5 Personel Polda Banten Ikut Misi Perdamaian PBB di Afrika 

Mereka adalah personel terbaik dari Polda Banten

Serang, IDN Times - Sebanyak lima personel kepolisian dari Polda Banten bakal menjadi bagian dari misi perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Mereka akan melaksanakan misi itu di Afrika Tengah.

"Ini merupakan salah satu pencapaian yang luar biasa, karena kita dari Polda Banten bisa mengirimkan personel terbaik untuk menjalankan misi perdamaian di Afrika Tengah," kata Kabid Humas Polda Banten AKBP Shinto Silitonga, seperti dikutip dari Antara, Kamis (26/8/2021). 

Baca Juga: Potret Vaksinasi untuk Siswa di Banten, Ada yang Takut Gak?

1. Daftar lima nama personel Polda Banten yang ikut misi perdamaian itu

5 Personel Polda Banten Ikut Misi Perdamaian PBB di Afrika Anggota kepolisian yang ikut misi perdamaian PBB (ANTARA FOTO/Ardiansyah)

Shinto menjabarkan kelima personel Polda Banten tersebut. Mereka adalah: 

1. Aipda Budi Kurniawan yang merupakan personel Sat Brimob Polda Banten.

2. Bripka Triyantoro personel Sat Brimob Polda Banten

3. Bripka Agung Waliadi Irawan personel Sat Brimob Polda Banten,

4. Brigadir DwiSuryono personel Polres Lebak PoldaBanten

5. Brigadir Iis Mulyani personel Polwan Ditreskrimsus Polda Banten.

Saat dihubungi melalui saluran telepon, kata Shinto, Aipda Budi Kurniawan merasa senang dapat mewakili Polda Banten dalam menjalankan misi perdamaian di Afrika Tengah. Ia mengaku, bahwa selama bertugas menjadi pasukan perdamaian di Afrika Tengah banyak mendapatkan pengalaman baru.

2. Kelimanya bergabung dalam Kontingen Satuan Tugas Garuda Bhayangkara Formed Police Unit 2

5 Personel Polda Banten Ikut Misi Perdamaian PBB di Afrika Lima personel Banten dipercaya melaksanakan misi perdamaian PBB (Dok. IDN Times/Humas Polda Banten)

Kelima personel Polda Banten tersebut bergabung dalam Kontingen Satuan Tugas Garuda Bhayangkara Formed Police Unit (FPU) 2 Minusca di Bangui Republik Central Afrika Tengah.

Formed Police Unit (FPU) Indonesia mempunyai tugas dan wewenang sesuai mandat pada misi PBB. Tiga tugas utama FPU adalah melindungi personel dan fasilitas PBB, manajemen ketertiban umum, serta mendukung kegiatan operasi kepolisian di daerah misi.

FPU Garuda Bhayangkara Indonesia memiliki kemampuan seperti penanggulangan huru-hara, Search And Rescue (SAR), Penjinakan Bom, Investigasi, Intelijen, Kontra Teroris, Perlindungan Very Very Important Person (VVIP), penembak jitu, komunikasi elektronik, mekanik, memasak.

3. Shinto berpesan, kelima personel Polda Banten bisa bertugas secara profesional

5 Personel Polda Banten Ikut Misi Perdamaian PBB di Afrika Anggota kepolisian yang ikut misi perdamaian PBB (ANTARA FOTO/Ardiansyah)

Shinto berpesan, kelima personel Polda Banten yang bertugas di Afrika Tengah tersebut bisa melaksanakan tugas-tugas secara profesional dengan penuh integritas. Dengan demikian, mereka mampu menjaga nama baik bangsa Indonesia juga Polri, khususnya di mata dunia Internasional.

“Saya berpesan betul agar dalam melaksanakan tugas-tugas di sana secara profesional dengan penuh integritas. Jaga kesehatan, jaga nama baik Bangsa Indonesia, jaga nama baik institusi Polri dan Polda Banten di mata dunia Internasional,” kata dia. 

Baca Juga: Akhir Mei, Pemprov Banten Kembalikan Kas Daerah ke Bank Banten

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya