TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kandidat Cagub Banten Sama-sama Prioritaskan Desa, Ini Kata Pengamat

Program cagub cukup realistis, meski belum tentu rasional

Paslon Airin-Ade vs Andra Soni-Dimyati di Pilkada Banten (ANTARA FOTO/Reno Esnir | ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Serang, IDN Times - Dua bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten telah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Keduanya yakni pasangan Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi dan Andra Soni Dimyati Natakusumah.

Dalam salah satu program prioritasnya kedua kandidat ini sama-sama menyoroti soal infrastruktur utama desa. Airin-Ade menamakan program itu jalan poros desa dan Andra-Dimyati menamakan programnya Bang Andra 'bangunan jalan desa sejahtera'.

Apakah program mereka realistis?

1. Program Cagub cukup realistis, meski belum tentu rasional

Pengamat politik dan kebijakan publik, Ahmad Sururi mengatakan, jika dilihat dari kapasitas APBD Provinsi Banten dan kebutuhan pembangunan, sepertinya program para Cagub-Cawagub Banten cukup realistis, meskipun belum tentu rasional dan replikatif.

Tetapi poinnya, kata dia, bukan pada implementasi program atau APBD saja, namun, mereka harus mampu mengkampanyekan program-program bottom up atau yang menjadi kebutuhan masyarakat.

"Tidak hanya perdesaan akan tetapi juga masyarakat perkotaan," kata Sururi saat dikonfirmasi, Rabu (4/9/2024).

Baca Juga: Pembangunan Jalan Poros Desa Jadi Program Prioritas Airin-Ade  

2. Program jalan poros desa, mestinya juga dilakukan di perkotaan

Jika pilihannya adalah program pembangunan poros desa misalnya, kata dia, mestinya juga replikatif artinya program tersebut juga diterapkan di seluruh wilayah baik desa maupun kota.

"Termasuk tadi soal program-program realistis dari para cagub, apakah rasional hanya memprioritaskan jalan-jalan poros desa? Sedangkan jalan-jalan kabupaten/kota masih banyak yang rusak," katanya.

Berita Terkini Lainnya