YOOL

i am me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya