7 Tips Beli Makanan dan Produk Lain di Bandara Soekarno-Hatta

#NewNormal #HidupBersamaCorona Sejumlah tenant mulai buka

Tangerang, IDN Times - Angkasa Pura II sebagai pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta mulai membuka sejumlah tenant di dalam bandara. Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan penumpang ketika berbelanja di dalam bandara.

Menurut President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin, tiga layanan utama yang mulai disiapkan bagi penumpang.

Sejumlah layanan tengah disiapkan untuk di buka, yakni pertama vending machine untuk memasarkan APD seperti masker, face shield, antiseptik mulut dan sarung tangan.

Lalu, layanan kedua adalah digital wayfinding atau mesin peta digital di terminal penumpang yang difungsikan sebagai media e-commerce untuk pemesanan APD dan obat-obatan.

“Bisa digunakan untuk pemesanan APD atau obat-obatan, untuk kemudian diantar ke pemesan. Saat ini pembicaraan masih berlangsung dengan penyedia fasilitas kesehatan/farmasi untuk bersama-sama menyediakan layanan ini,” jelas Muhammad Awaluddin.

Layanan ketiga adalah health center yang merupakan tempat bagi calon penumpang pesawat dapat melakukan rapid test atau PCR test, serta layanan medical check up dan menyediakan produk kesehatan/farmasi/APD.

Di Soekarno-Hatta dan bandara-bandara perseroan lainnya, tenant ritel dan F&B sudah mulai kembali membuka layanan. Nah, ini 7 tips yang harus diperhatikan penumpang saat membeli makanan/minuman atau produk lainnya di Bandara Soekarno-Hatta, seperti diungkap Awaluddin:

1. Utamakan aspek kebersihan dan kesehatan

7 Tips Beli Makanan dan Produk Lain di Bandara Soekarno-HattaProtokol kesehatan di Bandara Soetta (AP II)

Penumpang pesawat atau pengunjung bandara wajib menggunakan masker ketika berada di salah satu tenant, dan menggunakan hand sanitizer setelah menyentuh barang-barang.

Baca Juga: Jurus PT AP II Pertahankan Bisnis 19 Bandara Saat Pandemik

2. Transaksi secara cashless

7 Tips Beli Makanan dan Produk Lain di Bandara Soekarno-HattaProtokol kesehatan di Bandara Soetta (AP II)

Utamakan bertransaksi secara cashless dengan menggunakan dompet digital, uang elektronik, kartu debit, atau kartu kredit.

3. Perhatikan jam naik pesawat

7 Tips Beli Makanan dan Produk Lain di Bandara Soekarno-HattaProtokol kesehatan di Bandara Soetta (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Penumpang pesawat harus memperhitungkan betul apakah masih memiliki waktu yang cukup atau tidak untuk berbelanja. Saat ini, aspek kebersihan dan kesehatan dikedepankan, sehingga mungkin membutuhkan waktu lebih untuk memproses segalanya di tenant komersial misalnya dalam hal pembayaran dilakukan secara cashless, serta lalu lalang di dalam tenant juga tidak bebas seperti halnya dalam keadaan normal.

4. Lebih baik pilih take away ketika memesan makanan di restoran

7 Tips Beli Makanan dan Produk Lain di Bandara Soekarno-Hatta(Ilustrasi new normal di gerai makanan) ANTARA FOTO/Bayu Pratama S

Penumpang pesawat sebaiknya memesan makanan dan minuman untuk dibawa, atau tidak makan di tempat. Makanan yang dibawa tersebut dapat dinikmati di kursi yang tersedia di boarding lounge atau area lainnya, di mana di jajaran kursi tersebut sudah terdapat rambu-rambu physical distancing.

5. Jarak jarak atau Physical distancing

7 Tips Beli Makanan dan Produk Lain di Bandara Soekarno-HattaProtokol kesehatan di Bandara Soetta (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Penumpang pesawat dan karyawan tenant harus memperhatikan physical distancing. Ketika ingin memasuki area tenant, penumpang harus dilakukan secara bergantian atau tidak bergerombol.

Begitu juga antrean saat proses transaksi harus menerapkan physical distancing sedikitnya dengan jarak 2 meter.

Di restoran, meja untuk makan sudah diatur sedemikian rupa sehingga mengutamakan konsep physical distancing.

6. Jangan langsung gunakan barang yang baru dibeli

7 Tips Beli Makanan dan Produk Lain di Bandara Soekarno-Hattapixabay.com/StockSnap

Di bandara, seringkali penumpang pesawat membeli barang untuk mendukung penerbangan seperti kabel charger, powerbank, tas, hingga travel pillow. Sebelum langsung digunakan sebaiknya barang-barang tersebut terlebih dahulu dibersihkan menggunakan cairan disinfektan, atau apabila tidak memungkinkan maka sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu di kota tujuan (destination) sebelum digunakan.

7. Pastikan terlebih dahulu barang/makanan dan minuman yang ingin dibeli sebelum tiba di bandara

7 Tips Beli Makanan dan Produk Lain di Bandara Soekarno-HattaProtokol kesehatan di Bandara Soetta (AP II)

Guna menghemat waktu dan berbelanja secara cepat sehingga tetap bisa menjaga physical distancing, upayakan sebelum tiba di bandara sudah mengetahui barang/makanan apa yang ingin dibeli di terminal penumpang.

Baca Juga: Pangkas Antrean, KKP Soetta Siapkan Sistem Penerbitan HAC Digital

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya