TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pengusaha Tangerang Dilatih Siapkan Menu MBG Sesuai Standar

Pemkot Tangerang juga mengawasi produksi menu makanan

IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang ingin memastikan menu makanan pada program Makan Bergizi Gratis (MBG) sesuai dengan standar gizi nasional. Untuk itu, Pemkot memberikan pelatihan khusus kepada pengusaha makanan yang terpilih.    

"Pelatihan ini untuk untuk menjamin kualitas pemenuhan standar gizi yang diterapkan selama pelaksanaan program MBG dapat direalisasikan secara terukur dan terjamin," kata Ketua Tim Kerja Gizi Masyarakat pada Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Yuni Pradilla Fitri, seperti dikutip dari laman ANTARA, Rabu (14/8/2024).

Baca Juga: Uji Coba Makan Gratis di 36 Sekolah Tangerang Dilaksanakan Bergantian

1. Ini dasar hukumnya

Dasar pemenuhan gizi sesuai standar nasional itu sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes" No. 41 Tahun 2014 tentang Pedoman Gizi Seimbang, dan Permenkes No. 28 Tahun 2019 tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia.   

Yuni menjelaskan, berdasarkan acuan tersebut, Pemkot Tangerang memberikan rekomendasi paket makanan yang memenuhi kandungan gizi berupa kebutuhan kalori, protein, lemak, sampai karbohidrat secara terjamin, sesuai dengan kelompok umur SD da SMP.

"Selanjutnya, kami merekomendasikan beberapa menu makanan sesuai dengan perhitungan zat gizi dalam bentuk yang seimbang antara nasi, sayuran, lauk, sampai buah-buahan,” jelas Yuni.

2. Pemkot Tangerang juga mengawasi produksi menu makanan

Tak hanya itu, Dinkes Kota Tangerang juga melakukan pengawasan secara ketat untuk memastikan produksi makanan diolah sesuai dengan rekomendasi yang ditentukan.

"Mulai dari pemilihan bahan makanan, proses pengolahan, sampai cara penyimpanan dan penyajian makanan tersebut,” ujarnya.

Kemudian Dinkes juga memastikan paket makanan yang diberikan selama kegiatan makan bergizi gratis di sejumlah sekolah telah mengacu pada standar gizi nasional.

Berita Terkini Lainnya