Hari Ini Diprediksi Jadi Puncak Arus Balik di Bandara Soetta

Sedikitnya, ada 1.600 penerbangan hari ini

Tangerang, IDN Times - Puncak arus balik penumpang masa libur Natal dan Tahun Baru melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang diprediksi terjadi pada Senin 2 Januari 2023. Diperkirakan, ada 220 ribu lebih penumpang yang pulang melalui Bandara Soetta.

"Sementara sebanyak 1.600 pergerakan penerbangan diprediksi akan terjadi pada 2 Januari 2023," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhamad Awaluddin, seperti dikutip dari Antara, Minggu (1/1/2023).

Baca Juga: Jelang Tahun Baru, Pergerakan Penumpang di Bandara Soetta Malah Turun

1. Koordinasi beberapa stakeholder dilaksanakan, petugas sudah bersiap

Hari Ini Diprediksi Jadi Puncak Arus Balik di Bandara SoettaBandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. (dok. Angkasa Pura II)

Angkasa Pura II, imbuh Awaluddin, sudah menyiapkan segala hal menyambut arus balik liburan Natal dan tahun baru itu. Sejumlah stakeholder di Bandara Soetta pun sudah berkoordinasi. 

"Kami sudah berkoordinasi juga dengan maskapai, ground handling. Terutama di area kedatangan," kata dia.

2. Sekitar 145 ribu penumpang datang dan pergi melalui Bandara Soetta

Hari Ini Diprediksi Jadi Puncak Arus Balik di Bandara SoettaDirektur Utama PT Angkasa Pura II Muhamad Awaluddin (Antaranews/Azmi Samsul Maarif)

Ia juga menyebutkan, pergerakan penumpang pesawat yang tiba dan berangkat di Bandar udara terbesar di Indonesia ini, ada sekitar 145 ribu penumpang.

Kemudian, lanjut dia, grafik tertinggi pada angka pergerakan penumpang dan pesawat terjadi pada Jumat 23 Desember 2022 atau pada H-2 periode Natal.

"Tercatat jumlah penumpang di seluruh bandara yang dikelola AP II sebanyak 242.378 orang. Kalau untuk jumlah pergerakan pesawatnya, tercatat sebanyak 1.814 penerbangan," ungkapnya.

3. Puncak arus mudik Natal, tertinggi dari Bandara Soetta

Hari Ini Diprediksi Jadi Puncak Arus Balik di Bandara SoettaSuasana Terminal 3 Bandara Soekatno-Hatta (IDN Times/Maya Aulia Aprilianti)

Ia menyebutkan, pergerakan penumpang pada H-2 periode libur Natal 2022 yang terjadi sebanyak 150.995 dari 242.378 orang yang berangkat dan tiba di bandara.

"Bandara Soekarno-Hatta juga tertinggi untuk pergerakan pesawatnya. Ada 1.029 penerbangan terjadi pada H-2 itu," kata dia. 

Baca Juga: September 2022, Bandara Soetta Jadi Bandara Tersibuk di ASEAN

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya