TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Uji Coba Makan Gratis di 36 Sekolah Tangerang Dilaksanakan Bergantian

Anggaran bersumber dari BOS daerah

IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kota Tangerang memberlakukan sistem bergiliran terhadap 36 sekolah yang ikut serta dalam uji coba makan bergizi gratis (MBG) di wilayah tersebut. Hal tersebut, untuk melihat efektivitas pelaksanaan MBG di banyak kondisi sekolah.

"Jadi 36 sekolah itu bergantian, satu sekolah satu kali. Jadi nanti kami atur juga yang hari ini kelas besar, 4,5,6 kemudian besok kelas 1,2,3," kata PJ Wali Kota Tangerang, Nurdin saat pelaksanaan uji coba MBG di SDN 4 Tangerang, Senin (5/8/2024).

Baca Juga: Ada Anak Tak Suka Menu MBG, Gibran: Intinya Masih Uji Coba

Baca Juga: Gibran: Anggaran dan Menu MBG di Setiap Daerah Bisa Beda

1. Menu di tiap sekolah juga berbeda

Selain itu, Nurdin pun menjelaskan, menu MBG di setiap harinya berbeda, di mana disiapkan 5 pilihan menu yang diujicobakan. Semua menu tersebut pun telah memenuhi standar gizi nasional yang disiapkan ahli gizi Dinas Kesehatan Kota Tangerang.

"Ini juga untuk melihat dan menjadi evaluasi, seperti ada anak yang tidak suka makan menu tertentu, nanti tentu pelaksanaan programnya akan menjadi masukan, kebutuhan khusus anak akan menjadi catatan ke wali kelas, kemudian disampaikan ke penyedia," jelas Nurdin.

Nantinya, Pemkot Tangerang bersama pengelola sekolah akan mengevaluasi, dari kelima menu yang ada, mana yang paling disukai anak-anak dan menu mana yang paling banyak habis.

2. Pemkot melibatkan UMKM yang memenuhi standar kebersihan

Untuk penyedia makanan, Pemkot Tangerang melibatkan usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM yang telah memiliki sertifikat layak hygiene. Di mana, satu UMKM tersebut akan menyiapkan menu MBG di satu sekolah di Kota Tangerang.

"Saat ini kami sudah mengumpulkan 167 UMKM yang miliki sertifikat layak hygiene, nanti akan kami ikutkan semua. Tapi hari ini, ada 6 sekolah, satu sekolah satu UMKM," ungkapnya.

Berita Terkini Lainnya