Pastikan KA Steril Virus Corona, PT KAI Periksa Suhu Tubuh Penumpang

Calon penumpang yang demam dilarang naik KA

Tangerang, IDN Times - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero meminta publik untuk tidak khawatir dalam menggunakan jasa angkutan massal itu. Untuk menjaga penyebaran virus corona, KAI mengajak semua pengguna KAI menjaga kebersihan.

Selain itu, petugas stasiun juga memastikan bahwa seluruh pengguna jasa Commuterline akan dilakukan pemeriksaan suhu tubuh.

Baca Juga: [FOTO] Banten KLB, Terminal dan Stasiun di Serang Sepi 

1. Masyarakat diminta berpartisipasi jaga kebersihan penumpang

Pastikan KA Steril Virus Corona, PT KAI Periksa Suhu Tubuh PenumpangDua petugas menentengw wadah berisi disinfektan saat masuk gerbong kereta api. IDN Times/Fariz Fardianto

Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menjelaskan, sosialisasi kebersihan itu dilaksanakan di semua stasiun yang dikelola PT KAI, dan ia juga meminta masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam menjaga kebersihan di lingkungan stasiun.

"Kami minta semua penumpang agar menjaga kebersihan," jelasnya, seperti dilansir dari Antaranews, Selasa (17/3).

2. PT KAI menyediakan hand sanitizer di semua stasiun, termasuk Rangkasbitung

Pastikan KA Steril Virus Corona, PT KAI Periksa Suhu Tubuh PenumpangPetugas membersihkan kereta api dengan cairan disinfektan (Antara)

Tidak hanya sosialisasi, lanjut Eva, masyarakat juga diberikan edukasi perihal bahaya virus mematikan tersebut dan juga cara pencegahan untuk KA jarak jauh dan KA Commuterline. Eva mencontohkan, para penumpang KAI diharuskan mencuci tangan setelah melakukan perjalan dan tidak membuang sampah sembarangan.

"PT KAI juga telah menyediakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol 70 sampai 80 persen, termasuk di Stasiun Rangkasbitung. Mereka semua calon penumpang Commuterline dilakukan pemeriksaan suhu tubuh oleh petugas stasiun, jika ditemukan suhu badannya di atas 38 derajat Celcius maka akan dirujuk ke rumah sakit terdekat milik pemerintah," ujarnya.

3. PT KAI: Calon penumpang yang sakit sebaiknya banyak istirahat dan pakai masker

Pastikan KA Steril Virus Corona, PT KAI Periksa Suhu Tubuh PenumpangPembagian masker gratis oleh PT KAI DAOPS VI Yogyakarta. IDN Times / Larasati Rey

Menurut Eva, pihaknya belum menemukan calon penumpang yang dirujuk ke rumah sakit. Kendati demikian PT KAI mendirikan pos kesehatan dan jika ada penumpang yang mengeluhkan sakit seperti demam, batuk pilek, dan keluhan penyakit lainnya bisa dilakukan pengecekan kondisi tubuhnya.

"Kami meminta calon penumpang yang mengalami sakit dan sebaiknya banyak istirahat, juga menggunakan masker. Kami berharap calon penumpang dapat menjaga kebersihan untuk mengantisipasi bahaya COVID-19," katanya.

4. Penumpang dengan suhu tubuh di atas 38 derajat akan ditolak naik kereta

Pastikan KA Steril Virus Corona, PT KAI Periksa Suhu Tubuh PenumpangPetugas PT KAI Daop 3 Cirebon mengecek suhu badan calon penumpang KA. (Istimewa)

Eva mengungkap, jika ada calon penumpang dengan suhu badan 38 derajat Celcius--dan atas rekomendasi petugas kesehatan--maka yang bersangkutan tidak diizinkan untuk melakukan perjalanan KA, dan bea pemesanan tiket akan dikembalikan secara penuh dan tunai.

"Tidak hanya itu, bagi penumpang suspect corona yang membawa pendamping, maka tiket dapat dikembalikan penuh juga, untuk maksimal empat orang dalam satu kode booking. Jika berbeda kode booking, maka bea tiket yang dikembalikan maksimal hanya untuk dua orang sebagai pendamping," ungkapnya.

5. PT KAI pastikan tidak ada perubahan jadwal kereta

Pastikan KA Steril Virus Corona, PT KAI Periksa Suhu Tubuh PenumpangPetugas PT KAI Daop 3 Cirebon mengecek suhu badan calon penumpang KA. (Istimewa)

Eva menambahkan, untuk jadwal KA pihaknya belum melakukan perubahan apa pun, termasuk jadwal KA yang dikurangi maupun diubah baik itu KA jarak jauh serta KA lokal. Di Daop 1 Jakarta, keberangkatan KA jarak Jauh dari Stasiun Gambir, Pasar Senen dan Jakarta Kota tetap sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

"Demikian juga untuk KA lokal, seperti KA Jatiluhur, KA Walahar, KA Lokal Merak, KA Pangrango, KA Siliwangi tetap beroperasi seperti biasa," ucap Eva.

Baca Juga: Banten KLB Virus Corona, 3.322 ASN Pemprov Boleh Kerja dari Rumah

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya