Ada 5 Suspek Mpox di Tangsel, 2 Positif

Masyarakat diminta gak panik dengan adanya wabah Mpox

Tangerang Selatan, IDN Times - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menemukan lima orang yang suspek cacar monyet atau monkeypox (Mpox). Kelimanya mengalami gejala seperti orang terinfeksi Mpox. 

Penemuan kasus tersebut tercatat pada 23 Agustus 2024 dengan dua orang diantaranya terkonfirmasi positif.

"Kondisi pasien sudah sembuh. Berdasarkan data yang terlaporkan ke Dinkes, kasus terbanyak terjadi pada kelompok laki-laki dengan usia 22-49 tahun," kata Kepala Dinkes Tangsel, Allin Hendalin Mahdaniar, seperti dikutip dari ANTARA, Rabu (4/8/2024).

Baca Juga: Dokter: Mpox Bisa Sebabkan Komplikasi Serius 

1. Cek gejala Mpox di bawah ini

Ia mengatakan, untuk mengantisipasi penyebaran penyakit menular ini, pihaknya terus melakukan sosialisasi kewaspadaan dan penanganan di tingkat puskesmas hingga rumah sakit setempat.

Allin juga menuturkan penyakit itu merupakan emerging zoonosis yang disebabkan virus monkeypox. Penularannya dari manusia ke manusia melalui kontak langsung dengan lesi dan cairan tubuh termasuk benda terkontaminasi.

Adapun gejala penyakit ini, menurut Allin, mirip dengan gejala cacar air, namun lebih ringan. Gejalanya antara lain sakit kepala, demam akut lebih dari 38,5 C, ruam akut, nyeri otot, sakit punggung, kelemahan tubuh. 

"Serta ditemukan pembengkakan pada kelenjar getah bening (limfadenopati)," katanya.

2. Masyarakat diminta gak panik dengan adanya wabah Mpox

Ada 5 Suspek Mpox di Tangsel, 2 Positifilustrasi kulit dengan ruam (freepik.com/freepik)

Masyarakat diimbau, untuk tidak panik dan tetap waspada monkeypox dengan meningkatkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) serta meningkatkan protokol kesehatan.

"Kami juga mengharapkan peran serta masyarakat dalam upaya deteksi dini untuk segera melaporkan jika ditemukan kasus seperti monkeypox di wilayahnya. Laporkan segera kepada puskesmas setempat agar dapat ditindaklanjuti," kata dia.

Baca Juga: Pemkot Pastikan Belum Ada Kasus Monkey Pox di Kota Tangerang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya