TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Paus Fransiskus Tiba di Bandara Soetta Hari ini Pukul 11.30 WIB

Selamat datang Paus Fransiskus di Indonesia

Paus Fransiskus ketika menyapa umat Katolik (unsplash.com/Ashwin Vaswani)

Tangerang, IDN Times - Pemimpin Gereja Katolik dunia, Paus Fransiskus akan berkunjung ke Indonesia pada 3-6 September 2024. Paus Fransiskus dijadwalkan tiba di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) pada hari ini, Selasa (3/8/2024) pukul 11.30 WIB.

Sebanyak 270 petugas pun disiagakan untuk mengamankan kedatangan Paus Fransiskus di Bandara Soetta. 

Senior Manager of Branch Communication & Legal Bandara Soekarno-Hatta, M Holik Muardi mengatakan, personel ini terdiri dari berbagai unsur, termasuk Aviation Security Bandara Soekarno-Hatta, BKO TNI, Polda Metro (Polres Bandara Soekarno-Hatta), Paspampres, Kodam Jaya (Kodim 0506 Tangerang), dan petugas keamanan lainnya yang terlibat. 

"Kolaborasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh aspek keamanan, baik di darat maupun udara, berjalan dengan lancar dan sesuai dengan protokol yang telah ditetapkan," kata Holik, Senin (2/9/2024).

1. Paus Fransiskus bakal disambut di Terminal VIP

Holik menuturkan, Paus Fransiskus akan diterima dengan pelayanan terbaik di Gedung VIP Terminal 3, yang telah dipersiapkan secara khusus untuk memastikan kenyamanan dan keamanan tamu kehormatan tersebut. Di mana, Gedung VIP Terminal 3, yang akan menjadi lokasi penyambutan, telah ditingkatkan kualitas layanannya untuk memenuhi standar internasional.

"Selain itu, area parking stand yang khusus disiapkan untuk pesawat kenegaraan juga telah dipastikan keamanannya, dengan dukungan teknis dan infrastruktur terbaik," jelasnya.

2. Imigrasi Soetta juga sediakan layanan khusus untuk Paus Fransiskus

Paus Fransiskus saat menyapa umat di Vatican. (instagram.com/franciscus)

Selain itu, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Soekarno-Hatta menyiapkan fasilitas pemeriksaan Imigrasi khusus untuk menyambut kedatangan Paus Fransiskus di Indonesia. 

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta, Subki Miuldi mengatakan, pihaknya menyediakan fasilitas jalur VIP pemeriksaan keimigrasian, di mana layanan VIP tersebut juga diberikan kepada pejabat dinas dan diplomatik yang mendampingi Paus dalam kunjungan apostoliknya.

"Kami juga menerjunkan tim pengawasan keimigrasian di sejumlah titik strategis di bandara untuk memastikan keamanan dan kelancaran proses pemeriksaan keimigrasian," ungkap Subki.

Persiapan ini dilakukan untuk menjamin kunjungan Paus Fransiskus berjalan lancar dan aman, mengingat tingginya antusiasme masyarakat yang ingin menyambut kedatangannya.

3. Fasilitas layanan VIP Imigrasi diharapkan bisa mempercepat proses pemeriksaan

Fasilitas keimigrasian di terminal VIP bandara ini diharapkan dapat mempercepat proses pemeriksaan di tengah padatnya aktivitas internasional di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Subki Miuldi menjelaskan bahwa layanan VIP ini bukanlah yang pertama kali diberikan.

"Sebelumnya fasilitas serupa pernah diberikan saat perhelatan KTT G20 dan KTT ASEAN," ungkapnya.

Berita Terkini Lainnya