TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Makan di Warteg, Rp14.900 Bisa Dapat Apa?

Pedagang menyebut harga bahan pokok terus naik

IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Tangerang, IDN Times - Anggaran makan bergizi gratis yang menjadi program andalan pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka masih berubah-ubah, namun terakhir rencananya akan senilai Rp14.900. 

Anggaran yang berubah-ubah pun banyak menjadi pertanyaan dari masyarakat lantaran harusnya anggaran telah dipersiapkan dengan memenuhi kebutuhan gizi per piring makan untuk anak-anak usia sekolah.

Lalu, di warung Tegal atau warteg yang terkenal murah, makanan apakah yang bisa didapatkan dengan anggaran tersebut?

"Kalau Rp14.900, bisa dapat ayam cincang, sayur, tempe orek, biasanya ya dihitung Rp15 ribu, tapi bisa dikurangi porsi tempenya," jelas Marasih, pedagang Warteg di Kosambi, Kabupaten Tangerang kepada IDN Times.

Baca Juga: Atasi Stunting, Pemkot Tangerang Rampungkan Menu Makan Sate Sami

1. Marasih mengungkap, bahan pokok saat ini semakin mahal

Marasih mengungkapkan, sebenarnya untuk nilai Rp14.900 masih bisa mendapatkan ikan cuwe sambal dengan tahu dan satu jenis sayur. Namun, untuk anak-anak menu tersebut kurang diminati.

"Bisa dapat ikan atau telur, dan satu jenis sayur, kalau memang harus ada daging-dagingan ya," tuturnya.

Mariasih menyebut, harga bahan pokok saat ini terus melonjak. Di mana, kenaikan yang parah terjadi pada bawang-bawangan dan cabai.

"Cabai bisa sampai Rp90 ribu satu kilogram-nya, belum lagi telur yang harganya kadang naik kadang turun, jadi sebagai pedagang juga bingung nentuin harga," jelasnya.

2. Warung padang juga sediakan paket menu Rp15 ribu

Selain warteg, warung Padang yang juga kerap menjual paket menu Rp15 ribu. Di mana, sudah berisi sayur singkong rebus, sayur nangka, sambal, dan lauk pauk.

"Kalau Rp14.900 kami bingung sih nentuinnya, tapi biasanya ada paket Rp15 ribu yang dapat lauk pauk jenis ayam ikan, telur dan menu pendampingnya, tapi memang potongannya lebih kecil kalau beli yang tidak paket murah," tutur Yosi, salah satu pedagang warung Padang.

Berita Terkini Lainnya