Comscore Tracker

5 Jenis Tanaman Tradescantia Pink hingga Ungu Ini Bikin Teras Adem

Terasmu bakal punya look berbeda deh

Tanaman tradescantia dikenal memiliki warna-warna cerah. Sebagai tanaman yang mudah beradaptasi di dalam maupun luar ruangan, ia tumbuh sempurna baik sebagai tanaman gantung, ditanam langsung di tanah, atau ditaruh di polybag.

Pada area dengan cahaya penuh, tradescentia dapat menghasilkan warna-warna menawan, lho! Daunnya akan bergradasi dan tumbuh sesuai arah cahaya. Berikut ini kami bagikan beberapa jenis tradescantia yang bisa kamu koleksi.

1. Tradescantia zebrina

5 Jenis Tanaman Tradescantia Pink hingga Ungu Ini Bikin Teras Adempiep.co

Mungkin ini adalah tradescantia yang sering kamu lihat ya. Dia memang kerap dijual di lapak-lapak tanaman hias.

Variasi tipe Tradescantia zebrina memiliki garis menyerupai zebra. Warna daun yang dihasilkan condong ke hijau kombinasi silver dan ungu. Ia dapat tumbuh hingga tinggi 6-12 inci. Itulah kenapa Tradescantia jenis ini juga bisa ditanam di media tanah langsung. 

Zebrina memiliki corak hijau gelap dengan bunga berwarna putih perak. Jika kamu memperhatikan dengan lebih jeli, pusat dari daun berwarna krem dengan garis silver yang menawan.  

2. Tradescantia fluminensis

5 Jenis Tanaman Tradescantia Pink hingga Ungu Ini Bikin Teras Ademhouseplanthouse.com

Tradescantia fluminensis juga populer dengan warnanya yang manis. Perpaduan putih, hijau, dan pink soft hingga tua membuatnya adem dipandang mata. Gak heran sih, karena memang warna daunnya menyegarkan dengan bentuk oval yang glossy. 

Spesies Tradescantia jenis ini termasuk yang populer dan berasal dari Brazil bagian selatan. Fluminensis tumbuh baik sepanjang tahun karena memiliki tingkat adaptasi yang baik pada setiap musim. 

3. Tradescantia sillamontana

5 Jenis Tanaman Tradescantia Pink hingga Ungu Ini Bikin Teras Ademllgsnc.com.au

Sama seperti Tradescantia umumnya, Sillamontana tumbuh dengan daun kolektif bergerombol membentuk batang. Namun warna daunnya hijau dengan corak putih membentuk daging tebal seperti tanaman sukulen. Ia memiliki warna bunga beragam mulai dari merah cerah, pink, ungu, hingga biru. 

Salah satu yang membuatnya unik adalah bulu-bulu halus di permukaan daun. Jik kamu raba, bulu ini lembut loh.

Warna bunga magenta terlihat ketika tumbuh pada musim panas. Daun Tradescantia jenis ini dapat tumbuh hingga panjang 2 inci. Dilihat dari bentuknya, Sillamontana termasuk spesies yang berciri khas dibanding lainnya. 

Baca Juga: Ini Tiga Tanaman Paling Diminati Warga Tangerang

4. Tradescantia pallida

5 Jenis Tanaman Tradescantia Pink hingga Ungu Ini Bikin Teras Ademworldofsucculents.com

Tradescantia pallida juga disebut sebagai 'purple heart' karena bentuknya yang menyerupai hati berwarna ungu. Di beberapa penjual tanaman hias, tanaman asal Meksiko ini kerap juga dinamai adam hawa. Entah mengapa~

Jika kamu beri dia matahari full, daun akan berwarna ungu pekat. Sebaliknya, jika dia kekurangan sinar matahari, daunnya menjadi ungu kehijauan. So pastikan dia mendapat sinar matahari full ya.

Pallida memang tak seperti Tradescentia lain karena ia tak menyukai suhu dingin. Jadi sebaiknya, tempatkan Pallida pada area yang mendapatkan sinar matahari cukup. Menaruh tanaman ini di teras rumah juga bikin hunian tampak estetik, lho!

5. Tradescantia spathacea

5 Jenis Tanaman Tradescantia Pink hingga Ungu Ini Bikin Teras Ademcrocus.co.uk

Dikenal dengan nama lain moses in a basket, olyster plant, atau boat lily, sukulen jenis Tradescantia spathacea berasal dari selatan Meksiko hingga Guatemala. Tradescantia jenis ini mampu tumbuh hingga 12 inci membentuk daun spiral. 

Daunnya berwarna hijau dengan kombinasi putih dan bagian ungu di sisi bawah. Spathacea juga salah satu yang cocok kamu jadikan sebagai tanaman gantung di dalam ruangan. 

 

Baca Juga: Rumah Jadi Lebih Cantik, 5 Tanaman Merambat yang Cocok untuk Pagar 

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya